skip to Main Content
Panduan Liburan Ke Bali Untuk Yang Pertama Kali Tiba Di Bali

Panduan Liburan ke Bali Untuk Yang Pertama Kali Tiba di Bali

Pertama kali tiba di Bali bisa menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan dan berkesan. Sebelum tiba ke Bali mungkin Anda mencari sebanyak mungkin informasi. Saat tiba di Bali Anda hanya perlu tahu harus memulai dari mana. Meskipun kadang Anda sudah mendapatkan banyak informasi sering kali akhirnya membuat Anda bingung. Apa yang harus kamu lakukan saat pertama tiba di Bali? Jika kamu bisa mendapatkan sebanyak mungkin informasi dan menyusunnya menjadi jadwal perjalanan yang seru menurut selera kamu, kenapa tidak.

Kami membuat Panduan Liburan ke Bali ini untuk membantu Anda mendapatkan informasi terbaik dari kunjungan pertama Anda di Pulau Liburan yang paling favorit di dunia. Ya, Bali menjadi salah satu pusat pariwisata yang ada di Indonesia dan tentu saja ada beberapa alasan yang membuatnya begitu.

Bali memang menjadi surganya para pecinta pantai dan peselancar. Semuanya di kemas dalam bentuk tempat wisata yang menarik. kemanapun Anda melangkahkan kaki di Bali Anda akan menemukan pura, istana dan juga landmark untuk Anda jelajahi.

Di tempat Anda menginap entah itu Hotel atau penginapan kecil, Anda bisa menemukan tempat perbelanjaan dengan harga yang murah. Memang untuk pendatang (wisatawan) tentu ada harga yang sedikit berbeda, jadi Anda harus pintar-pintar menawar, khususnya bule (sebutan untuk orang asing dari negara lain tapi tidak untuk orang asia)

Memang ada begitu banyak hal yang bisa Anda nikmati dan kunjungi, tetapi dengan waktu yang terbatas tentu tidak semua tempat bisa Anda kunjungi, di sinilah kami mencoba mempersempit pilihannya untuk Anda. Dengan pengalaman selama tinggal di Bali kami mencoba membuat panduan menurut versi kami, tentu saja Anda bisa mendapatkan dan mengunjungi tempat-tempat terbaik saat Anda pertama kali tiba di Bali sesuai dengan keinginan Anda.

Saat pertama kali Anda tiba di Bali, informasi ini akan membuat perjalanan Anda ke Bali menjadi senyaman mungkin, berikut ini adalah beberapa informasi umum yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda berangkat ke Bali.

Panduan Liburan ke Bali Saat berada di Bandara

Saat Anda berada di bandara usahakan untuk menghindari hal-hal yang bisa merepotkan dan membingungkan Anda. Untuk Anda yang sudah di jemput dari hotel tentu tidak akan bingung dari airport mau naik apa dan berapa biayanya. Buat yang belum di jemput Anda bisa memesan Taxi airport dengan harga yang sudah ditentukan berdasarkan lokasi tempat Anda menginap.

Ketika Anda berjalan di sepanjang jalan bandara akan ada banyak supir taxi resmi bandara dan juga supir taxi yang mangkal di bandara, jika Anda memilih tidak menggunakan supir taxi resmi bandara, harga yang mereka tawarkan bisa jadi lebih murah atau bisa jadi lebih mahal, yang pasti menggunakan jasa transport mereka juga aman dan nyaman.

Selain itu Anda juga bisa memesan Taxi online (Grab atau Gojek) saat Anda tiba di airport. Jika sinyal handphone Anda susah silahkan Anda berjalan ke arah luar parkiran atau ke arah luar bandara untuk mendapatkan sinyal saat ingin memesan grab atau gojek. Anda juga bisa berjalan menuju luar ariport agar lebih mudah memesan taxi online.

Transportasi

Transportasi di Bali sangat beragam dan memiliki banyak rasa, beberapa supir akan lebih ramah kepada para turis mancanegara ketimbang turis lokal, meskipun tidak semua seperti itu. Anda bisa berkeliling kota Bali dengan berjalan kaki, naik sepeda gayung, sepeda motor sewaan, taxi konvensional, taxi online ataupun naik ojek online. Selain sepeda motor sewaan Anda juga bisa menyewa mobil dengan supir sendiri atau plus supirnya, tinggal pilih saja karena hampir di setiap sudut kota Bali banyak penyewaan mobil dan motor.

Jadi kalau saya masukkan ke dalam satu daftar list maka transportasi di bali adalah:

  • Trans Sarbagita
  • Komotra
  • Bus kura-kura
  • Taxi konvensional
  • Taxi online
  • Ojeg Online
  • Sewa Motor
  • Sewa Mobil

Sayangnya di Bali tidak seperi di kota-kota lain yang memiliki angkutan umum mulai dari yang kecil sampai yang besar (bus) yang hampir setiap menit selalu ada. Di Bali jika Anda ingin naik angkutan umum seperti bus sarbagita maka Anda harus menunggu paling lama 30 menit sampai satu jam. Cukup lama ya? Ini di sebabkan karena Bali tidak memaksimalkan angkutan umumnya dan masyarakat Bali juga sudah terbiasa berpergian dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, jadi jangan heran kalau motor sangat banyak di kota ini, bahkan sejak dari kecil anak-anak baik lelaki dan perempuan sudah diajarkan untuk naik motor.

Mata Uang (Currency)

Indonesia menggunakan mata uang Rupiah (IDR). Meskipun beberapa harga makanan dan barang kadang menggunakan USD Anda akan dikenai biaya dengan Rupiah (IDR)

Uang kertas Indonesia Indonesia di mulai dengan IDR. 1.000, IDR. 2.000, IDR. 5.000, IDR. 10.000, IDR. 20.000, IDR. 50.000 dan IDR. 100.000. Sedangkan untuk uang koin di mulai dari IDR. 100, IDR. 200, IDR. 500 dan IDR. 1.000.

Bahasa

Bahasa yang digunakan di Bali adalah bahasa Indonesia (bahasa) dan bahasa Bali, Bahasa Inggris adalah bahasa ke tiga. Karena Bali adalah kota pariwisata maka banyak orang Bali harus bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan para wisatawan. Kebanyakan dari orang yang tinggal di Bali bisa bahsa inggris dengan tingkat sedang atau kurang begitu baik dan beberapa lainnya dengan tingkat yang cukup baik.

Steker Listrik

Di Bali dan Indonesia Anda akan menggunakan 2 pin soket dan colokan seperti yang digunakan di sebagian besar Eropa. Apakah Anda mau tinggal di Hotel atau di Villa pribadi Anda bisa bisa meminta adaptor jika memang membutuhkannya. Pinnya bulat tidak rata atau persegi panjang seperti yang digunakan di negara lain.

  • Tegangan: 230 V
  • Frekuensi: 50 Hz
  • Soket daya: tipe C/F

Internet dan Konektivitas

Jika Anda berada di Indonesia sebaiknya Anda menggunakan kartu SIM lokal prabayar. Ini adalah pilihan yang terbaik menurut saya jika Anda tetap ingin terhubung dengan internet. Harga SIM Cards di bali sangat murah dan terjangkau. Anda tidak perlu membayar roaming. Dengan 10 USD atau 15USD Anda sudah bisa menggunakan internet selama 30 hari dengan kapasitas 4GB – 6GB. SIM Cards lokal bisa Anda gunakan di handphone Anda selama itu tidak terkunci. Anda bisa membeli SIM Card di jalan-jalan yang sering dilalui oleh turis. Jika Anda mau lebih meluangkan waktu Anda bisa membelinya di toko-toko kecil yang jauh dari keramaian turis dengan harga yang lebih murah. Ini mudah dikenali karena setiap toko biasanya ada banner atau logo di depan toko penyedia.

Cuaca dan Musim

Di Bali cuacanya panas dan lembab sepanjang tahun dengan suhu rata-rata 30 ° C dan hujan bisa turun kapan saja. Selama kami tinggal di Indonesia (Bali) memang ada musim-musim khusus untuk hujan turun. Hujan di Bali biasanya deras dan kadang kecil, tetapi hujan di Bali tidak sampai berhari-hari, biasanya hujan turun hanya dalam waktu singkat saja.

Biasanya banyak orang berlibur ke Bali pada bulan Juli dan Agustus, Liburan paskah, Natal dan Tahun baru (Bulan Desember – Januari minggu pertama) ini adalah waktu ketika Bali sangat ramai dengan wisatawan. Jika Anda ke Bali pada saat hari raya Idul Fitri maka Anda akan melihat sepanjang jalan sepi dari kendaraan dan banyak toko makanan yang tutup. Karena orang jawa (perantau) khususnya yang beragama muslim akan pulang ke kampung mereka untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Buat saya ini adalah saat di mana saya bisa berkendara dengan santai tanpa kemacetan di kota Bali.

Importan Numbers

  • Main Emergency: 112 (Seperti 911)
  • Ambulance: 118
  • Search & Rescue: 111, 115, 151
  • Polisi: 110
  • Fire Dept: 113

Pastikan untuk menggunakan kode negara dan juga wilayah, tergantung dari kartu SIM Cards ponsel apa yang Anda gunakan saat ini. Misalnya +62 (0) – 361-112

Sekilas Tentang Bali

Saat berada di Bali Anda mungkin akan sering melihat pemangku dalam setiap upacara yang diadakan di Bali. Seain itu Anda akan melihat adat istiadat Bali dan perayaan-perayaan yang masih terus dilakukan hingga hari ini. Budaya mereka masih terasa dan terus di jaga sejak berabad-abad lamanya. Jangan lupa untuk mengabadikannya dalam kamera Anda dan share pengalaman liburan Anda kepada My Bali Story.

Yang Baik Tentang Bali.

  • Pantai-pantai yang indah dan world-class surf.
  • Pemandangan pegunungan yang indah.
  • Memiliki banyak atraksi budaya dan juga perayaan-perayaan.
  • Pilihan makanan yang beragam, tempat berbelanja dan kehidupan malam yang sangat bervariasi
  • Hotel dan vila yang indah dan sangat mengesankan dengan harga sesuai dengan kantong kantong Anda masing-masing.
  • Bahasa inggris digunakan di Bali, meskipun tidak semua penduduknya fasih, termasuk saya 🙂

Yang Kurang Baik Tentang Bali

  • Beberapa daerah masih ada yang kekurangan infrastruktur.
  • Lalu lintas di Bali kadang menjadi tidak terduga (ada rombongan upacara yang berjalan, banjir, jalan yang harus memutar dll)
  • Tahun baru dan Malam Sebelum Nyepi di Bali akan sedikit berbeda karena biasanya di beberapa pos kamling atau tenda-tenda yang dibangun sementara (ada di gang dan pingir-pingir jalan), biasanya akan dipasangi speaker dan alat musik. Mereka akan MENYETEL MUSIK DENGAN SANGAT KERAS sepanjang hari, jika Anda tinggal di villa, hotel, guest house atau kos-kosan yang dekat dengan tempat seperti itu maka siap-siap mengalami stress mendengarkan suara house musik atau musik yang terdengar seperti galon dan drum yang dipukul-pukul sepanjang hari, dibeberapa tempat tertentu ini bisa sampai 2 hari lamanya tanpa henti. Menurut saya cepat atau lambat ini akan sangat menggangu Pariwisata Bali. Bahkan sebelum dan setelah hari Raya Nyepi beberapa daerah ada yang membunyikan musik yang sama (di Pos dan beberapa tempat untuk nongkrong bahkan sampai ada yang memasang tenda) dan biasanya orang-orang mendengarkan musik dengan sangat keras sambil minum-minum di tempat itu.
  • Jika Anda ingin tinggal di Bali dan mencari rumah atau tempat tinggal sebaiknya Anda tanya orang sekeliling yang tinggal di sana, Apakah ada orang-orang yang suka menyetel musik dengan suara yang keras? Atau Anda bisa mencoba tinggal di sana selema 1 bulan untuk melihat situasi tentang masalah musik, karena kalau Anda membeli dan menyewa rumah di dekat orang-orang yang seperti ini akan menggangu Anda istirahat dan biasanya ini berlangsung seumur hidup. Jadi saran kami sebelum Anda terlanjur membeli dan menyesal kemudian sebaiknya lihat sendiri situasinya dan tanya orang-orang sekitar tentang masalah serius ini.

Ok mari saya akan tunjukkan kepada Anda beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi saat pertama tiba di Bali.

1# Melihat Matahari Terbit dan Tenggelam

Saat pertama tiba di Bali biasanya Anda akan langsung diantar ke tempat penginapan. Jika lokasi penginapan Anda tidak jauh dari kuta dan sanur Anda bisa melihat matahari terbit dan tenggelam. Jika Anda tiba sebelum matahari terbit cobalah langsung melihat matahari terbit di pantai sanur. Sedangkan kalau Anda ingin melihat matahri terbenam silahkan menuju pantai kuta.

2# Kuliner Bali

Kalau Anda lapar dan ingin makan, maka makanan khas Bali yang sangat terkenal ini patut Anda coba dan tidak boleh dilewatkan. Ayam Betutu dan Nasi Jinggo. Ayam betutu ini banyak banget penjualnya di Bali, jadi kamu bisa pilih mau yang dimana, beberapa yang terkenal adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk. Kalau Nasi Jinggo ini paling seru makannya malam hari. Biasanya banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Ini mirip dengan nasi Angkringan atau nasi kucingnya Jogjakarta. Kalau mau kenyang musti makan beberapa bungkus. Beda dengan Nasi Jinggo dengan nasi kucing Jogjakarta adalah Nasi Jinggo tidak ada tempat untuk makan di tempat, jadi kalau mau makan di tempat ya musti nongkrong di pinggir jalan gitu. Memang Nasi Jinggo ini di rancang untuk dibawa pulang. Baca Tempat Makan Favorit di Bali.

3# Kepang Rambut, Temporary Tatoo di Pantai Kuta

Saat ke Pantai Kuta wajib hukumnya untuk mengkepang rambut seperti kelabang. Kalau kata Orang belum ke Bali kalau belum mengkepang rambut di pantai. Harga untuk mengkepang rambut sangat bervariasi, namanya orang cari duit pasti mau untung banyak, jadi kamu harus berani menawar, tenang aja kalau kamu tamu lokal harganya tidak terlalu mahal kok, tetapi kalau kamu tamu asing patut waspada dan harus berani menawar harga.

Selain itu kepang rambut Anda juga bisa membuat temporary tatoo. Gambar dan juga tulisannya bisa sesuai dengan permintaan. Anda juga bisa mewarnai kuku (kutekan). Sebelum kuku di kutekin biasanya mereka akan membersihkan kuku dan menghilangkan kulit-kulit kasar yang ada di sekitar kuku supaya hasil yang di dapat bisa bagus. Saat mereka membersihkan kulit kasar dan mewarnai saya jamin Anda akan merasa nikmat, rileks dan ngantuk.

4# GWK Patung Garuda Wisnu Kencana

Patung Tertinggi ke-3 di Dunia. Kamu tidak usah ke luar negeri untuk melihat patung tertinggi yang ada di dunia, karena Bali mempunyai patung Garudan Wisnu Kencana yang katanya no 3 tertinggi di dunia. Patung ini menjadi icon pariwisata Bali dan Indonesia.

5# Foto di Hard Rock Cafe Bali

Foto wajib di kuta adalah di depan Hard Rock Cafe Bali. Saya masih ingat pertama kali saya berlibur ke Bali sewaktu saya masih kuliah. Saya berfoto di Hard Rock Cafe Bali. Biasanya untuk berfoto di sini kita harus mengantri dan bergantian dengan wisatawan yang lain.

6# Nonton Tari Kecak di Uluwatu

Berlibur ke Bali rasanya belum lengkap kalau belum pernah ke objek wisata yang satu ini yaitu menonton pertunjukan tari kecak di Uluwatu Bali. Memang untuk menonton tari kecak uluwatu Anda bisa menonton di beberapa tempat seperti GWK, Ubud dan Uluwatu. Saya lebih menyarankan untuk ke uluwatu, karena selain bisa melihat tari kecak di sini Anda juga bisa melihat ujungnya Bali dengan pemandangan laut (sunset). Tarian kecak di sini di mainkan oleh sekitar 50 orang jadi pasti akan seru sekali.

7# Tanah Lot Bali

Bali terkenal dengan tanah Lotnya, jadi ini adalah salah satu tempat wajib yang harus kamu kunjungi kalau ke Bali pertama kali. hampir setiap hari tempat wisata ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pura di uluwatu dibangun di dua tempat yang berbeda. Satu pura dibangun di atas sebuah bongkahan batu yang sangat besar dan pura satunya lagi dibangun di ujung tebing yang mirip dengan pura yang ada di uluwatu Bali. Informasi Lengkap Tentang Tanah Lot Bali baca di sini!

8# Bedugul Bali

Tempat yang juga wajib banget dikunjungi adalah bedugul Bali. Ini adalah kebun rayanya Bali. Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Bali. Di sekitar kawasan wisata bedugul Anda juga bisa ke objek wisata Pura Ulun danu Danau Beratan. Ini menjadi salah satu icon wisata di Bali, Kebun Strawberry, Pasar Tradisional Candi Kuning dan Joger Luwus, ini adalah tempat untuk membeli oleh-oleh khas Bali.

8# Joger Bali

Pulang dari Bali pasti harus beli oleh-oleh dong, salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Joger Bali Pabrik kata-kata yang nyleneh khas Bali. Kaos – kaos yang akan kamu beli di sini sangat lucu dan unik-unik.

9# Erlangga Bali

Salah satu pusat oleh-oleh khas Bali yang lebih dahulu terkenal sebelum Krisna adalah Erlangga Bali. Jadi kalau kamu yang sudah pernah ke Bali dan di antar beli oleh-oleh ke krisna Bali cobalah juga mampir ke Erlangga Bali. Kamu bisa bandingkan harganya dengan tempat ini. Di jamin jauh lebih murah, selain itu ini adalah pelopor Pusat oleh-oleh pertama di Bali.

10# Pasar Seni Sukawati

Sebelum ada pasar oleh-oleh modern seperti Erlangga dan Krisna Sukawati adalah salah satu pusat oleh-oleh khas Bali. Serunya belanja di sini adalah kita bisa tawar menawar harga. Memang sih kalau kita bandingkan dengan pusat oleh-oleh modern hampir tidak jauh beda, yang membuat saya suka belanja di sini adalah seni tawar menawar dan mengenang masa di mana pusat oleh-oleh modern.

Waktu pertama kali Anda tiba di Bali bisa berkesan dan menjadi moment yang tidak akan pernah terlupakan. Anda hanya perlu mencari sebanyak mungkin informasi tentang Bali, harus mulai dari mana, menginap di mana dan naik transport apa saat di Bali. Melalui website ini kami mencoba menyajikan informasi yang mungkin bisa menjadi pemandu Anda di Bali. Website ini lahir dari kecintaan kami akan Bali, kecintaan kami untuk berbagi hal-hal yang baik kepada siapa saja termasuk Anda. Selamat Berlibur di Bali.

Jika kalian suka dengan artikel ini bantu kami share artikel ini kepada kenalan kalian dan follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika Anda ingin mengabadikan moment liburan Anda atau ingin Prewedding dan Menikah di Bali Anda juga bisa menggunakan jasa Fotografer di Bali yang bekerja sama dengan My Bali Story. Kalau Anda Ingin Sewa Mobil di Bali dengan Supir selama liburan di Bali juga bisa, selain itu kami juga siap membantu Anda yang ingin menitip dibelikan barang-barang atau oleh-oleh yang ada di Bali.

Silahkan hubungi kami melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Jangan lupa dukung kami dengan memberikan Donasi di halaman ini yang akan membantu kami untuk terus bisa memberikan informasi bermanfaat seperti membuat artikel, review hotel, villa, penginapan murah, membuat video, blog dan beberapa hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *