skip to Main Content
Tari Bali

Nonton Pertunjukan Tari Bali di Tempat ini Saat Berlibur ke Bali Pasti Seru

Tari Bali adalah salah satu acara yang paling keren yang wajib Anda lihat dan tonton saat Anda pergi dan berlibur ke Bali. Hampir semua tarian Bali mempunyai makna religius. Berdasarkan informasi yang kami baca dari Wikipedia sejak tahun 1950-an, dengan mulai berkembangkan pariwisata di Bali, tarian Bali yang biasanya dilakukan untuk di beberapa upacara adat dan Agama Hindu di Bali, mulai banyak di tampilkan di kegiatan-kegiatan di luar keagamaan yang sudah di modifikasi.

Bali memang selalu membuat kagum banyak orang, mulai dari pantai, air terjun yang sangat menakjubkan, bangunan dan pura yang masih berdiri sampai sekarang. Bali juga sangat terkenal dengan budaya tradisional yang masih ada sampai hari ini. kalau kita bicara tentang Bali, tidak lepas dari yang namanya Tari Tradisional Bali.

Para penari Bali mengungkapkan ekspresi dan cerita melalui gerakan tubuh, gerakan jari – jari, lenggokan kepala dan gerakan mata tajam ke kiri dan ke kanan. Merkea yang menari biasanya sudah belajar menari sejak kanak-kanak (kecil), sambil melakukan kegiatan lainnya mereka selama bertahun-tahun tela berlatih dan terus menyempurnakan gerakan dan keterampilan menari mereka.

Ada beberapa macam jenis Tari Bali. Mungkin banyak yang sering mendengar tentang tari kecak Bali, Tari Legong Bali, Tari Barong, Tari Baris, Tari Pendet dan Tari Cendrawasih. Seperti yang sudah saya katakan di atas, tarian-tarian Bali ini di masa lalu hanya di pertunjukkan pada ada upacara keagamaan saja.

Kalau Anda pergi ke Ubud, Anda akan lebih banyak menemukan tarian Bali di Ubud. Ubud masih menjadi tempat yang sangat asri dan menjadi salah satu tempat paling terbaik untuk menonton pertunjukan Tari Tradisional Bali.

Saya sendiri jarang sekali melihat tarian Bali secara langsung, kalau tidak salah selama saya tinggal di Bali baru dua kali saya menonton pertunjukkan tari Bali. Pertama di GWK (Garuda Wisnu Kencana) dan yang ke dua di Uluwatu, itupun saya nonton pada saat mengantar teman saya yang dari Arab. Jadi bisa di bilang saya kurang tahu pasti di mana saja tempat yang paling bagus untuk menonton pertunjukan Tari Bali, yang saya tahu Tari Bali yang paling bagus bisa di lihat di Uluwatu dan di Istina Ubud, dan itu sangat fenomenal!

Gerakan penari Bali menyesuaikan ritme musik yang di mainkan. Ada kesan religius, Indah dan juga menakjubkan bagi kebanyakan orang yang menontonnya. Saya secara pribadi kurang begitu suka dengan tari-tarian jadi bisa di bilang jarang sekali menonton tari-tarian jika tidak terpaksa sekali karena situasi, waktu dan kondisi.

Baca juga artikel: Nasi Pecel bu Tinuk nomor satu di Bali

Tips untuk Melihat Tari Bali

Meskipun saya jarang sekali melihat Tarian Bali, berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna bagi Anda untuk melihat pertunjukkan Tari di Bali.

  • Tari Bali paling sering di mulai pada malam hari selama satu minggu. Jadi jangan khawatir jika Anda tidak bisa menonton pada malam ini karena Anda bisa menonton keesokan harinya, karena akan selalu ada pertunjukan setiap malamnya.
  • Kebanyakan pertunjukkan tari bali diadakan pada malam hari, tetapi ada juga beberapa yang mengadakan pertunjukan tari Bali pada Pagi atau sore hari pada hari-hari tertentu saja dalam seminggu.
  • Perunjukan Tari Bali biasanya berlangsung selama 90 menit dan harga tiketnya sekitar Rp. 100.000 sampai dengan Rp.200.000. (Harga bisa berubah sewaktu-waktu).
  • Kebanyakan Pertunjukan Tari Bali melarang mengambil foto dengan menggunakan lampu flash dan juga penggunaan tripod. Jika Anda ingin mengambil gambar atau foto dengan cara ini, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada pihak penjaga yang ada di sana!
  • Ada beberapa tarian yang di pertunjukkan hanya pada hari-hari tertentu saja dalam setahunnya, bisa awal bulan atau hari tertentu. Pastikan untuk mengetahui jadwal tarian yang hanya di pertunjukkan pada hari-hari tertentu saja, yang jarang bisa di lihat setiap harinya.
  • Jika Anda tertarik dengan tari Bali, cobalah untuk mengikuti kursus Tari di Ubud atau di beberapa tempat lain. kelasnya ada yang di mulai selama 2 jam saja atau sehari penuh. Harga untuk mempelajari tari Bali sekitar Rp.275.000 untuk satu orangnya (harga bisa perubah sewaktu-waktu).

lalu di mana saja tempat terbaik untuk menyaksikan pertunjukan Tari Bali yang ada di Bali? Melalui artikel ini saya akan menunjukkan beberapa tempat yang bisanya menjadi tempat favorit untuk menyaksikan pertunjukan Taru Bali:

1. Pura Uluwatu Bali

Pertunjukan Tari Bali yang ada di Pura Uluwatu ini berada di atas tebing yang menghadap langsung ke Samudera Hindia Bali. Pura Uluwatu atau banyak orang yang lebih mengenal dengan tempat wisata Uluwatu adalah salah satu tempat wisata yang tidak bisa dan tidak boleh Anda lewati saat sedang berlibur di Bali.

Menurut saya secara pribadi dan pasti bagi banyak orang yang pernah ke sini akan setuju dengan pendapat saya kalau tempat ini mempunyai pemandangan yang sangat spektakuler di Bali khususnya pada saat matahari akan terbenam, pada saat itulah Pertunjukan Tari Kecak ini menjadi sangat berkesan bagi banyak orang.

Lokasi: Pecatu Bali, Kuta Selatan, Kabupaten Badung.

Cara Memesan Tiket: Setahu saya Anda bisa membeli langsung tiketnya di tempat ini atau bisa pesan secara online. Biasanya loket untuk membeli tiket Tari Kecak akan di buka sekitar jam 4 sore. Atau kalau Anda ke sini bersama dengan driver Anda, mereka bisa membelikan tiket untuk Anda.

2. Taman Budaya GWK (Garuda Wisnu Kencana)

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau yang paling sering di kenal oleh orang dengan GWK adalah salah satu tempat yang juga seru untuk menonton pertunjukan tari Bali. Untuk bisa menonton Tari Kecak Bali Anda bisa ke GWK Amphitheatre.

Tiket masuk untuk menonton Tari Bali sudah termasuk tiket masuk ke GWK. Jadi Anda bisa bebas untuk menonton semua pertunjukan yang ada di sini.

  • Harga Tiket untuk orang dewasa Rp. 125.000/perorang
  • Harga Tiket untuk Anak berusia 5 sampai dengan 12 tahun Rp.100.000/perorang
  • Harga Tiket untuk masuk ke dalam patung GWK Rp.200.000/orang

Lokasi: Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Badung – Bali

Cara Memesan Tiket: Beli Tiket langsung di loket GWK. Harga tiket masuk sudah termasuk untuk menonton semua pertunjukan yang ada di dalam.

3. Tanah Lot Bali

Tereltak di atas batu besar yang berada tepat di lepas pantai, Pura Tanah Lot menjadi salah satu ikon pariwisata Pulau Bali yang paling populer. Kalau tidak ke Tanah Lot, belum ke Bali kira – kira begitu kata saya. Makannya tidak heran kalau Anda ke tempat ini selalu ramai dan di penuhi oleh orang-orang.

Pertunjukan Tari Kecak di Tanah Lot biasanya di mulai pada saat matahari terbenam yang terletak di sekitar kompleks Pura ini.

Lokasi: Tanah Lot, Baraban, Kediri, Tabanan Bali.

Cara Memesan Tiket: Untuk harga tiketnya sekitar Rp. 50.000 untuk satu orangnya (Harga bisa berubah sewaktu-waktu). Harga tiket tidak termasuk tiket masuk ke Tanah Lot Bali.

4. Ubud

Keindahan Tarian Bali juga bisa di nikmati di daerah Bali. Untuk pertunjukan Tari Bali di ubud sendiri ada banyak tempat. Salah satu tempat yang sering di kunjungi untuk menonton Tarian Bali adalah Ubud Royal Palace yang berada di pusat kota Ubud, tepatnya di persimpangan Jl. Monkey Forest dan Jl Raya Ubud. Puri Saren saat ini di tempati oleh Keturunan Raja Bali yang Terakhir. Di sini Anda bisa menonton pertunjukan Tarian Bali setiap Malam, khususnya yang paling sering adalah Tari Legong Bali yang diadakan di halaman Puri. Pastikan untuk membawa lotion anti nyamuk saat menonton Tarian Bali di tempat ini

Lokasi: Jl Raya Ubud No.8, Ubud, Kabupaten Gianyar Bali.

Cara Memesan Tiket: Tiket untuk menonton Tari Bali bisa Anda beli di depan Puri Saren sebelum pertunjukan di mulai atau di Fabulous Ubud.

5. Batubulan

Desa Batubulan terletak di barat Gianyar Bali. Desa Batubulan terkenal dengan desa penghasil seni terbaik di Bali. Di Desa Batubulan Anda bisa menonton Tari Barong dan Kecak Dance yang tampil di lima panggung yang berbeda-beda, misalnya Puseh Temple Stage, Denjalan Stage, Tegal Tamu Stage, Stage Sahadewa dan satu lagi adalah Sila Budaya Stage.

Untuk harga Tiketnya sekitar Rp.100.000 (Harga berubah sewaktu-waktu)

Lokasi Pementasan Tari Bali di Batubulan:

1 Grup Tari Barong & Kecak Sila Budaya

Alamat, Jalan Raya Batu Bulan No.63 C, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

2 Grup Tari Barong & Kris Dance Jambe Budaya

Alamat: Jalan Pasekan, Gang Batu Mutiara, Batubulan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

3 Grup Tari Barong & Kris Sahadewa

Alamat: Jalan SMKI, Batubulan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Cara Memesan Tiket: Untuk memesan tiket pertunjukan tari di sini Anda bisa langsung datang ke lokasi dan membelinya langsung di lokasi pementasan.

6. Museum Arma Ubud Bali

Ini adalah Museum Seni Agung Rai yang dikenal juga dengan ARMA. Di sini, selain bisa melihat hasil karya seni dari seniman Bali dan juga seniman asing, Anda juga bisa menonton pertunjukan Tari Legong, Tari Topeng dan juga musik yang diadakan hampir setiap minggu.

Untuk pertunjukan Tari Legong di tempat ini bisanya diadakan setiap hari minggu malam pada jam setengah delapan. Kalau bulan purnama dan bulan baru biasanya tidak ada pertunjukan. Pihak dari pengelola museum ini juga menawarkan paket untuk makan malam yang bisa Anda nikmati setelah pertunjukan tari selesai.

Lokasi: Jl. Raya Pengosekan Ubud, Bali – Indonesia

Cara Memesan Tiket: Anda bisa menghubungi pihak Arma Bali atau beli di tempat ini langsung

Ya, jadi itu adalah beberapa tempat untuk menonton Pertunjukan Tari yang ada di Bali. Sebenarnya dari yang saya catat dalam artikel ini masih banyak tempat-tempat lain untuk menonton pertunjukkan Tari di Bali.

Jika kalian suka dengan artikel Mengapa Berlibur Ke Bali ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *