skip to Main Content
Pantai Melasti Bali

Pantai Melasti Bali Pantai dengan Tebing – tebing Yang Indah

Pantai Melasti (Melasti Beach) sering dikenal sebagai salah satu pantai terbaik di daerah ungasan Bali, baik oleh wisatawan asal Indonesia dan juga luar negeri! Mempunyai pasir pantai yang berwarna putih indah, dan letaknya tersembunyi oleh tebing-tebing kapur besar. Dari sekian banyak pantai yang ada di Bali. Pantai yang satu ini, menurut saya jangan sampai di lewatkan pada saat liburan Anda di Bali.

Dulunya, pantai melasti yang terletak di daerah ungasan ini, sulit untuk dilalui oleh orang mengingat tebing-tebingnya yang sangat tinggi. Jadi, dulunya pantai ini adalah pantai yang sangat tersembunyi sekali dari wisatawan asal Indonesia, tapi tidak untuk wisatawan asing.

Karena adanya pengembangan jalan, dan pengelolaan yang baik belakangan ini. Sekarang, melasti beach sudah bisa diakses dengan mudah, dan menjadi sangat populer di kalangan wisatawan.

Meski rumah kami tidak begitu jauh dari melasti beach ungasan ini, tapi kami sekeluarga baru ke tempat ini setelah orang tua kami berlibur ke Bali, dan mengajak kami untuk ke pantai melasti ungasan. Pokoknya, pantai melasti dan pantai pandawa tuh tidak jauh dari rumah kami, tapi kami (saya dan istri) malah jarang ke sana.

Saya mau kasih tahu ke kalian, kalau pantai melasti dan pantai Pandawa agak mirip-mirip karena untuk menuju ke dua pantai ini, pengunjung harus melewati jalan yang di apit oleh bukit kapur di sisi kiri dan kanan jalan. Tapi, kalau menurut saya secara pribadi, jalan tebing-tebingnya agak bagus yang di pantai Melasti Ungasan.

Supaya tidak penasaran, mending nanti kalian liat langsung saja deh, terus kasih tahu saya di kolom komentar, kalian lebih suka pantai yang mana?

Nah, di sini saya juga akan membuatkan panduan singkat, tapi lengkap untuk kalian yang mau mengunjungi Pantai Melasti Bali (Melasti beach) ini. Kapan waktu yang bagus untuk pergi ke pantai ini, apa saja yang bisa kita lakukan di pantai ini, dan masih banyak lagi!

Oh iya, buat kalain yang baru pertama kali ke datang ke Bali. Silahkan baca panduan liburan ke Bali untuk yang pertama kali ke Bali. Kalau mau tahu keliling Bali pakai apa? Silahkan baca panduan Wisata Bali ini. Jika kalian ingin tahu, berapa sih biaya liburan ke Bali? Silahkan baca Artikel Biaya Wisata Ke Bali dan Liburan di Bali ini.

Di Mana Lokasi Melasti Ungasan Bali?

Pantai Melasti terletak di wilayah Ungasan, tepatnya di desa Ungasan, sekitar 30 menit dari Airport Ngurah Rai. Pantai ini juga cukup dekat dengan pantai pandawa Bali. Untuk menuju ke pantai ini tidak terlalu sulit. Kita bisa menggunakan mobil atau motor. Tempat parkirnya cukup luas, bahkan bus saja bisa parkir di sini.

Pantai Melasti Ungasan juga dekat dengan Pura Uluwatu Bali, Pantai Suluban, Pantai Padang-padang, Pantai Bingin, Pantai Green Bowls, Pantai Nyang-nyang, Pantai Balangan dan GWK (Garuda Wisnu Kencana).

Selama perjalanan menuju ke pantai ini, pastikan kalian lebih banyak berhenti untuk mengambil sudut foto sebanyak mungkin. Jalan menuju pantai, yang berada di pinggir tebing, dan berkelok-kelok inilah yang paling menarik menurut saya. Selain itu, nikmatilah sepuasnya pemandangan bukit kapur yang di tata dengan sedemikian cantik oleh pengelola pantai ini.

Dua Pintu Masuk

Ada dua pintu masuk ke pantai melasti. Satu dari sebelah kanan, dan satunya dari jalur lewat sebelah kiri. Jalur yang di sebelah kanan kurang begitu menarik, meski melewati tebing-tebing juga. Jalur yang sebelah kanan ini bisa di tempuh melalui Jl. Pura Masuka yang akan menuju Karma Kandara. Dengan Google Map kalian cari aja Melasti cliff.

Jalur sebelah kiri adalah jalur pintu masuk yang utama. Jauh lebih indah, dan menantang adrenalin kalian. Cari aja di Google Map dengan kata kunci Jl Melasti, atau Kantor Pengelola Usaha Kawasan Pantai Melasti, pasti akan ketemu. Ini adalah jalan dan pintu masuk utama yang menjadi daya tarik pantai melasti ungasan.

Asal Usul Nama Pantai Melasti

Kebanyakan nama pantai yang ada di Bali biasanya diambil dari letak lokasi pantai itu berada. Meski begitu, tidak semua pantai yang ada di Bali di beri nama dari letak lokasinya. Contoh, salah satu nama pantai yang tidak di beri nama berdasarkan letak lokasinya adalah Pantai Melasti, dan Dreamland.

Kenapa nama pantai ini menggunakan nama melasti? Melasti adalah sebuah kegiatan upacara adat orang Hindu, yang dilakukan sebelum perayaan hari raya Nyepi. Lokasi-lokasi yang biasanya di pakai untuk upacara adalah yang mempunya sumber mata air, seperti danau dan laut. Makannya, tidak heran pantai ini sering digunakan untuk melakukan upacara Melasti atau upacara pembersihan. Jadi, dari situlah nama pantai ini muncul!

Perlu kalian tahu juga nih. Nama pantai melasti ini, bukan satu-satunya nama pantai yang ada di Bali. Selain itu, nama pantai ini juga ada di beberapa kota di Indonesia.

Supaya bisa membedakan Pantai Melasti yang ada di Tabanan dan Pantai Melasti Ungasan. Maka, nama pantai Melasti di Ungasan ini lebih di kenal dengan nama, “Pantai Melasti Ungasan”. Jadi jangan salah ya. Ada pantai melasti Tabanan dan Pantai Melasti Ungasan, yang terkenal adalah Melasti Ungasan.

Upacara Melasti

Bagaimana Cara Menuju Ke Pantai Melasti

Ini bergantung dari mana kalian menginap sih kalau ingin menuju ke pantai ini. Jika kalian menginap di sekitar daerah Uluwatu, Jimbaran atau Nusa Dua. Saran saya kalian bisa sewa mobil di Bali, atau sewa motor di Bali. Bisa juga menggunakan Gojek atau Gocar.

Jika kalian menginap untuk jangka waktu yang agak lama, misalnya satu minggu atau lebih, Sebaiknya sewa motor saja. Mengapa sewa motor? Karena jalan-jalan di Bali tidak semuanya besar dan mempunyai parkir yang luas. Jadi, saat kalian mau ke salah satu tempat wisata atau kuliner yang jalannya macet atau tempat parkirnya terbatas, kalian tidak perlu pusing cari tempat parkir. Tapi, kalau liburannya rombongan, maka sebaiknya sewa mobil saja.

Jalan menuju melasti

Biaya Masuk Ke Pantai Melasti

Pakai biaya masuk segala ya mau ke pantai. Eits, sabar dulu bang. Uang tiket masuk ini mungkin akan digunakan untuk perawatan, pembangunan, kebersihan dan juga mungkin loh ya, sebagai pemasukan desa setempat atau pemerintah Bali juga.

Coba deh kalian liat sendiri, tempat ini benar-benar di kelola dengan bagus dan baik. Tidak seperti pantai-pantai lainnya. Kalian hitung aja nanti. Berapa biaya untuk belah tebing, bikin jalan, bangunan dan lain sebagainya. Saya yakin cukup banyak. Jadi, wajar kalau kalian mau masuk ke pantai akan dikenakan biaya untuk tiket masuknya.

Biaya Tiket Masuk:

  • Anak-anak Rp.3.000
  • Dewasa Rp.10.000
  • Parkir Motor Rp.2.000
  • Mobil. Rp.5000
  • Bus Rp.10.000

Harga yang saya cantunkan di atas adalah harga untuk tamu asing ya. Kenapa saya pakai harga tamu asing? Menrut saya, mau orang asing, mau orang Indonesia, kita semua sama-sama ciptaan Tuhan. Jadi, saya cantumkan harga yang umum saja ya. Mohon di catat juga, harga ini kemungkinan akan berubah dari waktu ke waktu.

Kalau kalian mau Foto prewedding di sini. Untuk ijin fotonya akan dikenakan biaya sekitar Rp.500.000/ harinya. Untuk detail lengkapnya nanti bisa tanya di kantor pengelola pantai.

Waktu Terbaik Untuk Ke Pantai Melasti

Pasti kepingin tahu kan, waktu yang cocok untuk ke pantai ini? Sebenarnya, jawaban bisa saja berbeda-beda karena tiap orang punya kesukaan, dan kesenangan yang berbeda-beda. Ada yang suka datang pagi hari, ada yang suka datang siang hari dan ada yang suka datang sore hari.

Dari pengalaman saya secara pribadi ya. Ini saya loh ya. Saya lebih suka pergi ke pantai itu siang hari. Mulai dari jam 12 siang – 6 sore. Pasti ada yang mau bilang, jam segitu mah masih panas.

Memang panas sih di jam – jam siang seperti yang saya bilang itu. Tapi, percaya atau tidak pemandangan pantai itu paling indah dan bagus adalah pada saat siang hari, sekitar jam 12 sampai jam 4 sore.

Waktu terbaik ke pantai melasti bali

Itu adalah waktu yang sangat tepat, dan bagus untuk berfoto, dan mengambil gambar video. Sedangkan Jam 4 sampai jam 6 sore, cocok untuk santai dan melihat sunset. Sebenarnya sore hari juga bagus untuk berfoto, tapi siang hari lebih bagus. Karena pada siang hari akan terlihat semua warna-warna indah pantai.

Di Indonesia ada dua musim nih teman-teman, musim hujan dan panas. Musim panas biasanya antara bulan Mei sampai September. Pada bulan-bulan ini, cuaca manteb dah buat jalan-jalan.

Musim hujan kalau tidak salah, jatuh sekitar bulan oktober sampai april. Saran saya, jangan berlibur pada saat musim penghujan. Saya jamin, mau ke mana-mana susah dan ribet. Tapi kalau kalian suka hujan itu lain lagi ya.

Fasilitas yang ada di Pantai Melasti Ungasan Bali

Namanya tempat wisata pasti harus ada fasilitas untuk umumnya dong. Tenang saja, di melasti, fasilitas umumnya sangat lengkap dan menurut saya baik. Fasilitas umum seperti ini toilet, ruang untuk ganti baju, tempat cuci kaki, tempat untuk duduk-duduk santai juga terdapat di pantai melasti ini.

Menurut saya tempatnya cukup bagus dan bersih banget jika kita bandingkan dengan pantai-pantai lain yang kamar mandinya tuh kadang gimana ya.

Pengen nyemil, makan dan minum?

Tenang aja, kalian tidak akan sampai kehausan dan kelaparan kalau di pantai melasti ini. Di pantai melasti juga banyak tersedia tempat untuk membeli makanan dan minuman. Kalian tinggal pilih saja mau makan di warung yang mana.

Tempat Makan di Melasti

Saran saya, jika bisa membawa makanan, dan minuman sendiri maka akan jauh lebih bagus untuk kalian. Mengapa saya mengatakan seperti itu? Karena pada saat saya menulis artikel ini, warung-warung yang ada di pantai melasti ini belum begitu banyak yang buka. Tapi saya yakin, seiring dengan waktu akan semakin banyak. Dan saya yakin, pada saat kalian membaca artikel ini, mungkin warung-warungnya sudah sangat banyak yang buka dan berjualan di sana.

Pastikan untuk membawa uang tunai, jika kalian ingin membeli minuman atau makanan ringan, kemas kamera di dalam tas jika kalian ingin berenang di pantai.

Daya Tarik Dan Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Melasti

Pantai Melasti Bali adalah tempat untuk menghabiskan waktu di pantai bagi sebagian besar orang. Terakhir saya datang ke pantai ini, belum ada aktifitas air seperti jetski, kano dan lain sebagainya. Jadi, untuk saat ini kalian hanya bisa berjalan-jalan di pinggir pantai, duduk santai atau berenang di air samudera Hindia yang tenang dan berwarna pirus.

Menurut pendapat pribadi saya. Pantai Melasti Ungasan adalah salah satu pantai yang paling indah, bersih dan sempurna untuk bersantai dan berjemur di bawah sinar matahari Indonesia. Tapi, sayang ya, orang Indonesia takut hitam.

Pantai Melasti sendiri mempunyai tiga bagian. Saat air pantai surut, kolam-kolam batu kecil akan terbentuk di sepanjang garis pantai melasti, khususnya di bagian tengah atau utama pantai melasti ini. Saya sarankan, kalian harus melihat dan mengecek bagian timur dan barat juga. Siapa tahu, kalian menemukan tempat yang cocok untuk bersantai, dan jauh dari keramaian.

Taman Angsoka Melasti Ungasan

Jika kalian ke pantai Melasti. Kalian akan melihat ada taman yang sengaja di buat oleh pengelola pantai ini. Pantai ini memang terlihat benar-benar di kelola dengan baik oleh pemerintah, dan desa setempat. Saat kalian akan turun menuju pantai. DI bagian sebelah kanan jalan akan terlihat ada sebuah taman. Tepat dengan tikungan jalan menuju pantai.

Katanya, taman ini dibuat berdasarkan kisah Pewayangan Ramayana, tentunya taman ini di bangun dengan tatanan dan arsitektur yang tidak lepas dari konsep Pertamanan Bali yang terkenal selalu menyuguhkan keindahan dan juga keasrian. Taman ini pasti akan sangat memanjakan mata para pengunjung pantai melasti ungasan.

Berfoto Di Tebing Kembar Pantai Melasti

Pantai Melasti benar-benar memanfaatkan lokasinya. Jika kalian datang ke tempat ini. Kalian akan melihat kalau pantai ini, di kelilingi dengan tebing dan jika kalian melihat lebih dekat lagi, kalian bisa menemukan beberapa sudut untuk pengambilan foto.

Pengelola pantai ini membentuk tebing-tebing yang ada menjadi lebih menarik dan indah. Salah satu ikon yang membuat pantai ini menjadi begitu sangat populer adalah tebing kembarnya. Tebing ini sangat tinggi, dan kokoh yang di belah menjadi dua bagian untuk memisahkan jalan yang ada di tengahnya.

Belahan inilah yang menjadi daya tariknya dan sangat identik. Ini salah satu spot foto paling populer untuk prewedding di Bali.

Sebenarnya, spot untuk foto di pantai melasti sangat banyak sekali. Asalkan kalian mau capek-capek berjalan, pasti deh akan dapat foto-foto cantik.

Wajib Baca → Daftar Kamera Mirrorless terbaik untuk Travelling

Warung Rakyat Pantai Melasti Bali

Warung yang menjual makanan dan minuman juga ada di tempat ini. Meski namanya warung, untuk harga pantai pasti beda dengan harga makanan dan minuman di warung-warung yang ada di pinggir jalan biasa ya.

Warung yang ada di pantai melasti menyuguhkan beragam makanan mulai dari makanan Indonesia sampai makanan bule juga ada. Kalian juga bisa menemukan makanan khas penduduk ungasan dan makanan khas Bali lainnya di warung ini.

Pokoknya bawa uang yang banyak, supaya kalian bisa makan, dan minum layaknya orang yang sedang berlibur.

Anjungan Watu Gangga Pantai Melasti Bali

Anjungan Watu Gangga pantai melasti

Dibagian sebelah timur, kalian akan menemukan sebuah tanjung yang bentuknya menjorok ke laut. Menurut saya, tanjung ini sengaja di bentuk. Jadi, bukan tanjung yang terbentuk secara alami dari batu kapur. Tapi, di rancang dan kemudian di buat untuk tujuan:

  1. Tempat melakukan upacara agama desa setempat.
  2. Sarana untuk melakukan kegiatan nelayan untuk melaut (Sistem bendega).
  3. Sebagai sarana untuk memecah ombak laut.

Foto Prewedding Di Pantai Melasti Bali

Pantai melasti juga menjadi tempat favorit photographer dan calon pengantin baru untuk mengabadikan foto prewedding mereka. Hampir semua sudut yang ada di pantai melasti, bisa di jadikan tempat untuk pengambilan foto prewedding.

Pasir pantai yang berwarna putih dan birunya air laut sangat serasi, dan cocok untuk kalian jadikan sebagai latar belakang foto prewedding kalian. Sebenarnya selain background pantai, spot foto prewedding yang paling banyak diambil adalah dengan latar belakang tebing dan Kori Agung.

Foto Prewedding di melasti

Tidak usah khawatir untuk tempat ganti baju saat akan pengambilan sesi foto kalian. Di sini juga tersedia Wedding Dressing room yang tentunya di lengkapi dengan kaca dan juga kamar kecil. Pokoknya kalian benar-benar nyaman deh di pantai ini.

Ingat ya, untuk foto prewedding di tempat ini ada ijinnya, yaitu membayar biaya sewa untuk lokasi foto sebesar Rp.500.000. untuk info detailnya nanti tanya-tanya saja sendiri di sana ya.

Bermain Pasir Dan Berenang di Melasti Beach

Kalau kita ke pantai, pasti harus bermain air, pasir atau berjemur di bawah sinar matahari. Itu sudah kegiatan wajib deh kalau kita pergi ke pantai. Di melasti beach, karakter ombaknya terbilang tenang dan tidak terlalu besar. Jadi, kalau kalian mau berenang silahkan berenang di sini.

Seru juga, kalau kalian mau bermain pasir bersama anak-anak di pantai ini. Mungkin, beberapa dari antara kalian ada yang sekedar ingin mengambil foto-foto cantik di pantai ini bersama dengan teman atau pasangan kalian.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke pantai ini, biasanya hanya untuk berfoto saja. Coba deh cek di Instagram, pasti banyak sekali foto-foto pantai melasti. Sebagiannya lagi ada yang hanya duduk-duduk santai sambil melihat keindahan pantai ini.

Pantai Melasti Kurang Bagus Untuk Melihat Matahari Tenggelam

Jika kalian bertujuan untuk melihat sunset di pantai ini. Melasti bukanlah tempat yang terbaik untuk melihat matahari terbenam. Karena pantai melasti letaknya berada di bagian selatan pulau Bali. Jadi, jika tujuan kalian ke sini untuk melihat sunset kurang tepat.

Wajib Baca → Daftar Tempat Melihat Sunset Di Bali Yang Paling Populer.

Ringkasan

Menurut pendapat pribadi saya Pantai Melasti adalah salah satu pantai yang mempunyai pasir putih terindah yang ada di Bali. Tebing-tebing batu kapur yang menjulang tinggi dan jalanan yang berkelok-kelok menjadikan pantai ini unik dan layak untuk di kunjungi.

Saya menjamin, jika kalian mengunjungi pantai ini, kalian akan di buat takjub dengan indahnya tebing-tebing dan pemandangan di pantai melasti ungasan bali ini. Ini adalah salah satu dari sekian banyak alasan mengapa Pulau Bali selalu menjadi tempat liburan yang populer bagi banyak orang-orang dari seluruh dunia.

Kalau kalian suka dengan artikel Pantai Melasti Bali Pantai dengan Tebing – tebing Yang Indah ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika kalian ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, atau kalian suka menulis kami senang untuk mengundang Anda bergabung dengan kami menjadi penulis MYBALISTORY.COM, dan dapatkan IMBALAN UANG HINGGA JUTAAN RUPIAH setiap bulannya. Baca lengkap keterangannya di sini!

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *