skip to Main Content
Mampir Ke Warung Masakan Khas Bali Saat Liburan Ke Bali

Mampir Ke Warung Masakan Khas Bali Saat Liburan ke Bali

Semua tahu kalau Bali adalah salah satu provinsi yang paling terkenal di Indonesia. Selain wisatanya Bali juga terkenal dengan kulinernya, mulai dari yang klasik sampai sajian yang modern. Kami tahu betul setiap orang yang berlibur ke Bali, biasanya mempunyai waktu yang sangat terbatas. Karena masalah ini maka kamu wajib tahu daftar tempat makan populer yang wajib di coba dengan waktu berlibur yang singkat ini. Khususnya, Ke Warung Masakan Khas Bali.

Jadi, kali ini kami akan membuat satu artikel yang akan merangkum Tempat makan yang menyajikan masakan khas Bali saja. Menurut saya, daftar tempat makan ini akan sangat berguna sekali untuk teman-teman yang baru pertama kali datang dan berlibur ke Bali.

Memang ada banyak tempat kuliner yang bisa kalian kunjungi di Bali, tapi mumpung berlibur di Bali dan waktunya terbatas sebaiknya kalian manfaatkan waktu kalian untuk kulineran di tempat-tempat yang hanya menyajikan makanan khas Bali.

Meski kalian terbiasa nongkrong di kafe-kafe yang makanan dan minumannya punya harga mahal. Cobalah untuk meluangkan waktu kalian mampir ke warung makan lokal sederhana yang berada di pinggir jalan yang selalu menyajikan masakan khas Bali. Selain enak sudah pasti makanan ini mempunyai harganya murah. Pokoknya tidak bakalan bikin kantong kalian kosong.

Beberapa warung atau tempat makan ini cukup populer, dan biasanya kalau mau makan di tempat kalian harus merelakan diri untuk mengantri sambil berdiri (Gaya khas orang Indonesia).

Tempat makannya juga banyak yang tidak menggunakan AC dan jauh dari kursi empuk seperti di restoran-restoran yang ada di hotel atau restoran mewah pinggir jalan. Tidak ada tisu toilet dan ini akan benar-benar menjadi pengalaman bersantap ala orang kecil yang jauh dari kemewahan.

Saran dari saya, kalau kalian ingin makan di tempat makan ini sebaiknya kalian datang dari pagi sampai jam makan siang. Karena biasanya mereka cuma buka dari pagi sampai sore aja. Terus hindari makan di tempat makan populer pada saat jam makan siang karena biasanya suka ramai dan harus mengantri.

Daftar Tempat Makan yang Menyajikan Masakan Khas Bali

1. Kafe Seafood Jimbaran (Melihat Matahari terbenam & Gudangnya Makanan Laut)

Kami yakin semua sudah tahu tempat makan seafood di Jimbaran. Ada banyak tempat makan di jimbaran yang bisa kamu datangi. Tapi jimbaran yang mana? Karena semu bilang jimbaran. Tempat makan seafood atau kafe seafood di jimbaran ada dua tempat yang terkenal dan yang paling sering di kunjungi oleh orang yang berlibur ke Bali. Pertama Jl. Pantai Jimbaran dan yang kedua Pantai Muaya Jimbaran.

Setahu saya di dua tempa inilah yang paling sering para wisatawan di ajak makan. Saran saya coba kalian makan di salah satu tempat itu. Kalau di tanya mana yang paling bagus dan enak. Menurut saya keduanya enak dan bagus, karena tidak mahal dan tidak murah juga makan seafood di dua tempat ini.

Kafe Seafood Jimbaran

Untuk informasi lengkap tempat makan seafood di Jl. Pantai Jimbaran kedonganan bisa baca artikel ini.

Semua kafe yang ada di sini menawarkan menu yang sama yaitu makanan laut – seafood. Anda bisa memilih sendiri ikan yang mau di masak atau lihat dari buku menu.

Tapi, banyak orang yang mengartikan kalau Kafe Seafood Jimbaran itu adalah yang di Muaya Beach. Jadi untuk kali ini kita sebut saja untuk yang di Pantai Muaya ya.

Lokasi: Jalan Four Seasson, Muaya Beach, Jimbaran Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari 3pm – 11pm (Jam bisa bervariasi)

2. Kafe Seafood Kedonganan

Kafe – kafe makanan seafood kedonganan ini banyak berjejer di pinggir pantai desa nelayan kedonganan. Mungkin ada lebih dari 20 kafe seafood di tempat ini. Kalian bisa memilih salah satu yang ada di sini. Saya tidak bisa menyebutkan mana yang baik dan mana yang tidak baik karena Kalian bisa melihat sendiri review masing-masing kafe di internet – Biasanya review yang ada adalah review jujur dari pengalaman orang-orang yang pernah makan langsung di masing-masing restoran yang ada di sini.

Kafe Seafood kedonganan

Kalau kita makan di sini malam hari biasanya suka ada pengamen, dan beberapa kafe ada yang mempunyai band musik sendiri. Jujur, kalau saya sedang makan dari waktu saya masih remaja sampai sekarang saya punya anak, saya kurang begitu suka kalau pas makan ada pengamen karena kadang suka bingung sendiri mau ngasih berapa. Di kasih dikit takut salah, tidak ngasih lebih salah lagi.

Pilihan menu laut yang ada di kafe kedonganan juga sangat bervariasi, tapi kalau dari pengamatan saya hampir semua menu yang ada di restoran ini menyajikan menu yang sama. Jadi, Kalian bisa bebas memilih mau makan di kafe seafood yang mana saja karena menunya sudah pasti sama semua.

Lokasi: Jalan Pantai Kedonganan, Jimbaran, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai dari jam 4pm – tengah malam (Jam bisa bervariasi)

3. Rumah Makan Kedaton

Jarang mendengar makanan yang satu ini ya atau malah kalian sudah sering mendengar rumah makan kedaton ini? Di Rumah makan kedaton ini kita bisa menemukan nasi campur Bali yang biasanya berisi ayam suwir, sate lilit dan aneka sayuran lain khas Bali.

Rumah Makan Kedaton

Di warung kedaton ini kalian bisa memilih menu sesuai dengan keinginan karena lauk-lauknya di pajang di etalase dengan sangat rapi. Makanan yang ada di sini sebagian besar mempunyai rasa yang pedas dengan bumbu Bali yang sangat Khas.

Kalau kita makan di tempat kita bisa mendapatkan kuah sayur jukut Undis (Sayur kedelai hitam) secara gratis. Rumah Makan Kedaton ini mempunyai beberapa cabang di Sanur, Kuta, Denpasar dan Di Jalan Hayam Wuruk.

Lokasi: Jalan Raya Kuta No62/3, Kuta, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari dari jam 8am – 9pm (Jam bisa bervariasi)

4. Warung Gula Bali Joglo

Tempatnya cukup luas, adem dan ala-ala di pedesaan gitu. Nyenengin sih kalau makan di tempat ini, meski terlihat sepi tapi di dalam biasanya cukup rame. Menu makanan yang ada di sini adalah menu makanan jajanan khas Bali, pokoknya surganya makanan dan jajanan khas Bali deh.

Warung Gula Bali The Joglo

Menu yang cukup terkenal adalah rujak gula, rujak kuah pindang. Rujak di Bali ini sedikit berbeda dengan rujak yang ada di bogor dan Jakarta ya. Rujak di sini mirip kayak asinan tapi bukan asinan karena kuahnya asem, agak gurih asin dan pedas. Warna kuahnya biasanya agak kemerahan ungu gitu.

Menu makanannya sangat beragam ya, ada tipat cantok, bubur, bakso, siomay, nasi betutu, sate lilit, lumpia ayam dan aneka makanan khas Bali lainnya.

Lokasi: Jl. Merdeka Raya VI No.11, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

Buka: setiap hari dari jam 8am – 8pm (Jam bisa bervariasi)

5. Warung Nasi Bali Men Weti

Warung nasi Bali Wen Weti ini cukup populer. Terletak di Pantai Segara Sanur, pantai yang banyak digunakan oleh penduduk lokal Bali dan pendatang untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Orang-orang yang datang dari Jakarta atau kota-kota lain yang sedang berlibur di Bali sering makan siang di tempat ini. – Nasi campur Bali ciri khasnya agak pedas ya. Warung Nasu Bali Men Weti ini cukup sederhana hanya menyediakan kursi dari kayu di sekitar jalan setapak.

Warung Nasi Bali Men Weti

Sepiring nasi di warung ini biasanya terdiri dari ayam panggang bumbu Bali yang di kenal juga dengan sebutan ayam betutu Bali, kulit ayam yang garing, sate lilit ayam Bali, Sup ayam pedas, telur setengah yang di masak dengan sambal dan tomat, daun singkong, Lawar, kacang goreng dan sambal matah Bali yang cukup terkenal. Selain itu kalian juga bisa memilih menu masakan laut lainnya yang bisa Kalian pilih sesuai selera masing-masing. Warung ini buka dari pagi sampai siang saja, jadi kalau kalian datang siang hari biasanya sudah habis dan tutup.

Satu rahasia lagi nih buat kalian yang mau makan di sini, Ibu-ibu yang ngelayanin di Warung ini judes-judes, jadi kalau kalian beli makan di sini ngikut aja, kalau gak suka nanti tinggal singkirin aja pas mau makan – ingat pesan saya, jangan rewel terima aja karena yang dagang terkenal judes sampai luar pulau Bali.

Lokasi: Jalan Segara Ayu, Sanur, Denpasar Bali 80228, Indonesia

Buka: Setiap Hari dari jam 7am – 10am (Jam bisa bervariasi)

6. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi ayam kedewatan Ibu Mangku adalah salah satu makanan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Bali. Di Warung ini kalian bisa merasakan menu makanan khas Bali yaitu Nasi Campur Bali yang terkenal kaya akan rempah-rempahnya.

Sebenarnya untuk bisa makan nasi campur Bali tidak harus makan di tempat ini juga, tapi karena warung ini cukup populer, makannya saya sarankan Anda wajib mencoba tempat makan ini “Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku”.

Dari informasi yang saya tahu, warung ini sudah terkenal sejak tahun 1963. Dulu, awal-awal jualan si Ibu Mangku ini jualannya di pinggir jalan dan selalu berpindah-pindah, mungkin karena belakangan sudah ada modal akhirnya dia membuat tempat makan yang nyaman seperti sekarang ini, yaitu di rumah mereka sendiri. Jadi, pasti berasa Balinya banget deh.

Untuk makan di tempat ini harganya sekitar Rp.25.000 (Harga bisa jadi berubah sewaktu-waktu ya, maklum biaya hidup mahal).

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Setahu saya, kebanyakan tempat makan di Bali mempunyai satu masalah yaitu masalah parkir. Jadi, memang agak susah dapat parkir kalau mau makan di tempat ini. Saya biasanya suka parkir jauh dari warung lalu jalan kaki ke tempat ini, yang paling sering saya lakukan adalah naik motor karena parkirnya agak gampang ke timbang bawa mobil – Saran saya kalau ke Ubud lebih baik naik motor karena jalan-jalan di ubud sempit-sempit dan susah parkir atau menggunakan GoCar.

Memang lokasi untuk makan di Warung ini cukup jauh, kalian harus ke Ubud dulu. Sukurnya sekarang mereka sudah ada beberapa cabang di Petitenget, Seminyak, Renon dan Uluwatu. Silahkan pilih mau makan dari tempat terdekat kalian menginap juga boleh.

Lokasi: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Ubud – Bali

Buka: Setiap Hari dari jam 8am – 6pm (Jam bisa bervariasi)

7. Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam betutu sangat terkenal sampai ke kota-kota lain. Nah, pas kalian ke Bali ada begitu banyak warung yang menjual menu ayam betutu. Dari sekian banyak warung yang menjual ayam betutu yang ada, kalian bisa mencoba Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang berada di Jalan Raya Tuban, Kuta Bali. Awal-awal saya pindah ke Bali Rumah Makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini belum ada loh termasuk pusat oleh-oleh Khrisna.

Ayam betutu Gilimanuk biasanya menyajikan ayam atau bebek yang diisi, direndam dan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dengan bumbu rempah Bali. Kemudian di masak secara perlahan-lahan di atas bara (di panggang) selama beberapa jam. Hasilnya, daging ayam bisa terasa empuk dan mudah di lepas dari tulangnya.

Satu porsi menu Ayam betutu biasanya sudah termasuk Nasi, Ayam Betutu, Plecing Kangkung, Kacang Tanah dan Sambal Matah Bali.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Di Warung ini kalian bisa memesan secukupnya saja jadi tidak perlu sampai satu ekor ayam begitu ya. Kalian bisa pesan ¼ ekor harganya sekitar Rp.33.000, ½ ekor Ayam harganya sekitar Rp.53.000 atau kalau datang rombongan bisa pesan satu ekor ayam mulai Rp.97.000 yang bisa di makan di tempat atau sambil jalan-jalan kalau kalian tidak malu.

Buat yang suka makan bebek, bisa pesan bebek betutu di sini. Saya suka makan bebek, tapi lebih baik makan ayam deh karena daging ayam jauh lebih banyak.

Lokasi: Jalan Raya Tuban No.2X, Tuban, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai dari jam 8.30am – 10pm (Jam bisa bervariasi)

8. Warung Mak Beng Sanur Bali

Kami yakin semua orang yang sedang membaca artikel ini banyak yang sudah tahu tentang warung yang satu ini. Warung Mak Beng. Warung ini terkenal dengan sup ikan dan ikan gorengnya. Sejak tahun 1941 sampai sekarang mereka hanya mempunyai satu menu saja. Warung ini cukup legendaris dan sangat di cintai oleh pecinta kuliner, termasuk saya dan istri.

Satu porsinya hanya sekitar Rp.45.000 saja (Harga bisa berubah sewaktu-waktu). Dengan harga segitu kalian sudah bisa makan nasi, satu ikan goreng, satu sup kepala ikan dan sambel khas ala Mak Beng Bali.

Warung Mak Beng Sanur Bali

Daging sup ikannya berasa empuk banget karena memang dari ikan segar tangkapan pada hari itu dan juga sudah di masak dengan waktu yang cukup lama juga. Kalau kamu makan di tempat ini tinggal bilang aja mau pesan sekian porsi. Nanti, dalam hitungan 10 menit sudah siap deh makanannya di meja makan.

Siap-siap ngantri ya, kalau makan di sini, apalagi kalau datang pas jam makan siang. Bakalan gak tenang makannya karena mau makan ngantri pas lagi makan juga gak enak kalau lama-lama duduk sambil ngobrol, kasihan sama orang-orang yang ngantri sambil berdiri (Ya, iyalah lah ngantri pasti sambil berdiri masa sambil berlari).

Oh, iya buat teman-temen yang pernah makan di sini tapi kangen makanan Mak Beng bisa mencoba masak sendiri di rumah. Silahkan lihat video ini untuk resep ikan goreng ala mak beng.

9. Sate Plecing Arjuna

Nah, buat yang suka makan sate kalian harus makan sate yang satu ini. Sate Plecing Arjuna. Mereka punya sate Babi, Sate Sapi dan sambal plecing yang nampol banget. Buat kalian yang nggak bisa makan babi bisa pesan sate Sapi juga di warung ini jadi aman terkendali.

Satu porsi sate akan mendapatkan sekitar 10 tusuk sate dengan harga Rp.26.000. Kalau mau kita bandingkan dengan sate Babi bawah pohon, sate plecing ini jauh lebih murah.

Selain menu sate, mereka juga punya menu soto dan sate sapi. Pokoknya seger banget deh sotonya. Ingat ya, kalau kalian pesan makanan di tempat ini, jangan cerewet, yang dagang judes dan galak banget. Mending pesen semua sekalian di awal daripda pakai acara nambah susulan pesanan baru.

Sate Plecing Arjuna Bali

Heran ya, kok banyak banget pedagang yang judes-judes tapi jualannya bisa laris manis! Mungkin kita kalau dagang musti judes gitu biar laris manis.

Berawal dari warung yang kecil dan sederhana Sate Plecing Arjuna kini telah menjadi salah satu kuliner Bali yang legend dan wajib kamu kunjungi. Inget ya, yang dagang judes banget pakai banget deh.

Lokasi: Jalan Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Denpasar, Bali 80232, Indonesia

Buka: Setiap hari dari jam 9am – 4.30pm (Jam bisa bervariasi)

10. Babi Guling Pak Malen

Mari-mari pecinta Babi berkumpul lagi di tempat makan yang satu ini. Warung Babi Guling Pak Malen. Warung Babi Guling ini cukup populer dan lagi naik daun. Menurut saya pribadi mungkin karena lokasinya yang bagus tepat berada di pusat keramaian dan tempat wisata makannya warung babi guling ini cepat sekali terkenal.

Soal rasa?

Kalau menurut saya secara pribadi rata-rata babi guling punya rasa yang hampir sama sih. Isi satu posrsi babi guling di tempat ini masih sama seperti di tempat lainnya ada nasi putih, daging babi guling, sosis babi, sate babi, lawar, urutan, samcam babi dan yang paling banyak di sukai wisatawan luar Bali adalah KULIT BABI, plus tambahan semangkuk kecil sup kaldu babi. Duuuh bikin suasana makan jadi tambah nikmat ini sup.

Warung Babi Guling Pak Malen

Harga untuk satu porsinya sekitar Rp.40.000 (sekali lagi harga bisa saja berubah karena biaya hidup selalu naik) dan kalau kamu mau beli babi guling satu ekor mereka jual juga di sini. Harganya sekitar Rp. 1 juta untuk satu ekornya.

Lokasi: Jalan Sunset Road No.554, Seminyak, Badung, Bali 80361, Indonesia

Buka: Setiap hari dari jam 8.30am – 7pm (Jam bisa bervariasi)

11. Bebek Tepi Sawah

Dulu orang yang bisa makan di tepi sawah adalah para petani saja, tapi sekarang orang yang ingin makan di tepi sawah adalah orang-orang kota yang rindu suasana pedesaan dan itupun harus membayar mahal. Nah, buat kalian yang sedang berlibur ke Bali dan suka makan bebek ada satu tempat namanya Bebek tepi sawah. Kalian bisa makan makanan khas Bali di tengah sawah sambil menikmati segarnya hembusan angin di persawahan Bali. Ngomong-ngomong emang beda ya hembusan angin sawah Bali sama sawah di kota-kota lain? – Serius tanya.

Ini penilaian saya ya, untuk rasa menurut saya sama saja dengan warung bebek yang ada di Bali dan yang ada di pinggir jalan. Hanya saja Warung Bebek Tepi Sawah ini mempunyai tempat yang bagus dengan pemandangan sawah dan di buat sedemikian rupa supaya orang-orang yang makan merasa nyaman dan tenang saat makan.

Makannya tidak heran kalau mulai dari orang biasa seperti saya, artis dan sampai pejabat pemerintahan juga pernah makan di tempat ini.

Untuk menunya sendiri ada banyak menu makanan yang bisa kalian pilih, tapi satu menu andalan mereka adalah Bebek Goreng yang biasanya disajikan dengan tiga macam sambal. Ada sambal goreng embe, sambal cabe merah ulek dengan tomat dan sambal matah Bali yang sudah kalian kenal.

Kalau menurut saya, makan di warung ini cukup mahal ya (buat saya loh ya). Untuk satu porsinya bisa di bandrol sekitar Rp.100.000 an dan itupun belum termasuk pajak dan lain-lainnya. Saya pernah makan bertiga sama teman saya yang dari Jogja, selesai makan harus bayar sekitar Rp.600.000 an. Antara mules dan mau nangis sih setelah bayar, karena memang untuk satu porsinya tuh gak bisa bikin kenyang buat orang yang suka makan banyak dan dompetnya pas-pasan seperti saya.

Bebek Tepi Sawah

Tapi mumpung lagi liburan di Bali dan uang juga lagi buat di habisin kenapa tidak? Duh makan bebek goreng di pecel lele pinggir jalan bisa buat makan beberapa piring tuh uang (Jiaah masih kepikiran aja sampai sekarang).

Di tempat ini kalian bisa menikmati makan siang yang menyenangkan atau makan malam yang romantis bersama pasangan, teman atau keluarga tercinta kalian. Malam hari akan ada sedikit penerangan dengan obor minyak di tepi sawah dan suara gamelan yang dipadukan dengan suara alam membuat makan malam Anda menjadi lebih menenangkan.

Lokasi: Jalan Raya Goa Gajah, Banjar Teges, Peliatan, Ubud, Bali 80571, Indonesia

Buka: Setiap hari mulai dari jam 10am- 10pm (Jam bisa bervariasi)

12. Bebek Bengil

Sesuai dengan namanya Restoran Bebek Bengil ini diambil dari nama bebek yang waktu itu datang meninggalkan jejak kaki berlumpur di restoran yang hampir selesai dibangun – Itu adalah bebek yang datang menjadi tamu pertama di restoran ini dan kemudian menjadi nama restoran “Bebek Bengil”.

Bebek bengil adalah salah satu pelopor untuk menu makanan Crispy Duck atau bahasa Internasionalnya lebih di kenal dengan nama Bebek Goreng Krispi. Dari informasi dan juga sepengetahuan kami, restoran ini jarang sekali tidak di masukin pembeli. Setiap hari pasti ada tamu yang datang membeli dan makan.

Saya sendiri suka sekali sama makanan krispi, tapi kalau bebek tidak begitu menjadi pilihan utama buat saya sih. Jika ada menu ayam dan bebek, maka saya akan lebih milih ayam karena dagingnya banyak sedangkan bebek dagingnya sedikit dan seringkali alot. Tapi bukan berarti saya tidak suka makan bebek ya ya, saya suka bebek dan bisa banget makan bebek goyeng.

Bebek bengil ini cukup populer dan mempunyai beberapa cabang yang tersebar di Bali dan di luar Bali. Saya yakin banyak diantara kalian yang sudah tahu di mana saja cabang Restoran Bebek bengil. Bebek Bengil Ubud, Bebek Bengil Nusa Dua Bali, Bebek Bengil Tangerang, Bebek bengil Epicentrum Walk Kuningan, Bebek Bengil Lippo Karawaci, Bebek Bengil Samasta dan Bebek bengil Plaza Indonesia.

Selain bisa memesan bebek krispi kalian juga bisa memesan menu lain yang ada di sini seperti Nasi Campur Bali dan Bebek sambal ijo yang rasanya gurih dan bikin nagih. Ini saya ngetik artikel ini jadi pengen makan dua porsi sekaligus.

Lokasi: Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud, Gianyar, Bali 80571, Indonesia

Buka: Setiap hari dari jam 10am – 10pm (Jam bisa bervariasi)

13. Babi Guling Ibu Oka

Kuliner Babi Guling memang salah satu menu makanan khas Bali yang paling terkenal bahkan sampai ke dunia. Nah selain Babi Guling Pak Malen kalian juga bisa makan di Warung legendaris yang satu ini Babi Guling Ibu Oka yang berlokasi di Ubud. Babi yang digunakan adalah anak Babi betina dan Babi jantan yang di beli dari peternak babi lokal. Alasannya sederhana sih. Selain mudah di dapat kalau beli di luar Bali pasti akan makan waktu dan biaya juga.

Babi yang digunakan juga bukan babi sembarangan katanya, mereka memilih anak babi yang terbaik kemudian setelah di sembelih isi perut babi di keluarkan dan kemudian di isi dengan daun ketela yang tentunya sudah di beri bumbu genep (bumbu lengkap Bali). Mantul-mantul dah makannya.

Cara memasak babi di Bali sebenarnya sama semua. Jadi, soal rasa sudah pasti bergantung selera masing-masing kita ya. Tapi memang kadang ada juga sih warung babi guling yang bumbunya kurang nendang meski cara memasaknya sama. Mungkin hanya masalah jumlah bumbu yang digunakan saja yang membedakan.

Warung babi guling bu oka

Warung Babi guling Ibu Oka saat ini punya tiga cabang sayangnya semuanya ada di Ubud. Untuk satu piring babi guling Ibu Oka harganya sekitar Rp.50.000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu ya dan biasanya cenderung menanjak terus harganya). Satu porsi Babi Guling Ibu Oka akan dapat nasi, kerupuk babi, jeroan babi. Lawar, sosis babi dan sup babi – Pokoknya serba babi dah.

Lokasi: Jalan Suweta No.1, Ubud, Gianyar, Bali 80571, Indonesia

Buka: Setiap hari dari jam 11am – 3pm

14. Sate Babi Bawah Pohon

Sekali lagi kuliner yang satu ini khusus untuk teman-teman yang bisa makan babi ya. Saya yakin banyak yang sudah tahu sate babi yang satu ini. Namanya sate babi bawah pohon karena memang jualannya di bawah pohon beringin besar – Bukan hantu loh ya.

Sate ini cukup enak dan kalau kita makan satu porsi pasti kepingin nambah lagi dan lagi. Rasanya itu bagamana ya, pokoknya susah di bayangkan deh. Enak banget.

Awal-awal jualan mereka tidak menggunakan daging babi, mereka menggunakan daging penyu (kura-kura). Belakangan penyu menjadi langka dan mulai dilindungi. Si Ibu yang dagang ini kemudian mengganti daging penyu menjadi daging babi – I lope babi pokoknya.

Sate Babi Bawah Pohon Warung Masakan Khas Bali

Sering makan sate ayam atau sate kambing kan? Nah, sate babi ini tidak pakai bumbu kacang seperti sate-sate pada umumnya. Satu piring akan dapat sekitar 10 tusuk, bumbu garam dan cabai rawit doang.

Meski Cuma cabai rawit sama garam saja, jangan salah, sekali kamu makan mata akan terbuka dan mulut akan mangap selebar-lebarnya dan rambut bakalan akan berdiri ke atas saking enaknya. Sate babi ini sudah di bumbui dan bumbunya punya cita rasa yang berbeda banget dengan sate-sate lainnya deh.  

Ingat ya, sate babi bawah pohon ini sekarang lokasinya sudah pindah dari tempat yang lama ke tempat yang baru.

Lokasi: Jl. Dewi Sri IV Jl. Campuhan I, Legian – Bali

Buka: Setiap hari dari jam 8am – 9pm

15. Warung Babi Guling Sari Dewi Pak Dobiel

Warung babi guling Pak Dobiel ini masuk dalam kategori populer di kalangan wisatawan. Buat yang belum pernah ke sini wajib banget mampir ke warung ini terlebih dahulu sebelum makan babi guling di tempat lain. Kalau boleh jujur, ini adalah warung babi guling kesukaan nomor satu saya sama istri – langganan karena deket banget dari pondok tempat kami tinggal.

Kalau kalian kepingin makan babi guling Bali asli yang sampai hari ini menjaga ke-authentican cita rasa babi guling yang sesungguhnya ya di sini. Kalau warung babi guling yang lainnya kebanyakan sudah di sesuaikan dengan lidah para wisatawan yang datang berlibur ke Bali – Pokoknya rasa babi guling Pak Dobiel Don’t cry banget!

Warung Babi Guling Sari Dewi Pak Dobiel

Kalau pas lagi musim liburan tiba, orang-orang yang makan di sini kebanyakan meme-meme, koko-koko dari surabaya dan jakarta yang kalau pesen makanan berisik gitu. Ada yang pernah merhatiin gak kalau pas lagi makan di tempat ini hehehehe…

Buka warung babi guling ini dari pagi sampai sore. Cuma satu kelemahan warung ini adalah tempat parkirnya tidak ada. Jadi saran saya kalau kalian mau makan di sini mending naik Grab atau GoCar aja biar gak pusing cari parkiran. Atau kalau mau jalan kaki dikit, kalian parkir di Jl. By Pass Nusa dua sebelum masuk gang warung Pak Dobiel lalu jalan kaki. Gak jauh kok, ini cara yang saya lakukan kalau makan di sini bawa mobil. Kalau bawa motor gampang, masih bisa parkir di dalam warungnya.

Lokasi: Jl. Srikandi No.9, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Buka: Setiap hari dari jam 10am – 4pm

16. Nuri’s BBQ Pork Ribs

Masih serba babi dan babi. Buat yang suka banget dengan babi kalian musti cobain makanan yang satu ini. Di Nuris’s sendiri ada banyak sekali menu makanan yang bisa kalian pesan tapi yang selalu di pesan orang adalah BBQ Pork Ribs yang di baluri saus kecap manis.

Sebenarnya ini bukan 100 persen makanan khas Bali sih kalau menurut saya, tapi karena tempat ini cukup populer dan selalu menjadi tujuan kuliner orang kalau sedang berlibur ke Bali jadi saya memasukkan warung Iga Bakar yang cukup terkenal ini.

Pertama kali buka di Ubud dengan warung yang cukup kecil waktu itu. Sekarang sudah terkenal mereka mempunyai beberapa cabang di Seminyak dan Jimbaran.

Saya dan istri pernah makan di Nuri’s Jimbaran dan Ubud. Rasanya emang enak dan nagih banget. Kita biasanya pesan Iga Babi bakar dan kentang plus minum.

Ingat ya kalian bisa pesan menu lainnya tapi saran saya cobain menu andalan dan populer di sini yaitu Iga Babi Bakar Nuri’s (Naughty Nuri’s).

Satu porsi sekitar Rp.159.000 dan saya yakin makan di sini di jamin puas bahkan setelah pulang kalian akan terngiang-ngiang mau balik lagi ke sini.

Lokasi: Jalan Mertanadi No. 62 Kerobokan Seminyak, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali 80361

Buka: setiap hari mulai dari jam 11am – 10pm

17. Warung Nasi Ayam Ibu Oki

Kalau kalian pernah makan nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, kalian juga harus coba nasi ayam Ibu Oki. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku sejajar dengan Nasi Ayam Ibu Oki. Menu yang mereka sajikan juga hampir sama persis 90 persen ya.

Satu piring isinya hampir sama dengan nasi ayam Kedewatan tapi ada perbedaan yang cukup kelihatan dari masing-masing nasi ayam ini. Kalau nasi ayam Ibu Oki lebih banyak menggunakan bumbu rempah-rempah untuk bumbu ayam betutunya dan rasa pedasnya jauh lebih kerasa. Bisa merasakan perbedaannya tidak?

Warung Nasi Ayam Bu Oki Warung Masakan Khas Bali

Nasi Ayam Ibu Oki sekarang sudah mempunyai beberapa cabang Jimbaran, Tuban, Nusa Dua dan GWK. Silahkan mampir ke salah satu warung Ibu Oki yang deket sama penginapan kalian ya. Saya sama istri sering makan yang di GWK dan yang di Jimbaran. Satu porsinya sekitar Rp.25.000. Kalau dibungkus bisa langsung bilang mau yang Rp.10.000 atau yang Rp.15.000 (Banyaknya sama yang membedakan adalah lauk yang Rp.15.000 lebih banyak).

Lokasi: Jl. Celagi Basur No.3Y, Jimbaran – Bali

Buka: Buka setiap hari mulai dari 8am – 9pm (Masing-masing cabang beda-beda tutupnya ya)

18. Warung Liku

Mau makan nasi ayam betutu yang murah banget tapi kenyang sampe ngeek? Silahkan menuju warung liku. Di warung ini Nasi Ayam Betutunya Don’t Cry Banget! Di jamin seneng deh kalau kalian makan di tempat ini.

Lokasinya juga gak jauh-jauh amat dari kuta pokoknya deket banget sama sunset road. Kalau bingung suruh abang-abang GoCar anterin kamu pasti tahu deh.

Warung Liku Warung Masakan Khas Bali

Dengan uang Rp.15.000 sudah bisa makan kenyang, makan nasi ayam betutu yang di siram kuah bumbu genep yang sangat pekat. Wadddoooooh jadi lapar deh nulis ini.

Untuk yang tidak suka makan pedes pastikan punya air minum cadangan buat minum ya. Oh iya, kalau kalian mau bungkus Ayam Betutu Utuh juga bisa loh, buat di bawa sebagai oleh-oleh makanan khas Bali. Harganya juga tidak mahal-mahal amat. Satu ayam betutunya di hargai sekitar Rp.65.000.

Lokasi: Jalan Nakula No.19A, Seminyak – Bali

Buka: Setiap hari mulai dari jam 9am – 3pm

Nah, sekarang pasti sudah membuat daftar kuliner mana aja yang mau di kunjungin khan pas liburan besok?

Sebenarnya masih banyak kuliner Bali yang menyajikan Makanan Khas Bali yang tidak diliput oleh blogger dan Youtuber, tapi yang saya masukkan ke dalam daftar ini adalah kuliner wajib yang harus di kunjungi saat berlibur ke Bali. Kapan-kapan saya akan kasih tahu kalian kuliner Bali yang tidak pernah di kunjungi oleh wisatawan yang berlibur ke Bali.

Nanti kasih tahu MY BALI STORY dalam bentuk cerita ya, supaya cerita kalian bisa kami masukkan ke dalam website MY BALI STORY ini.

Kalau kalian suka dengan artikel Mampir Ke Warung Masakan Khas Bali Saat Liburan ke Bali ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika kalian ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, atau kalian suka menulis, silahkan kirimkan artikel kalian ke My Bali Story yang dilengkapi dengan foto-foto dan dapatkan IMBALAN UANG HINGGA JUTAAN RUPIAH setiap bulannya. Baca lengkap keterangannya di sini!

Artikel Menarik Lainnya:

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *