skip to Main Content
Pantai Balangan Bali – Taman Bermain Para Peselancar Penjinak Ombak

Pantai Balangan Bali – Taman Bermain Para Peselancar Penjinak Ombak

Pantai Balangan Bali adalah Pantai Tersembunyi di Bali yang kini sudah tidak lagi tersembunyi. Untuk warga lokal mungkin sudah tahu betul pantai balangan ini dulunya seperti apa, sepi dan masih alami sekali. Saya masih ingat sekali sewaktu pantai ini belum punya tempat parkir dan jadi tempat foto Prewedding. Jalan masuknya masih susah dan jujur saya suka Pantai Balangan yang dulu.

Warga lokal menyebut Pantai ini ya dengan sebutan “Pantai Balangan”, ini salah satu dari sekian banyak pantai yang populer dan juga indah di Bali, memiliki pasir putih keemasan sepanjang setengah kilometer dan dibatasi oleh tebing-tebing batu kapur yang sangat indah.

Pantai Balangan adalah surganya bagi para peselancar yang datang dari seluruh dunia. Pantai ini lokasinya juga jauh dari pusat keramaian kota Bali. Pantai balangan masih satu area dengan pantai dreamland Bali yang hanya berjarak satu kilometer dan dipisahkan oleh sebuah tanjung kecil yang digunakan sebagai Hole 15, ini adalah hole lapangan Golf yang sangat terkenal di lapangan Golf New Kuta.

Serunya Jalan Menuju Pantai Balangan

Untuk mencapai tempat ini sangat mudah karena dengan bantuan Google Maps dan papan petunjuk jalan Anda pasti akan sampai ke lokasi ini. Jika Anda dari arah GWK Anda hanya perlu naik terus ke arah Uluwatu. Begitu ada perempatan nirmala bukit Anda ambil jalan ke kanan dan ikuti terus jalannya. Memang jalannya sedikit berkelok-kelok naik dan turun. Pastikan untuk berhati-hati di setiap tikungan karena meskipun sepi kadang banyak turis asing yang suka berkendara seenaknya dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Sepanjang jalan Anda akan melihat masih banyak pohon-pohonan dan masih sangat sepi karena belum banyak rumah dan belum banyak pertokoan. Begitu akan sampai ke pantai Anda akan melihat keindahan pantai balangan dari ketinggian. Anda bisa videokan jalannya atau berhenti sejenak untuk mengambil foto dari tepat ini.

Balangan Beach keluarga djaseri

Ada dua jalan masuk yang bisa Anda lalui. Kalau dulu waktu pantai balangan masih sepi pengunjung dan hanya penduduk lokal dan tamu asing saja yang ke Pantai ini biasanya jalan masuk utamanya adalah lewat kiri yang mau masuk ke villa La Joya Bali. Begitu Anda berada di pertigaan sebelum masuk pantai balangan, saya bilangnya pertigaan meskipun mirip perempatan tapi sebenarnya ini adalah pertigaan. Pokoknya kalau Anda melihat papan nama La Joya itu adalah jalan utama yang dulu dipakai untuk menuju ke Pantai Balangan. Sekarang karena sudah dibuat parkir di jalan lurus sebelum belok ke Jl yang menuju villa la joya jadi banyak orang yang tahu kalau jalan utamnya ya lewat jalan lurus yang biasa dipakai untuk foto prewedding.

Pada saat artikel ini dibuat ke dua jalan yang menuju pantai ini masih batu dan tanah belum di aspal dan semoga saja masih seperti ini dan tidak dirubah seperti pantai dreamland yang dulu jalan menuju pantainya sangat sulit dan unik tetapi setelah di renovasi dan ditangani oleh tangan-tangan yang sok ahli akhirnya sekarang pantai dreamland sudah tidak seindah dan semenarik dulu sewaktu sebelum jalannya di landaikan atau di ratakan. Bahkan bagi warga lokalpun jika mereka mau jujur pantai dreamland ini sudah hilang daya tariknya. Jadi jika ada pejabat atau pemerintah setempat yang membaca artikel saya semoga tidak melakukan perubahan yang terlalu berlebihan sehingga membuat hilang kenatural dan keunikan dari pantai itu sendiri, karena daya tariknya justru di sana.

Meskipun balangan sudah mengalami perubahan dan sekarang ada dua jalan untuk menuju pantai ini, Pantai balangan masih menarik dan wajib untuk kamu kunjungi. Dulu memang sudah ada dua jalan dengan anak tanggan milik salah satu villa kalau saya tidak salah. Sekarang ada jalan baru motong tebing yang ujung karang sering di pakai buat foto prewedding di balangan. Jalan utama menuju pantai balangan sudah di aspal ya, jadi kamu tidak susah-susah untuk menuju pantai ini.

Balangan Secret Beaches

Beberapa fasilitas untuk wisatawan juga sudah banyak tersedia di sini. Pengunjung bisa menyewa kursi untuk duduk dan bersantai di pantai, tanya dulu ya harganya sebelum duduk. Selain menggunakan kursi kalian bisa duduk di pasir atau di batu-batu di sepanjang pantai Balangan. Di sini Anda juga bisa minum es kelapa muda dan minuman lain yang menjadi favorit Anda. Buat saya es kelapalah yang paling cocok buat di pantai dan saya rasa Anda juga setuju dengan itu.

Buat anda yang berlibur bersama keluarga dan mungkin mengajak anak-anak ke pantai ini tidak usah khawatir, karena pantai ini bisa untuk melakukan aktifitas untuk berenang, bermain pasir dan juga untuk menikmati pemandangan matahari terbenam saat sore hari.

Hal Yang Harus diperhatikan.

  • Saat berenang harap berhati-hati karena karang di pantai ini sangat tajam dan ada sampai di pinggir pantai, jadi berhati-hatilah saat berjalan.
  • Awasi anak-anak saat bermain di pantai mengingat banyak karang dan jalannya licin.
  • Dasar pantai balangan adalah karang-karang yang tajam dan sangat berbahaya untuk berjalan dengan kaki telanjang.
  • Pagi dan siang hari adalah waktu yang paling cocok untuk ke pantai ini. Air lautnya masih tinggi dan Anda bisa berenang di pinggir, ingat jangan terlalu ke tengah ya mengingat ini adalah pantai dengan gelombang yang cocok untuk para peselancar, selain itu di pantai ini tidak ada penjaga pantainya.
  • Siang sampai sore hari biasanya banyak orang yang bermain surfing dan berendam karena airnya surut pada sore hari banyak orang suka berendam dan berenang, Cuma buat saya ini harus hati-hati, mengingat karangnya tajam.

Yang Menarik dan yang saya sukai dari Pantai Balangan:

Saya suka ke pantai balangan ini karena lokasinya yang tersembunyi dan jalannya yang masih sangat banyak pepohonan di kiri dan kanan jalan. Dan biasanya kalau saya ke pantai ini setelah sampai saya akan langsung berenang di pantai. Tempat berenang saya ada di bagian kanan ujung atau di kiri jalan ujung. Cuma sayangnya yang bagian kanan ini sekarang sering ramai karena pengunjung datang dari pintu ini dan lokasinya juga tidak jauh dari pintu masuk jadi saya berenang di tempat ini kalau sepi saja. Kalau ramai biasanya saya jalan ke arah kiri yang dekat tebing hole 15, saya berenang dan berendam di sana. Cuma kalau berenang dan berendam di sini harus hati-hati ya karena banyak karang dan sedikit tajam.

Setelah berenang saya suka duduk-duduk dipinggir pantai bersama istri. Sekarang karena sudah ada anak setelah berendam dan berenang saya bermain pasir sama anak saya.

Waktu yang paling saya suka untuk ke pantai balangan adalah antara jam 2 dan jam 3 sore. Memang kalau jam 2 masih sangat panas, tetapi biasanya pada saat siang hari inilah air laut masih tinggi dan masih bisa buat bermain-main air, kalau sore hari kadang airnya dangkal, tetapi bukan berarti tidak bisa buat main air ya. Untuk kalian saya sarankan sore hari sambil melihat matahari terbenam.

Saat air laut surut Anda bisa berjalan-jalan di pantai ini sampai ke tengah dan bahkan kalau surut sekali Anda bisa menuju pantai dreamland hanya dengan berjalan kaki. Tapi kalau air sedang pasang jangan coba-coba lewat ya, nanti Anda bisa tersapu ombak pantai balangan. Karena ombak yang di menuju ke pantai dreamland biasanya besar kalau pas pasang, makannya tak heran kalau pantai balangan menjadi tempat favorit buat para peselancar.

pantai balangan jimbaran dari atas

Jika Anda ingin foto-foto di balangan pasti akan sangat bagus. Karena balangan tempat favorit buat foto prewedding. Tempat foto adalah di atas tebing yang sering di pakai untuk prewedding. Di pantainya sendiri juga bagus untuk foto-foto jika Anda bisa menukan dan mengambil dengan posisi yang tepat.

Sekali lagi saya ingatkan meskipun pantai ini bisa untuk berenang kalian harus berhati-hati mengingat ini adalah taman bermain untuk para peselancar, selain itu di tempat ini juga tidak ada penjaga pantainya seperti di pantai kuta dan pantai Muaya.

Untuk para peselancar waktu terbaik ke tempat ini adalah pada saat musim kemarau (ini antara bulan mei dan september) pada saat inilah angin barat daya terjadi dan biasanya gelombang bisa mencapai 2,5ft sampai dengan 10-ft yang kadang-kadang bisa berputar hingga 500 meter. Bagus bukan pantai dan gelombang untuk Anda yang adalah seorang peselancar profesinal?

Sedangkan buat mereka yang buka peselancar juga masih bisa menikmati pemandangan pantai balangan yang indah di bawah tempat tidur pantai dengan payung yang sejuk yang banyak disewakan di sapanjang pantai balangan atau anda juga bisa berjemur di bawah indahnya sinar matahari.

Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Balangan.

Lokasi pantai balangan ada di Jl. Pantai balangan desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran. Kecamatan Kuta Selatan. Untuk masuk kepantai balangan tidak di pungut tiket untuk masuk, ini sangat bagus sekali tidak ada tiket masuk berbeda dengan pantai pandawa yang dikenakan tiket masuk dan tiket kendaraan.

balangan 2010 masih bagus

Di pantai balangan Anda hanya dikenakan biaya untuk parkir kendaraan bermotor dan mobil saja, sedangkan tiket masuk tidak ada. Tiket masuk untuk

  • Roda dua Rp.2.000 dan
  • Mobil Rp.5.000.

harga kemungkinan bisa berubah sewaktu-waktu ya. Sebisa mungkin harga yang ada di sini akan selalu kami update. Ya, jadi itulah yang bisa kami bagikan kepada kalian untuk panduan hari ini. Semoga panduan wisata tentang Pantai Balangan Bali ini bermanfaat buat tujuan wisata Anda.

Pantai balangan tahun 2010

Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share artikel ini kepada kenalan kalian dan follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika Anda ingin mengabadikan moment liburan Anda atau ingin Prewedding dan Menikah di Bali Anda juga bisa menggunakan jasa Fotografer di Bali yang bekerja sama dengan MYBALIStory. Kalau Anda Ingin Sewa Mobil di Bali dengan Supir selama liburan di Bali juga bisa, selain itu kami juga siap Membantu Anda yang ingin menitip dibelikan barang-barang atau oleh-oleh yang ada di Bali.

Silahkan hubungi kami melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Jangan lupa dukung kami dengan memberikan Donasi di halaman ini yang akan membantu kami untuk terus bisa memberikan informasi bermanfaat seperti membuat artikel, review hotel, villa, penginapan murah, membuat video, blog dan beberapa hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *