skip to Main Content
Biaya Wisata Ke Bali Dan Liburan Di Bali

Biaya Wisata ke Bali dan Liburan di Bali

Pasti banyak sekali yang ingin bertanya berapa sih biaya yang harus kita siapkan jika ingin berlibur ke Bali? Untuk menjawab pertanyaan Berapa Biaya Wisata ke Bali tidak mudah, karena memang tidak ada jawaban yang benar-benar pasti untuk menjawab pertanyaan seperti itu. Ini bisa bergantung dari beberapa faktor yang akan membuat anggaran Anda sedikit atau menjadi lebih besar, misalnya hotel seperti apa yang akan pilih, berapa lama Anda akan di Bali, Transportasi seperti apa yang akan gunakan dan makanan seperti apa yang akan Anda makan.

Melalui artikel ini, saya akan memberikan perkiraan seberapa besar biaya yang harus Anda persiapkan sebelum benar-benar pergi berlibur ke Bali.

Persiapkan Segalanya dengan Matang

Sebelum Anda pergi ke Bali, saya menyarankan Anda Anda untuk membuat rencana berlibur dan anggaran biaya untuk berlibur ke Bali. Jangan pergi berlibur tanpa pengetahuan. Cari tahu tentang tenpat tujuan wisata Anda. Baca Panduan Liburan ke Bali Untuk Yang Pertama Kali Tiba di Bali.

Pastikan Anda membuat rencana tempat-tempat wisata mana saja yang akan Anda kunjungi saat berada di Bali, dan coba buat keputusan apa saja yang akan Anda lakukan di sana dan ingin makan di mana? Misalnya saja, jika Anda ingin mengunjungi pantai atau mungkin ingin pergi ke Gunung, maka jangan lupa untuk membawa pakian dan sepatu yang cocok untuk lokasi tujuan Anda.

Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Bali. Saya yakin, Anda pasti mempunyai pikiran yang sama seperti saya. Mumpung ada di Bali, kita kunjungi saja sebanyak mungkin tempat wisata yang ada di Bali. Saran saya, jangan membuat terlalu banyak jadwal untuk bepergian, ini sama saja Anda tidak merasakan berlibur, karena ini seperti membuat tekanan sendiri kepada diri Anda.

Cobalah untuk membuat dan menyisahkan banyak waktu, selain jadwal mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Bali.

Ingat, salah tujuan Anda berlibur adalah untuk menenangkan pikiran, merenung, dan merasakan kebebasan tanpa ada beban dan pikiran. Kalau Anda membuat jadwal yang padat, saya yakin Anda akan mengalami tekanan.

Pikirkan juga tentang mabuk perjalanan. Apakah Anda, teman atau keluarga Anda ada yang suka mabuk perjalanan? Jika ada, ini akan membuat masalah selama perjalanan. Bukannya senang liburan Anda malah menjadi tidak menyenangkan dan tidak menikmati.

Bawalah obat anti mabuk untuk membantu Anda mengatasi masalah mabuk selama perjalanan. Ingat, biasanya obat anti mabuk punya efek samping mengantuk. Jangan lupa untuk membawa plastik dalam perjalanan.

Akomodasi Yang Anda Pilih

Untuk Akomodasi di Bali dan menurut saya mungkin sama seerti di kota lainnya, saat kita menginap di sebuah hotel, biaya kamar hotel yang di hitung adalah per-kamar bukan per-orang atau per-kepala yang akan menginap. Saat Anda bepergian seorang diri atau bersama dengan beberapa anggota keluarga, membutuhkan biaya yang tidak jauh berbeda.

Beberapa hotel atau penginapan yang ada di Bali ada yang menawarkan “room only” atau biaya untuk sewa kamar saja, jadi tidak ada sarapan. Menurut saya ini tidak menjadi masalah yang terlalu besar, karena kita bisa menikmati sarapan di mana saja yang kita mau.

Secara pribadi saya lebih nyaman sarapan di luar dari pada sarapan dan makan di dalam hotel. Mungkin tiap orang berbeda-beda ya, ada yang suka menikmati hidangan dari hotel ada juga yang tidak begitu suka seperti saya.

Biaya menginap di Bali mengikuti musim liburan ya. Saya lebih suka menyebutnya dengan musim, kalau musim liburan tiba (high season) seperti liburan paskah, bulan juli sampai dengan awal september. Pada hari raya Natal dan juga Tahun Baru tarif untuk menginap di hotel biasanya akan naik dan cenderung mahal. Sedangkan kalau kita berlibur pada saat bukan liburan (normal, bukan musim liburan) harga untuk menginap di sebuah hotel atau villa biasanya cenderung menjadi lebih murah, penurunannya bisa mencapai 30% bahkan bisa juga mencapai 50%. Yah, pintar-pinta kita saja mencari hotel yang sedang ada diskon atau promonya.

Selain hal di atas, lokasi tempat kita menginap juga biasanya menjadi faktor penentu sebuah kamar hotel atau penginapan menjadi lebih mahal dan lebih murah. Namanya bisnis akomodasi dan juga restoan, sudah sangat wajar kalau mereka akan menagih biaya tambahan sekitar 21%. Ini termasuk biaya PPN 10% dan biaya untuk service staf akan dikenakan sekitar 5% – 11%. Kenapa bisa seperti itu? Ini di karenakan gaji atau UMR di Bali sangat-sangat rendah sekali jika kita bandingkan dengan kota-kota lainnya.

Buat kalian yang mau atau punya cita-cita ingin kerja di Bali, harus pikir-pikir dulu ya. Meskipun kita bisa dapat tambahan dari service atau uang tip, kita tidak akan selalu beruntung, apalagi kalau kalian tidak pintar-pintar cari uang tambahan, hidup di Bali akan menjadi sangat sulit sekali.

Harga Hotel dan Resor Berdasarkan Kategorinya

1 Ekonomis (Backpacker). Untuk Anda yang ingin cari penginapan murah dan kelas ekonomis, harga permalam untuk penginapannya biasanya berkisar antara Rp.100.000 – Rp. 200.000. Anda bisa mencari dan menemukan Guest House, Home stay atau hotel – hotel kecil yang tidak mempunyai bintang di langit-langit kamarnya, dengan sangat mudah di seluruh penjuru Kota Bali. Kami dan Istri pernah survey ke beberapa tempat menginap (home stay) yang ada di Bali. Beberapa ada yang memberikan tempat tidur bersusun.

Jika Anda tidak terlalu masalah untuk berbagi dengan orang lain, tempat seperti ini bisa menjadi tempat yang sangat murah. Tetapi kalau Anda mencari tempat yang agak nyaman dan murah dengan kamar tidur pribadi yang di lengkapi dengan AC, permalamnya mungkin bisa mencapai Rp.300.000an. Hampir semua daerah yang ada di Bali mempunyai beragam pilihan seperti ini.

2 Kelas Menengah. Kebanyakan hotel yang ada di Bali adalah hotel kelas menengah dengan bintang tiga. Hotel dalam kategori ini mempunyai harga sekitar Rp.300.000 – Rp.800.000an untuk permalamnya. Kamarnya biasanya cukup luas. Terlihat sangat sederhana dan kebanyakan di kelola oleh sang pemilik sendiri atau keluarga mereka.

Bukan hanya hotel yang dikelola oleh Keluarga saja yang ada, Hotel-hotel yang sudah terkenal seperti Swissbel, Accor, Grand Mas dan juga Aston membuat desain hotel untuk kelas menengah seperti ini dan jumlah kamar yang mereka sediakan tidak tanggung-tanggung, satu hotel bisa mencapai ratusan kamar.

Mereka membangun hotel seperti ini bukan tanpa tujuan, biasanya mereka sudah bekerjasama dengan pihak – pihak lain untuk menyambut kedatangan para wisatawan asal luar negeri seperti wisatawan asal China, yang belakangan semakin banyak berlibur ke Bali.

Untuk kebersihan dari hotel ini, sudah pasti sangat bersih dan tidak perlu kita ragukan lagi. Mereka mempunyai pengalaman dalam bidang perhotelan. Setiap kamarnya di lengkapi dengan fasilitas standar kamar hotel seperti AC, Shower, Tempat tidur yang nyaman dan selalu dibersihkan. Biasanya kita juga akan mendapatkan sarapan setiap paginya.

Untuk lokasi hotelnya sendiri kalau menurut saya sangat bervariasi, ada yang dekat dengan pantai, ada yang dekat dengan pusat perbelanjaan, ada juga yang letaknya sengaja agak jauh dari pusat keramaian. Nah kalau kalian sendiri sukanya menginap di mana? Kasih komentar kalian di kolom komentar ya, kalau saya sendiri lebih suka menginap di tempat yang jauh dari keramaian dan pusat kota.

3 Hotel Mewah Harga Bersahabat. Saya mencoba memasukkan dan membuat hotel ini berdasarkan jumlah bintang. Hotel mewah tetapi mempunyai harga yang bersahabat ini terdiri dari hotel-hotel berbintang 3 sampai dengan hotel bintang 5. Fasilitas yang di tawarkan oleh hotel dalam kategori ini biasanya mempunyai beragam pilihan sesuai dengan keinginan dan kenyamanan kita.

Harga yang akan Anda dapatkan untuk Hotel Mewah dengan harga bersahabat ini sekitar Rp.900.000 sampai dengan Rp.2.000.000 untuk permalanya. Buat kami, harga seperti ini masih terlalu mahal, karena kita hanya ingin tidur dan berlibur saja.

Mungkin bagi beberapa orang, ini harga yang terjangkau dan masih masuk akal. Mengingat harganya cukup lumayan, Anda akan mendapatkan pemandangan yang indah, suasana yang nyaman, kolam renang, taman yang hijau dan luas, sarapan dan biasanya Anda akan mendapatkan pelayanan yang cukup baik dan masih banyak lainnya.

Target pasar hotel dalam kategori ini adalah keluarga-keluarga, dan para pelancong individu seperti pria dan wanita lajang, pasangan dan grup yang biasanya mempunyai dana liburan agak lebih dan yang menginginkan sebuah kenyamanan.

4 Hotel Mewah (Benar-benar Mewah). Untuk hotel memwah dalam kategori ini memang benar-benar mewah. Harga pemalamnya mulai dari Rp.2.000.000. Ini adalah hotel yang paling baik yang ada di Bali. Cuma kalau ingin kita bandingkan dengan tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Negara lain, hotel mewah yang ada di Bali kalau saya lihat dari Internet, harganya masih masuk dalam kategori murah untuk penghasilan orang bule atau orang asing.

Woow… kira-kira berapa ya penghasilan orang-orang yang menginap di hotel seperti ini setiap bulannya. Kalau kalian mau menginap di hotel mewah seperti ini, salah satu hotel Internasional dunia ada di Nusa Dua Bali yaitu BTDC Nusa dua (ITDC).

4 Villa Pribadi. Suka nginep di Villa? Di Bali banyak sekali villa pribadi dan sangat berkembang pesat. Meskipun kebanyakan villa ini dikelola oleh pribadi atau perorangan kebanyakan villa pribadi sudah berjalan dengan sangat profesional, dan sebagian lagi masih bisa saya katakan jauh dari kata profesional.

Ukuran dan juga kamar villa pribadi ini sangat beragam sekali. Untuk mengetahui dan menentukan tingkat kemewahan sebuah villa yang ada di Bali, setahu saya terletak pada lokasi villanya. Memang saat kita menginap di hotel dengan menginap di villa pasti jauh berbeda. Anda bisa lebih merasakan privasi Anda sangat terjamin. Jika Anda berlibur dengan keluarga atau dengan teman-teman, sangat cocok sekali menginap di villa yang bisa menampung banyak orang.

Daripada menginap di hotel dengan harga yang 2 juta permalam, saya lebih memilih menginap di villa. Privasinya terjaga dan ruangannya juga sangat luas.

Kebanyakan villa terletak di daerah yang jauh dari tempat yang strategis, seperti pantai, restoran dan tempat hiburan. Jadi kemungkinan Anda membutuhkan transportasi untuk mengunjungi tempat-tempat wisata atau pusat hiburan. Tapi saya rasa transportasi bukan sebuah masalah yang besar, karena di Bali banyak sekali penyewaan mobil dan motor murah.

Perlu kalian tahu juga, biasanya untuk menginap di sebuah villa ada minimum masa waktu untuk menginapnya, khususnya pada saat musim liburan. Jadi pastikan untuk mengecek dan menanyakan masalah ini ke mereka. Coba cek juga di website-website airbnb, Booking.com dan beberapa website pemesanan online untuk membandingkan harga.

Harga untuk villa pribadi sangat bervariasi, biasanya di mulai dari Rp.1.000.000 sampai dengan 2,500.000. beberapa villa sudah dilengkapi dengan kolam renang dan beberapa tidak di lengkapi dengan kolam renang. Beberapa villa ada yang mempunyai koki pribadi ada juga yang tidak, saya lebih suka tidak ada koki pribadi.

Makan dan Wisata Kuliner di Bali

Makan di Warung Sederhana – Makan di Bali menurut saya harganya sangat relatif. Kalau kita makan di warung-warung makan sederhana yang tidak ada di tempat wisata, kita bisa saja mendapatkan harga murah. Tetapi kalau kita makan di tempat makan yang terkenal, orang bilangnya wisata kuliner, sudah pasti harganya bisa agak mahal.

Makan di warung biasa harganya mulai dari Rp.15.000 sampai Rp.30.000 untuk sekali makan. Itu untuk yang versi murahnya ya, biasanya sih bisa lebih dari itu. Jadi kalau mau hemat, cari tempat makan pinggiran atau kaki lima yang bukan menjadi tempat tujuan wisata kuliner supaya tidak mahal. Karena kalau tempat makannya adalah tujuan wisata kuliner yang terkenal, sudah di pastikan harganya agak mahal.

Makan di Tujuan Wisata Kuliner dan Kelas Menengah

Bali adalah tujuan wisata yang sangat terkenal di Dunia, karena alasan ini kita bisa menemukan banyak sekali restordan yang tersebar di seluruh Bali. Soal rasa, sudah pasti mereka akan sangat menjaga dan memberikan rasa yang terbaik untuk semua orang yang berkunjung ke Bali. Harga makanan di tyjuan wisata dan kelas menengah bisa mencapai Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000 lebih.

Buat Anda yang vegetarian, Bali mempunyai aneka macam restoran yang menyediakan makanan khusus bagi mereka yang vegetarian.

Makan di Restoran Mewah. Bali juga ingin menjamin pengalaman makan yang indah dan tak terlupakan bagi mereka yang mengunjungi Bali. Makan di restoran seperti ini kami jamin hidangan yang di sajikan mulai dari hidangan dari Bali dan juga hidangan dari berbagai macam negara yang ada di seluruh dunia.

Harga kalau kita makan di restoran mewah biasanya mulai dari Rp. 200.000 sampai dengan Rp.1.000.000 lebih untuk sekali makan. Dengan harga ini, Anda akan mendapatkan pelayanan yang cukup baik, elegan, nyaman, suasana yang sangat romantis dan tak akan telupakan.

Keliling Bali dengan Menggunakan Transportasi Bali

Bali adalah kota tujuan wisata karena itu sarana transportasi yang ada di Bali sangat beragam. Sayangnya di Bali tidak sama seperti di kota tempat Anda tinggal. Bali tidak mempunyai sarana transportasi umum seperti Metro Mini, Mikrolet, Kopata, Kereta Commuter Line, Bus Umum dan lainnya.

Meskipun Bali mempunyai sarana Bus Sarbagita (ini seperti Tarns Jakarta) pada saat kami menulis artikel ini, sebenarnya bus umum ini tidak benar-benar berfungsi dengan baik dan kurang begitu di minati masyarakat lokal Bali sendiri apalagi oleh para wisatawan yang datang ke Bali. Kalau kalian ingin mencoba naik Sarbagita Bali, nunggunya lumayan cukup lama dan jalur yang di lewati juga sangat terbatas.

Jadi saat kalian berlibur ke Bali, tarnsportasi yang benar-benar bisa Anda gunakan dan berjalan dengan baik adalah:

  • Penyewaan Motor
  • Taxi konvensional
  • Taxi Pribadi
  • Gojek
  • Grab (Taxi Online)

Harga untuk Sewa motor di Bali berkisar Rp.40.000 sampai dengan Rp.60.000 per hari. Ada juga yang bisa mencapai Rp.150.000 per harinya. Harga ini bisa berubah dari waktu ke waktu ya. Harga sewa motor di Bali sebenarnya sangat beragam dari satu rental ke rental motor lainnya, selain itu harganya juga dipengaruhi dengan jenis motor apa yang akan Anda gunakan.

Saya lebih menyarankan Anda untuk menggunakan motor saat berlibur di Bali, karena mudah ke mana-mana, parkirnya tidak terlalu ribet dan repot juga. Oh iya, saat Anda akan menyewa motor, coba cek segala kelengkapan motor, rem, lampu sen, ban motor, lampu depan dan belakang, lihat body motor apakah ada yang lecet apa tidak. Ini penting supaya kalau ada apa-apa Anda enak dan aman. Jangan lupa tanyakan juga kepada mereka, apakah harga itu sudah termasuk Asuransi dan helm atau belum?

Selain sewa motor Anda juga bisa naik ojek online. Menurut saya lebih baik naik ojek online daripada Anda menggunakan Taxi atau ojek pangkalan, karena akan jauh lebih murah dan menghemat juga. Tapi kalau kalian mau merasakan sensasi naik ojek pangkalan seperti zaman dulu dan indahnya tawar menawar harga ya silahkan saja.

Setiap daerah mempunyai pangkalan Taxi konvensional yang di kelola oleh warga sekitar, meskipun harga Taxi pangkalan yang di kelola oleh warga setempat ini agak mahal, tidak ada salahnya juga menggunakan Jasa mereka. Buat kalian yang ingin berlibur dengan cara berhemat, bisa menggunakan Taxi online.

Sewa Mobil di Bali dengan supir dan tanpa supir juga bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk berkeliling pulau Bali. Anda bisa menyewa mobil yang tersebar hampir di seluruh daerah Bali. Harga untuk menyewa mobil di Bali biasanya bergantung dari jenis mobil yang Anda gunakan dan tahunnya. Harga Sewa Mobil di Bali mulai dari Rp.400.000 sampai dengan Rp.500.000 dan ada yang lebih dari itu. Harga itu biasanya untuk 8 – 10 jam dan biasanya sih sudah termasuk bensin.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang sarana transportasi apa saja yang bisa kalian gunakan selama berada di Bali, silahkan baca artikel Ingin Berkeliling Bali, Baca Panduan Wisata Bali ini.

Jika kalian suka dengan artikel Biaya Wisata ke Bali dan Liburan di Bali ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika Anda ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, Silahkan kirimkan artikel kalian ke My Bali Story yang di lengkapi dengan foto-foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *