skip to Main Content
Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa Bali – Melihaat Matahari terbenam dan Terbit

Salah satu pantai yang berada di daerah Kuta selatan adalah Pantai Pandawa Bali. Pantai ini dulunya termasuk salah satu pantai tersembunyi yang ada di Bali tapi sekarang sudah tidak tersembunyi lagi karena sudah dikelola dan ramai di kunjungi oleh para wisatawan. Kami yakin beberapa dari antara kita yang suka pantai yang sepi, saat mengunjungi Pantai Pandawa akan merasa kalau pantai ini terlalu ramai dengan para pengunjung. Tapi, bagi mereka yang suka keramaian dan tidak perduli dengan hal itu, akan melihat kalau pantai Pandawa ini memang sangat indah.

Pantai Pandawa terletak di desa kutuh, kabupaten badung. Tempat parkir di pantai ini sangat luas, dan sudah dikelola dengan baik oleh desa setempat. Jadi, kalian tidak perlu khawatir atau bingung mau parkir di mana. Penduduk lokal yang tinggal tidak jauh dari pantai ini, menyebut pantai ini dengan nama Pantai Kutuh.

Pasir di pantai Pandawa berwarna putih, dan mempunyai butiran yang cukup besar. Buat kalian yang tinggal di kota lain, pasti senang melihat pantai yang mempunyai pasir berwarna putih seperti di pantai pandawa ini. Karena saya yakin, kebanyakan pantai di tempat kalian tinggal, mungkin lebih banyak yang berwarna hitam.

Gadis cantik di pantai pandawa

Ombak di pantai Pandawa terbilang sangat tenang. Tidak seperti ombak yang ada di pantai Kuta atau Dreamland Bali. Garis pantai yang landai, dan bibir pantai yang sangat luas membuat pantai ini selalu menjadi tujuan wisata yang paling populer di kalangan wisatawan. Saat liburan tiba, pantai ini paling banyak dikunjungi oleh para siswa yang berlibur ke Bali. Jangan lupa, buat kalian yang sedang berlibur ke Bali, jangan lupa beli oleh-oleh Pempek Legong ya (Ini Pempek buatan saya dan Istri).

Hal yang Menarik dari Pantai Pandawa Bali

Untuk saya secara pribadi, jalan menuju pantai pandawa inilah yang menjadi bagian paling menarik. Dan mungkin buat Anda juga saat mengunjungi pantai ini. Jalan menuju pantai ini berkelok kelok, dan diapit oleh dua bukit kapur di sisi kiri dan kanan jalannya.

Tebing-tebing inilah yang membuat pantai pandawa menjadi terlihat indah dan eksotis. Sebenarnya, pantai Pandawa ini berada di balik tebing-tebing tinggi. Awalnya, jalan menuju pantai Pandawa tidak sebagus sekarang, dengan adanya perbaikan di sana dan sini, akhirnya jalan menuju pantai ini menjadi lebih bagus dan mudah untuk di lalui seperti sekarang ini.

Saat hampir memasuki area parkir di bagian kiri jalan. Anda bisa melihat patung-patung kesatria Pandawa, yang sengaja diletakkan di dalam dinding-dinding tebing yang dilubangi oleh pengelola pantai Pandawa. Sedangkan di sebelah kanan jalan, Anda bisa melihat keindahan pantai Pandawa dari atas tebing, sebelum benar-benar memasuki area parkir kendaraan.

Bermain Kano di Pantai Pandawa

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai Pandawa adalah bermain kano bersama dengan teman, pasangan atau anak-anak akan menjadi momen yang paling mengasikkan dan tidak terlupakan. Saya sendiri secara pribadi, belum pernah bermain kano di pantai ini.

Untuk harganya, bisa kalian tanyakan langsung dengan penyewa kano yang ada di sini. Karena harganya akan selalu berubah, dan saya sendiri tidak mungkin akan menanyakan harganya setiap ada perubahan. Tapi yang saya tahu, dulu harganya berkisar Rp.25.000 – Rp.50.000.

Bermain Kano di pantai pandawa bali

Saat Anda bermain kano, mereka akan melengkapi Anda dengan jaket pelampung, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sewaktu bermain air, pastikan Anda selalu berhati-hati, dan selalu gunakan jaket pelampung ya.

Berenang di Pantai Pandawa Bali

Pantai pandawa aman, dan bisa digunakan untuk berenang. Jadi, kalau Anda suka berenang maka pantai pandawa adalah salah satu pilihan yang cocok untuk Anda coba. Air laut yang jernih, pasir yang berwarna putih, dan ombak yang sangat tenang menjadikan pantai Pandawa tempat yang asik untuk berendam dan menyegarkan diri – kapan lagi mandi di pantai Bali.

Dulu, pantai pandawa belum mempunyai gapura masuk yang menuju ke pantai seperti sekarang ini. Pantai pandawa ini masih sangat sepi, dan belum terlalu ramai pengunjung, tapi sekarang setelah di kelola dengan baik, dan banyak orang yang tahu, pantai ini menjadi pantai yang sangat sesak dengan pengunjung apalagi kalau musim liburan tiba.

Berenang di pantai pandawa

Meski tempat tinggal kami tidak terlalu jauh dari pantai pandawa. Kalau boleh jujur, kami sangat jarang ke pantai ini. Dalam satu tahun belum tentu datang ke tempat ini. Kami ke pantai pandawa hanya pada saat, ada tamu atau keluarga kami yang datang berlibur ke Bali.

Bermain Paragliding dari Atas Pantai Pandawa

Permainan yang satu ini hanya untuk mereka yang berani dan kuat ketinggian. Kalau memang Anda berani dengan ketinggian, cobain deh main paragliding di bukti trimbs untuk melihat keindahan pantai pandawa dari atas udara.

Setahu saya, kebanyakan orang yang mencoba permainan paragliding di pantai ini, hanya tamu-tamu dari luar saja, seperti Cina, Jepang, Taiwan dan Tamu bule-bule saja. Untuk tamu lokal ada, tapi kebanyakan tamu asing semua.

Kalau kantong Anda tebal, dan ingin mencoba permainan ini kalian harus mengeluarkan uang sekitar Rp.400.000. Biasanya, ini bergantung dari paket permainan yang kita mau pilih ya. Saran saya, kalau mau mencoba permainan ini, cocoknya siang sampai sore hari. Tapi ingat ya, ini kembali lagi bergantung dengan cuaca dan angin yang bertiup ya.

Jujur, kalau saya secara pribadi tidak akan pernah mau bermain permainan seperti ini karena saya sangat menghargai kehidupan saya.

Melihat Budidaya Rumput Laut

Selain dibuat untuk tujuan wisata dan juga olahraga air. Di pantai pandawa, juga digunakan untuk budidaya rumput laut yang memang sudah sejak lama. Budidaya rumput laut, dilakukan oleh beberepa warga sekitar pantai pandawa ini. Sambil melihat keindahan pantai, Anda juga bisa melihat para petani rumput laut yang sedang menanam, mencabut dan menjemur rumput laut.

Jika mau, Anda juga bisa ikut belajar bagaimana caranya membudidayakan rumput laut. Pasti akan sangat menyenangkan sekali bukan, jika kita bisa liburan sekaligus belajar tentang hal baru? Pokoknya, akan sangat menyenangkan.

Berfoto dengan Latar Belakang Pantai atau Patung Ksataria Pandawa

Pantai pandawa sendiri berada di bawah tebing. Tapi Anda tidak perlu khawatir untuk menuju pantai pandawa ini, tidak perlu menuruni sejumlah anak tangga yang melelahkan kok. Sebelum benar-benar sampai ke bawah pantai. Kita akan di kasih lihat pemandangan pantai yang sangat indah dari atas. Biasanya, banyak orang berhenti sejenak di pinggir jalan untuk mengambil foto dari bagian atas sebelum benar-benar turun ke bawah.

Berfoto di pantai pandawa

Ada juga yang mengambil foto, setelah mereka bermain dari pantai dan bersiap untuk pulang, mereka akan berhenti dulu di atas untuk mengambil beberapa foto kenangan.

Selain bisa berfoto dengan latar belakang pantai, kita juga bisa berfoto dengan latar belakang patung Ksatria Pandawa, mulai dari Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula dan Sadewa.

Tapi ingat ya, saat akan mengambil foto di tempat ini harap berhati-hati mengingat posisinya berada di jalan tanjakan dan tikungan – Jujur, saya malas foto di tempat ini pada saat musim liburan tiba, karena harus antri atau malah dapat background orang yang berlibur dan berfoto di tempat ini.

Berjemur atau Makan dan Minum Sambil Menikmati Pemandangan Di Pinggir Pantai

Kalau suka berjemur kayak bule-bule silahkan. Atau, kalau hanya ingin menikmati indahnya pemandangan pantai pandawa sambil menikmati makanan dan minuman di pinggir pantai, juga bisa. Pasti akan jadi hal yang sangat menyenangkan dan jarang kita nikmati.

Saya dan keluarga, kalau ke pantai ini biasanya hanya duduk-duduk dipinggir pantai sambil makan jagung bakar, dan minum-minuman dingin yang segar. Bisanya tidak lama, mungkin hanya 25 menit – satu jam kami sudah kembali pulang lagi ke rumah.

Bermain di pantai pandawa

Pijat Tradisional Bali Agar Tubuh Lebih Segar

Bali terkenal dengan jasa pijatnya. Harga yang di tawarkan bisa berbeda-beda ya antara pantai yang satu dengan pantai yang lainnya. Setahu saya harga bisa mulai dari Rp.40.000 sampai dengan 130.000 atau mungkin lebih.

Biasanya, setelah selesai di pijat, badan kita akan terasa lebih enak dan segar. Pegel-pegel yang tadinya terasa berat di badan, jadi hilang dan Anda bisa kembali melanjutkan liburan di pulau yang indah ini.

Berselancar

Salah satu daya tarik pantai pandawa sebelum di kelola oleh desa setempat adalah tempat untuk berselancar atau surfing. Memang ombak yang ada di pantai pandawa cukup bagus untuk berselancar khususnya untuk wisatawan asing.

Pada saat musim penghujan banyak wisatawan asing yang datang ke tempat ini untuk berselancar, biasanya sekitar bulan oktober sampai bulan april.

Untuk Anda yang masih pemula atau baru ingin belajar mungkin bisa mencoba belajar di bulan maret sampai bulan november. Biasanya di bulan-bulan itu angin dan ombaknya juga lebih bersahabat untuk peselancar yang masih baru.

Melihat Matahari Terbit dan Terbenam

Daya tarik lain yang di miliki pantai pandawa adalah kita bisa melihat matahri terbit – sunrise. Saya lebih suka ke pantai pandawa pada saat pagi hari. Masih sepi, belum banyak orang khususnya wisatawan. Cuma kelemahan kalau kita datang pagi hari adalah warung-warung di sini belum ada yang buka. Tapi tidak masalah, karena saya yakin kalian punya bekal makanan yang enak-enak dan minuman yang seger-seger, jangan lupa bagi – bagi ke saya.

Pantai pandawa ini memang sedikit unik meskipun terbilang pantai baru untuk umum. Pantai ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Sejak pertama kali pantai kuta di buka untuk umum. Hanya saja, baru-baru inilah pantai pandawa di kelola dan di buka untuk umum.

Buat kalian yang suka melihat matahari terbenam bisa datang pada saat sore hari ya. Suasana pantainya bakalan bikin merinding romantis gitu deh. Tapi, suasana romantis ini bakalan tidak akan muncul kalau kalian datangnya sendirian yang ada hanya kesedihan yang mendalam yang munculKasihan.

Tempat Parkir Cukup Luas Dan Fasilitas Lengkap

Tidak seperti pantai kuta dan beberapa pantai lainnya. Pantai pandawa mempunyai tempat parkir yang sangat luas untuk menampung bus dan juga mobil-mobil keluarga. Pokoknya, kalau di pantai pandawa tidak usah takut tidak mendapatkan tempat untuk parkir.

Soal makan dan minum?

Tenang saja, di sini ada begitu banyak tempat makan dan minum. Kalau kalian lapar, tinggal pesan makanan yang di jual di pinggir pantai sini. Menunya juga sangat bergam, mulai dari jagung bakar, pop mie, nasi goreng, mie goreng, kopi, ayam bakar, hidangan laut yang di bakar, dan kalau suka makanan ala bule juga ada, tinggal pesen saja.

Pengen berenang tapi takut tidak ada tempat untuk ganti baju? Di pantai pandawa ini fasilitasnya sangat lengkap. Toilet banyak berjejer di sini, ruang ganti tersedia, kamar mandi juga tersedia dan air bersih juga ada.

Satu lagi info penting untuk Anda. Pantai pandawa ini, bukan pantai yang banyak dikunjungi oleh turis asing. Hampir 90 persen pengunjung di pantai pandawa adalah wisatawan lokal saja. Kalau Anda mau melihat pantai yang banyak turis asingnya, Anda bisa ke pantai kuta, suluban, bingin, padang-padang, balangan dan pantai dreamland. Pantai Pandawa adalah salah satu Referensi tempat liburan di Bali yang sangat menyenangkan dan Indah.

Kalau kalian suka dengan artikel Pantai Pandawa Bali – Melihaat Matahari Terbenam dan Terbit ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika kalian ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, atau kalian suka menulis kami senang untuk mengundang Anda bergabung dengan kami menjadi penulis MYBALISTORY.COM, dan dapatkan IMBALAN UANG HINGGA JUTAAN RUPIAH setiap bulannya. Baca lengkap keterangannya di sini!

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *