skip to Main Content
Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Travelling

Daftar Kamera Mirrorless terbaik untuk Travelling – Pilihan untuk semua budget

Kamera Mirrorlessterbaik untuk Travelling – Mungkin beberapa dari antara Anda, ada yang merasa lelah dan capek kalau membawa-bawa kamera besar saat travelling atau liburan ke Bali? Jika ya, Upgrade cara Anda mengambil foto dengan beralih untuk menggunakan salah satu kamera mirrorless terbaik untuk travelling!

Dalam beberapa menit ke depan ini saya akan membahas tentang DaftarKamera Mirrorlessterbaik untuk Travelling dengan harga yang sangat terjangkau.

Kamera mirrorless adalah sebuah standar baru dalam dunia digital photography, dan khususnya untuk travel photography. Apakah Anda seorang photographer profesional, pemula atau seseorang yang hanya ingin mengabadikan semua momen terbaik Anda saat travelling, Camera Mirrorless sekarang sudah menjadi sebuah pilihan utama bagi siapapun yang ingin membeli kamera baru.

Dengan fitur yang lebih canggih, teknologi baru yang modern dan kamera yang lebih ringkas, ringan, kini kamera mirrorless sudah menjadi pilihan utama bagi para travel photographer di seluruh dunia. Sekarang banyak orang menyebut kamera DSLR seperti dinosaurus – karena bentuknya yang besar.

Banyak orang yang mengatakan, kamera handphone sekarang sudah hebat dan bagus-bagus, selain bisa digunakan untuk mengambil foto juga bisa digunakan untuk mengambil video dengan kualitas yang cukup baik. Meskipun hal itu benar, tetapi kita tidak bisa membandingkan hasil yang di dapat dari kamera mirrorless dengan kamera handphone.

Meskipun semua kamera terlihat bagus secara desain dan sesuai dengan gaya kita, ternyata memilih kamera mirrorless untuk travelling atau membuat video vlog YouTube tidak mudah loh. Ada begitu banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, seperti feature set, kemudahaan penggunaan (easy of use), pilihan lensa, dan yang paling penting dari itu semua adalah soal – harga.

Saya memang bukan seorang Photografer, saya juga bukan orang yang ahli dibidang dunia foto dan video. Saya hanya suka motret dan membuat video saja. Selain itu, saya dulu pernah bekerja di video production house di Bali, jadi sedikit banyak saya tahu soal itu – meskipun hanya dasar-dasarnya saja.

Melalui sarana website ini, saya ingin membagikan beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kamera mirrorless dan bagaimana kamera ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari setiap petualangan Anda. Saya mungkin juga akan memberikan sedikit pandangan atau saran dalam memilih beberapa model kamera yang paling populer kepada Anda.

Berikut ini adalah daftar kamera mirrorless terbaik yang di jual di pasaran!

Jika Anda Terburu-buru ingin Membeli Kamera

Kadang-kadang kita harus segera membeli kamera hari ini juga atau beberapa hari lagi karena kebutuhan yang mendesak. Di toko kamera ada banyak sekali pilihan model kamera mirrorless yang sering kali ini menyulitkan kita untuk memilih salah satu yang paling baik dan cocok untuk kita. Percayalah, Anda tidak akan kehabisan merek, model dan fitur kamera. Tapi yang mana dari semua kamera mirrorless itu yang paling bagus dan cocok untuk Anda beli?

Jika memang waktu Anda sedikit dan Anda sudah tidak sabar untuk memiliki sebuah kamera mirrorless, Anda juga tidak punya waktu banyak untuk memilih dan menyaring mana kamera yang baik dan kurang baik, melalui panduan ini saya akan memberikan beberapa daftar kamera mirrorless top pilihan saya, berdasarkan kinerja, kualitas dan ergonomi:

  • Fujifilm X-T30 – Secara keseluruhan ini kamera Mirrorless Terbaik
  • Sony Alpha A6000 – terbaik untuk semua budget orang
  • Canon EOS M200 – Best Compact Travel Camera
[wptb id=755]

Apa sih Kamera Mirrorless itu?

Saya rasa semua orang sudah tahu tentang kamera mirrorless, sebenarnya kamera mirrorless adalah kamera yang tidak menggunakan mirror untuk merekam gambar.

Sedangkan kamera DSLR menggunakan mirror untuk memantulkan gambar ke dalam jendela bidik (sehingga Anda bisa melihat gambarnya tidak terbalik), dan kemudian cermin itu akan membuka dan menutup dengan sangat cepat, sehingga cahaya bisa masuk melewati lensa ke sensor dalam kamera.

Mungkin masih banyak yang ingat kalau dulu orang akan mengambil foto dia akan mengintip menggunakan lensa bidik kecil yang ada atas kamera? Nah kamera mirrorless tidak memerlukan kamera bidik seperti itu, dia bisa langsung dilihat dengan menggunakan monitor kecil yang ada di kamera. Jadi foto atau video bisa Anda ambil langsung tanpa ‘penghalang’ antara jendela bidik (viewfinder) dan sensor kamera.

Karena kamera DSLR membutuhkan banyak ruang di dalam kamera maka sejak adanya kamera mirrorlessm kamera menjadi lebih kecil ukurannya.

Itulah yang membuat kamera mirrorless sangat sempurna untuk travel photography dan Profesional Photography.

Kamera DSLR vs Kamera Mirrorless, Apa perbedaannya?

Secara singkat saya sebenarnya sudah menjelaskan tentang perbedaan kamera DSLR dan kamera Mirrorless di atas. Mungkin di bagian ini saya akan coba menjelaskan agak detail tentang perbedaan dari kedua kamera ini.

Zaman dulu, sebelum munculnya kamera mirrorless, ketika ingin terjun dalam dunia fotografi kita pasti akan memilih kamera DSLR. Semakin maju zaman semakin maju juga perkembangan teknologi di bidang kamera sampai bisa membuat kamera mirrorless yang dari hari ke hari penggunanya semakin banyak dan teknologinya juga semakin di sempurnakan.

Perbedaan mendasar dari kamera DSLR dan Mirrorless menurut saya terletak pada sistem pengambilan gambarnya. Kamera digital single lens reflex atau yang di singkat DSLR di dalam kameranya menggunakan sebuah cermin yang terletak di dalam body kamera yang berfungsi untuk memantulkan cahaya yang masuk ke dalam prisma yang kemudian bisa kita lihat dari viewfinder. Ketika Anda memencet tombol shutter, pada kamera DSLR, cermin di dalam kamera akan terbalik lalu rana akan membuka dan saat itu juga cahaya akan langsung masuk ke dalam sensor kamera yang kemudian akan menangkap dan meciptakan sebuah gambar yang kita sebut dengan foto.

Sedangkan di sistem kamera Mirrorless tidak menggunakan sebuah mirror atau cermin. Jadi pada saat Anda menggunakan kamera mirrorless, ketika Anda mulai mengambil gambar, cahaya yang masuk akan sama seperti kamera DSLR melewati lensa tetapi langsung ke bagian sensor kamera yang akan menampilkan pratinjau gambar di layar LCD kamera atau pada bagia elctronic viewfinder yang di singkat dengan EVF.

Selain hal-hal yang sudah saya sebutkan di atas, ada hal lain lagi yang membedakan kamera DSLR dan Mirrorless. Semua kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh masing-masing kamera akan mempengaruhi pilihan dan juga hasil gambar.

Tambah penasaran pengen tahu apa saja, yuuk simak artikel yang saya buat di bawah ini!

1. Fisik dan Fitur

Kalau kita lihat dari segi body, sudah pasti kita akan melihat perbedaan yang sangat jelas antara kamera DSLR dan Mirrorless. Kamera DSLR mempunyai body kamera yang cukup besar dan biasanya berat, pegel juga kalau berlama-lama pegang kameranya. Bodynya besar karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya di atas, kamera DSLR mempunya cermin dan prisma yang membutuhkan ruang penempatan yang cukup besar – memakan ruang.

Sebenarnya body yang besar ini menurut saya tidak begitu merugikan amat buat semua orang khususnya mereka yang mempunyai tangan yang besar sudah pasti menggunakan kamera ini akan terasa mantab dan pas saat menekan tombol pengaturan yang ada di kamera. Selain itu, biasanya kita membutuhkan lensa yang mempunyai ukuran yang lebih panjang dan besar. Jika kita menggantinya dengan lensa yang besar maka body kamera yang besar bisa membantu membuat keseimbangan yang baik antara berat lensa yang kita gunakan dengan berat kameranya.

Kamera Mirrorless mempunyai body kamera yang sangat kecil dan ramping, ibarat seorang wanita asia, kamera mirrorless ini seperti seorang meme-meme yang putih, langsing dan sexy. Bentuk body kamera yang compact seperti ini banyak memberikan keuntungan bagi banyak orang. saya sendiri merasakan kamera menjadi lebih ringan, simpel dan mudah di bawa ke mana-mana atau lebaih tavel-able. Dari segi tombol pengaturan yang ada di kamera, tombol di kamera mirrorless lebih sederhana dan mudah untuk digunakan apalagi buat mereka yang masih baru dalam dunia fotografi.

2. Autofokus sangat cepat

Kamera DSLR – Kamera DSLR menggunakan yang namanya phase detection AF, Fitur ini bekerja melalui optical viewfinder (lubang bidik), pada saat cermin kamera menghadap ke bagian bawah. Kenapa kamera DSLR bisa cepat memberikan fokus pada lensa? karena phase detection AF langsung membandingkan dua versi obyek yang ingin di ambil dari dua sudut yang berbeda sekaligus.

Tetapi, pada saat kamera DSLR menggunakan live view AF atau akan melihat dan mengambil gambar dengan menggunakan layar LCD yang ada di kamera, fitur phase detection AF kamera DSLR kurang berfungsi dengan baik malah menurut saya tidak bisa berjalan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ini di sebabkan karena cermin kamera menghadap ke bagian atas. Menurut saya, kamera DSLR mempunyai keunggulan dalam hal phase detection AF untuk pengambilan gambar pada obyek yang bergerak, contohnya seperti pada saat pengambilan gambar sport dan wildlife.

Kamera Mirrorless – Kamera mirrorless menggunakan fitur contrast detect AF, cara kerjanya adalah sensor kamera akan langsung mengukur titik kontras pada bagian yang paling tinggi untuk menentukan fokus lensa. Kebalikan dari kamera DSLR fitur ini membuat AF yang ada di kamera mirrorless bekerja lebih lambat.

Tetapi semakin ke sini kamera mirrorless mulai memperbaiki dan mengejar ketertinggalan AF mereka. Sekarang kamera mirrorless mempunya sistem hybrid AF. Sistem hybrid AF ini sebenarnya sebuah penggabungan dari sistem phase detection dan contrast detect yang di dalam kamera mirrorless itu sendiri. Sejak adanya fitur ini, sekarang kamera mirrorless jauh lebih unggul dari pada kamera DSLR.

3. Viewfinder (Jendela Bidik)

Kamera DSLR – Untuk membidik sebuah gambar kamera DSLR menggunakan optical viewfinder, gambar yang mau Anda ambil dilihat melalui kotak bidik atau jendela bidik yang terletak di atas kamera. Saat situasi sedang low light Anda juga tetap menggunakan viewfinder.

Mungkin ada yang ingin tahu, apa sih kelebihan dari optical viewfinder? Kelebihannya adalah pratinjau gambar yang mau di foto jauh lebih jelas dan menurut saya tidak mengalami leg gambar (gambar saat di tangkap tidak lambat).  

Lalu apa sih kekurangan dari optical viewfinder ini? kekurangannya adalah tidak bisa melihat pratinjau foto dari viewfinder tetapi harus dari layar LCD kamera. Kekurangan ini menurut saya bukan masalah yang terlalu parah dan serius sekali. Malah kalau saya bilang sih, ini bukan sebuah kekurangan.

Kamera Mirrorless – Untuk mengambil sebuah foto kamera mirrorless menggunakan electric viewfinder atau yang di singkat dengan EVF. Saat mengambil foto, gambar yang Anda lihat adalah hasil dari foto yang Anda buat. Apa yang Anda lihat melalui layar electric viewfinder, biasanya akan selalu dipengaruhi oleh pengaturan kamera yang Anda buat seperti rasio kontras, dan juga kalibrasi pada jendela bidik Anda. tapi saya rasa jarang orang yang melakukan custom kalibrasi jendela bidik. Perlu diingat apa yang nanti kita lihat dari EVF biasanya tidak selalu sama dengan keadaan yang sebenarnya, tetapi itu adalah hasil dari jepretan foto Anda.

Keuntungan dari menggunakan viewfinder hasil foto sangat akurat. Dalam keadaan low light, biasanya pratinjau EVF akan terlihat lebih grainy dan ini sangat menyulitkan kita saat akan mengambil obyek tertentu. Oh iya, biasanya untuk kamera-kamera mirrorless yang harganya murah tidak di lengkapi dengan EVF, jadi nanti Anda hanya bisa membidik dengan menggunakan layar LCD yang ada di kamera. Tapi ini juga buat saya bukan sebuah hal yang sangat kurang sekali.

4. Kualitas Hasil Foto

Kamera DSLR – Biasanya kamera DSLR banyak menggunakan sensor APS-C dan full frame. Beberapa kamera DSLR ada juga yang menggunakan sensor micro four third dan ada juga yang menggunakan medium format. Tetapi kalau kita lihat di pasaran, kamera DSLR yang menggunakan APS-C dan full frame sangat menguasai pasar mengingat harganya yang jauh lebih murah dan saat ingin menggunakan lensa juga ketersediaan lensa sangat beragam dan lebih banyak.

Dilihat dari segi resolusi, Resolusi kamera DSLR pada saat saya menulis artikel ini bisa mencapai 50.6 MP di kamera Canon EOS 5DS R.

Kamera Mirrorless – Kamera Mirrorless mempunyai berbagai macam ukuran sensor dan kamera mirrorless pada saat ini cukup banyak di minati oleh orang-orang. ukuran yang paling besar pada kamera mirrorless adalah medium format yang di pegang oleh Fuji film pada saat artikel ini di tulis, sensor full frame pada kamera juga semakin banyak digunakan di berbagai macam merek kamera khususnya pada kamera mirorrless mid-end.

Untuk resolusi kamera mirrorless mempunyai resolusi paling tinggi di pegang oleh Fujufilm GFX100 sebesar 120 MP untuk medium formatnya.

5 Kualitas Hasil Video

Kamera DSLR – Jika cermin Kamera DSLR menghadap ke atas, maka phase detection AF di kamera tidak bisa digunakan untuk live view. Mungkin Anda bertanya, lalau bagaimana kalau kita akan mengambil sebuah gambar video dengan menggunakan kamera DSLR? Anda bisa mengambil gambar dari kamera DSLR, saat Anda mengambil video dengan menggunakan live view screen kamera secara otomatis akan menggunakan fitur contrast detect AF, dengan menggunakan fitur ini pengambilan gambar akan lebih lambat dan mungkin kurang tepat.

Kamera Mirorrless – Saat ini, menurut saya kamera mirrorless sudah canggih-canggih dan banyak yang menggunakan fitur video dengan teknologi yang modern. Contohnya, sudah banyak kamera yang bisa menghasilkan UHD 4K. Tidak hanya itu saja, kamera mirrorless juga sudah menggunakan hybrid AF yang bisa mengambil video dengan AF yang cukup baik dan cepat.

6. Daya Tahan Baterai

Kamera DSLR – Bicara kamera tentu tidak lepas dari yang namanya baterai. Ketahanan daya sebuah baterai yang lama bisa membantu sang photographer untuk mengambil gambar lebih banyak sampau 1000 foto – tanpa menggunakan live view LCD. Kalau Anda menggunakan LCD maka kemungkinan Anda bisa mengambil sampai 600 – 800 jepretan foto – Menggunakan baterai yang masih normal.

Kamera Mirrorless – sejak pertama Anda menggunakan baterai kamera mirrorless, saya yakin Anda akan sangat kaget, karena penggunaan baterai di kamera ini sangat boros sekali jika kita bandingkan dengan menggunakan kamera DSLR. EVF kamera mirrorless bisa menguras daya tahan baterai. Selain itu kamera mirrorless lebih sering menggunakan LCD, sehingga hal ini juga membuat daya tahan baterai lebih cepat terkuras. Jika Anda menggunakan kamera mirrorless maka Anda mungkin hanya bisa mengambil 300-400 foto – Kamera mirorrless standar. Sedangkan untuk kamera mirrorless yang high end mungkin Anda bisa mengambil 650-700 frame. Bentuk baterai yang lebih kecil di kamera mirrorless juga mempengaruhi baterai cepat habis mengingat body kamera mirrorless sangat ramping atau compact.

7. Lensa Kamera

Kamera DSLR – kamera DSLR Nikon dan Canon mempunyai banyak sekali pilihan lensa yang bisa Anda beli dan jual. Mulai dari ultra wide, tele-zoom sampai prime dengan berbagai macam pilihan focal lenght sangat banyak sekali. Selain menggunakan lensa dari Nikon dan Canon Anda juga bisa menggunakan lensa dari brand buatan lain. ini di sebabkan karena kamera DSLR lebih dulu ada dan berkembang sudah cukup lama jika ingin kita bandingkan dengan kamera mirrorless.

Kamera Mirrorless – Memang untuk pilihan lensa kamera mirrorless untuk saat ini masih tidak sebanyak pilihan lensa untuk kamera DSLR. Tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mengganti-ganti lensa sesuai dengan kebutuhan Anda. lensa first party ataupun third party sudah mulai bermunculan meskipun belum banyak dan saya yakin tidak lama lagi kebutuhan lensa untuk mirorrless akan sangat banyak sekali.

Mirrorless vs Kamera Compact

Jika Anda sebelumnya tidak pernah berpikir tentang ingin menggunakan kamera mirrorless, mungkin saat Anda mencoba menggunakannya Anda akan menyukainya – Handphone yang Anda pakai menggunakan teknologi yang sama dengan kamera mirrorless hanya saja kurang di masalah resolusinya saja.

Smartphone

Meskipun smartphone sekarang bagus dan cangih-canggih tetap saja tidak bisa menandingi teknologi kamera sesungguhnya yang kita kenal saat ini. smartphone sangat cepat untuk mengambil foto dan video untuk kita upload ke dalam instargram atau facebook. Tetapi smartphone masih menggunakan sensor yang jauh lebih kecil daripada kamera “nyata”.

Action Cameras

Sekarang ini banyak sekali bermunculan action camera (seperti GoPro) adalah pesaing lain untuk photographer yang ingin mengambil gambar bergerak cepat atau POV shot. Action camera banyak digunakan oleh para YouTuber untuk mengambil gambar di luar ruangan, seperti olahraga, bersepeda dan lain sebagainya. Meskipun action camera bisa digunakan untuk mengambil foto dan video, mereka sebenarnya kurang cocok untuk mengambil foto dan juga video dengan teman – teman dan keluarga Anda.

Jujur saya sangat suka kamera GoPro, setiap ada yang baru saya akan beli kamera ini. bukan hanya menjadi kamera favorit saya, GoPro juga menjadi kamera favorit banyak orang karena fitur-fiturnya yang dari waktu ke waktu semakin canggih dan di sempurnakan. Bentuknya memang kokoh, tetapi masih mempunyai batasan untuk mode pengambilan foto – belum lagi, kamera ini, menurut saya kurang cocok untuk mengambil foto selfie!

Kamera Mirrorless Terbaik untuk Travelling

Sekarang ini, Anda dan saya tidak perlu lagi mengorbankan hasil kualitas gambar yang kurang baik! Kamera mirrorless mampu memberikan hasil gambar yang baik dan konsisten, ini menjadikan kamera mirrorless adalah sebuah pilihan yang tepat untuk street photography, landscape photography dan untuk Anda yang menyukai membuat vlog di YouTube.

Tetapi dari semua kamera yang ada itu, mana yang harus Anda pilih dan beli salah satunya?

Percayalah, tidak semua kamera mempunyai fitur yang sama, jadi saya akan membantu Anda untuk melihat dan memilih kamera mirrorless yang paling populer yang di jual di pasar. Pada saat Anda selesai membaca semua tentang masing-masing kelebihan dan kekurangan kamera yang kami ulas di panduan ini, Anda nantinya diharapkan bisa menentukan dan memilih kamera mirrorless mana yang akan Anda beli.

1. Fujifilm X-T30

Kenapa saya menempatkan Fujifilm di urutan paling atas daftar yang saya buat ini? karena fujifil X-T30 adalah kamera mirrorless yang mempunyai resolusi 26.1MP dan hasilnya sangat tajam termasuk untuk ketajaman video Full HD. ISO 200-12800, kamera ini dilengkapi dengan viewfinder Elektornc dan juga sensor CMOS APS-C. Kamera ini di rilis sekitar tahun 2019. Menurut saya dengan ukurannya yang sangat kecil tapi dia bisa menghasilkan foto dan video yang sangat bagus dan tajam, jadi kamera ini sangat cocok untuk membuat vlog dan dibawa untuk travel.

Kamera Fujifilm X-T30

X-T30 adalah versi kamera murahnya Fujifilm dari seri X Andalan Fuji saat ini. DI kamera ini Anda tidak mendapatkan weather sealing, tetapi Anda mendapatkan semua fitur dari seri kamera ini, ini mengartikan Anda bisa mendapatkan kualitas gambar yang cukup baik dengan harga yang cukup baik bagi kebanyakan orang.

Fujifilm X-T30 mampu bersaing dan bisa di sejajarkan dengan beberapa kamera profesional lain yang jauh lebih mahal, karena mempunyai bentuk yang ramping dan sedikit kembali ke masa lalu, kamera mampu memberikan fitur-fitur yang luar biasa menurut saya.

Kalau saya boleh jujur fitur yang di miliki oleh kamera Fujifilm X-T30 ini setara dengan kamera-kamera yang harganya dua kali lipat dari harga kamera ini!

Sekarang kita bicara masalah lensa, Fujifilm mempunyai lensa dengan harga sekitar 2/3 dari harga merek lain. Katakanlah Sony, saya punya kamera Sony karena saya suka dan cinta sekali dengan Sony. Tapi lensa Sony harganya maut-maut – terkenal mahal sejagad raya. Jadi jika Anda ingin menggunakan dan memiliki lensa lain selain lensa kit, harga lensa Fujifilm X-Mount cocok dengan kantong kita semua, apalagi yang isi dompetnya tipis seperti saya.

Fujifilm juga sangat terkenal dengan replikasi warnanya yang luar biasa jadi, jika Anda ingin memotret landscape yang gambarnya serasa hidup, maka Fujifilm adalah pilihan Anda.

Kelebihan

  • Ringan dan kecil
  • Dirancang secara ergonomis
  • Mode replikasi warna dan simulasi film semuanya sangat luar biasa
  • Harga yang terjangkau, khususnya kalau kita bandingkan dengan kemera pesaingnya

Kekurangan

  • Kamera sangat kecil untuk mereka yang mempunyai tangan besar
  • Handgrip kamera ini tidak terlalu dalam
  • Tidak tahan dengan cuaca
  • Screen kamera tidak sepenuhnya mengartikulasikan

Kamera Travelling Terbaik dengan Harga Terjangkau

2. Sony a6000

Sony saya tempatkan di urutan ke dua untuk kamera digital hybrid mirrorless karena alasan harganya.

Percaya gak sih kalau ini adalah kamera mirrorless TERLARIS di dunia? Kamera ini memberikan banyak manfaat dan fitur yang ada di kamera digital Sony RX100 yang sangat ringkas tetapi dengan tambahan semua fitur model kamera yang tedapat di kamera high-end seperti Sony a7III (Segera akan saya bahas).

Sony a6000 mengubah permainan dengan high speed contrast detection dan pengaturan kustom kamera secara manual.

kamera Sony a6000

Hal yang paling menggembirakan adalah lensa autofocusnya adalah yang tercepat di dunia, dengan model burst 11 frame per detik, sangat bagus untuk pengambilan foto dan video 4K. Hal yang paling buat mereka yang mempunyai budget terbatas seperti saya, pasti kaget dengan harga jual untuk kamera mirrorless yang satu ini, saya tidak akan menyebutkan berapa di dalam panduan ini karena harganya bisa selalu berubah-ubah, yang pasti ini adalah kamera yang bagus dan mempunyai harga yang sangat terjangkau sekali – Anda akan mendapatkan kamera yang bagus, model yang keren dan praktis untuk di bawa-bawa. Jadi buat kamu yang suka travelling kamera ini adalah pilihan yang wajib selain kamera di atas tanpa harus mengeluarkan uang yang sangat banyak.

Kelebihan

  • Kamera sangat kecil dan ramping
  • Autofocus yang sangat cepat terutama di outdoor (tempat terang)
  • Material kamera sebagian besar terbuat dari logam (terlihat kokoh dan gagah)
  • Kualitas Gambar sangat bagus untuk kelas APS-C
  • Smart remote untuk kontrol wireless

Kekurangan

  • Tidak ada touchscreennya
  • Kualitas saat menggunakan kamera bidik terlihat berbintik terutama di tempat yang gelap
  • Charger external tidak termasuk (harus beli terpisah)
  • Untuk mengambil gambar bergerak kecepatan AF agak lambat khususnya pada saat pengambilan di tempat gelap
  • Tidak ada stabilization bawaan kamera

Kamera Compact Terbaik Untuk Travelling

3. Canon EOS M200

Kamera Canon EOS M200 ini sangat kecil sekali dan bentuknya kalau menurut saya hampir sama persis dengan saudaranya, Canon EOS M100. Di seri M200 ini ada peningkatan di sistem kamera ini terutama dibagian internal kamera yang menggunakan prosesor baru Digic 8, saya secara pribadi juga tidak begitu paham dengan yang namanya prosesor kamera, intinya dengan sistem yang baru, kamera ini bisa merekam video 4K dan punya auto focus deteksi mata (EYE AF).

Canon EOS M200 adalah kamera mirorrles yang sangat mudah digunakan untuk para pemula dan yang ingin membeli kamera dengan anggaran yang terbatas.

Jika Anda masih bingung dengan penggunaan kamera, mulai dari setting kamera, pengaturan shutter speed, kamera ini sangat cocok untuk Anda karen bisa langsung menyesuaikan dan melakukan pekerjaannya dengan baik tanpa perlu mengetahui hal-hal rumit seperti itu – Pokoknya esy to use lah.

Satu keuntungan jika Anda membeli kamera ini adalah begitu mudah untuk digunakan oleh siapa saja, dan sangat stabil digunakan di dalam situasi apapun.

Kamera EOS M200

Kamera ini juga sangat cocok dan mudah masuk ke dalam saku Anda. Anda tidak perlu takut lagi dengan hasil gambar atau video yang jelek karena kamera ini akan mengurusnya untuk Anda.

Mungkin model kamera ini akan membuat iri teman-teman Anda yang menggunakan kamera besar karena bentuknya yang kecil tetapi mempunyai kemampuan yang sangat luars.

Kelebihan

  • Lensanya bisa di tukar dan diganti-ganti dengan lensa EF-M, EF, EF-S dan EF EOS R
  • Mobile foto galerry bahkan ketika kamera mati
  • Stabilization yang bagus cocok untuk para fotografer pemula

Kekurangan

  • Tidak ada viewfinder bawaan di kamera
  • Tidak ada colokan untuk mikrofon external (jadi pertibangan buat yang suka nge-vlog)
  • Mobile pairing membutuhkan third party accessories

Kamera Mirrorless Full Frame Terbaik untuk Travelling

4. Sony A7 III

Ini adalah kekasih saya, maksud saya adalah Sony adalah kamera kesayangan saya. Mengapa saya menempatkan Sony A7 III di urutan no 4? Bukan karena kamera ini jelek ya, kamera ini sangat bagus sekali, karena mempunyai harga yang cukup merogoh dompet Anda, maka saya tempatkan di urutan no empat.

Perlu Anda tahu, Sony a7 III adalah salah satu kamera Full-Frame terbaik di dunia, khususnya di kisaran harga untuk kelas kamera seperti ini. Sony a7 III akan memenuhi kebutuhan Anda untuk fungsional premium dan juga harga.

Kamera Sony a7 III Kamera Mirrorless terbaik untuk Travelling

Dari antara semua seri kamera Sony a7 mirrorless full-frame, ini adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda. Meskipun tidak mempunyai kemampuan megapixel yang sama dengan Sony a7R III atau a7R IV, jika Anda tidak membutuhkan untuk membuat poster dalam ukuran besar, maka Anda tidak memerlukan kamera yang beresolusi tinggi, kecuali jika memang Anda benar-benar ingin mencetak poster atau desain dalam ukuran besar.

Mempunyai resolusi 24 megapixel, Sony a7 III adalah kamera yang Anda butuhkan untuk digital image Anda dan kebutuhan cetak kecil. Ini adalah salah satu kamera yang selalu saya gunakan dan saya sangat bahagia sekali mempunyai kamera ini. jika Anda ingin mempunyai kamera profesional terbaik dengan harga yang agak murah, maka kamera ini adalah pilihan yang paling cocok untuk Anda pilih.

Kelebihan

  • Daya tahan baterai lama dibandingkan dengan model Sony lainnya
  • Nyaman saat dipegang
  • Lensa bisa di tukar-tukar dan support dengan heavy lens

Kekurangan

  • Memiliki dua slot tetapi hanya satu slot SD untuk pemotretan berkecepatan tinggi UHS-II
  • Kadang start up legs
  • Memang sistem menunya menurut saya agak membingungkan!

Kamera Video Terbaik untuk Travelling

5. Panasonic Lumix GH5

Buat Anda yang ingin menghasilkan jepretan foto atau video perjalanan Anda yang tidak goyang, Panasonic Lumix GH5 adalah pilihan yang tepat untuk Anda! salah fitur Andalan kamera ini adalah fitur stabilisasinya yang cukup hebat sehingga saat Anda mengambil foto atau video Anda tidak perlu menggunakan rig atau tripod.

Panasonic Lumix GH5 memang menjadi favorit beberapa calon music video producers dan travel videographers. Kamera ini memang mempunyai harga yang cukup terjangkau (tidak murah-murah sekali) jika kita bandingkan dengan kamera-kamera yang serupa, tetapi Panasonic mampu mengalahkan para pesaingnya dengan kemampuan pmotretan yang halus, high speed dan hi res.

Kamera Panasonic Lumix GH5 Kamera Mirrorless terbaik untuk Travelling
Photo by: reviewed.com

Mungkin fitur yang paling disukai oleh banyak orang adalah kemampuannya untuk memotret 180 fps pada full HD. Bahkan GH5S, penggantinya sudah mampu menembak sampai 240 fps, tetapi meskipun begitu GH5 masih menjadi kamera yang lebih unggul kalau di lihat secara keseluruhan.

Kalian yang sudah sering mengambil gambar video dengan kamera yang kalian gunakan pasti akan dibatasi sampai 10 atau 30 menit saja, setelah itu kalian baru bisa mengambil video lagi. GH5 ini memberikan tawaran kepada Anda mampu merekam video tanpa batas dan tanpa putus – Keren sekali pokoknya.

Kelebihan

  • Kemampuan untuk memotret 180 fps di Full HD
  • Terbuat dari magnesium alloy, kamera ini tahan dari debu dan cipratan air
  • Warna-warna yang cerah, Indah dan Reduces blurring

Kekurangan

  • Kadang sulit dengan pengambilan focus secara otomatis
  • Menu-menunya sangat membingungkan kecuali Anda mengatur ulang sendiri secara kustomisasi
  • Butuh waktu untuk menyesuaikan dengan tombol-tombol kamera ini

Mengapa Harus Ganti Ke Mirrorless?

Kamera Mirrorless menggunakan sensor gambar yang sangat besar untuk mentransmisikan cahaya ke electronic viewfinder (jendela bidik) dan ke screen kamera. Teknologi sensor yang baru ini, berarti tidak memerlukan lagi mekanisme cermin pembalik yang sangat memakan ruang di dalam body sebuah kamera. Makannya sekarang kalau kita lihat kamera mirrorless sangat ramping dan mungil-mungil.

Tips Photography Profesional

Percayalah, membuat keputusan untuk membeli kamera mirrorless pada saat seperti sekarang ini adalah sebuah investasi besar. Anda bisa menggunakan kamera Anda untuk menghasilkan uang, contohnya misalnya saja menjadi kontributor stok foto atau menjadi Content Creator YouTube. Setelah Anda menemukan kamera yang cocok untuk Anda, coba segera lakukan beberapa tes pemotretan!

Di bawah ini adalah beberapa tips sederhana pemotretan dari saya yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus di mana saja dan kapan saja.

  1. Selalu ikuti aturan sepertiga fotografi saat mengambil foto untuk mendapatkan komposisi foto yang baik– Rule of Thirds.
  2. Selalu charge baterai Anda sebelum berangkat memotret dengan kapasitas maksimum dan jangan lupa untuk membawa satu atau dua baterai cadangan.
  3. Pastikan selalu membawa dan menempatkan kamera Anda di dalam tas khusus untuk kamera atau dengan menggunakan strap yang bisa Anda gantung di bahu atau leher Anda.
  4. Pastikan untuk mebawa lens mount, lens adaptor dan bawa satu atau dua lensa lain jika Anda punya untuk lokasi dan pengambilan subjek tertentu.
  5. Bawa pilihan lensa untuk pengambilan foto dan subjek lain yang ingin Anda potret.
  6. Saat Anda akan mengambil gambar lanskap (landscape), gunakan lensa full-frame, Lensa wide-angle untuk pengambilan gambar lanskap.
  7. Saat Anda akan memotret seseorang, gunakan mode potrai dan sesuaikan fokus untuk mengaburkan latar belakangnya (background).
  8. Gunakan ke duanya, baik itu jendela bidik (viewfinder) dan screen (LCD) untuk memeriksa hasil bidikan Anda.
  9. Selalu gunakan memory card yang mempunyai kapasitas besar dan bawa cadangan memory card untuk pengambilan video dan foto lebih banyak.
  10. Bawa dan gunakan casing pelindung untuk kamera dari hujan atau cairan
  11. Untuk format foto, gunakan RAW file dan convert ke JPEG atau JPG setelah Anda edit.
  12. Bawa tripod dan gunakan itu atau bisa juga menggunakan stabilizing untuk mengambil foto grup dan pemotretan yang menggunakan timer.

Ganti Kamera Anda ke Mirrorless

Siapa saja bisa menjadi travel photographer dengan menggunakan gear yang tepat! Anda akan sangat menikmati membuat setiap kenangan baru dan menyusun semua itu menjadi highlight liburan Anda yang indah dan mudah di simpan dalam saku Anda. Ingatlah selalu, untuk memilih sebuah kamera, semuanya bergantung dari gaya hidup Anda, budget, dan preferensi fotografi (prioritas).

Nah, Sekarang setelah Anda membaca semua yang saya tulis dalam panduan Kamera Mirrorless terbaik untuk Travelling ini, Saya yakin Anda sudah mengetahui beberapa kamera mirrorless terbaik yang bisa Anda bawa dan gunakan saat travelling. Anda akan siap melihat dan mendokumentasikan segalanya melalui lensa yang jauh lebih baik. Lain waktu jika Anda akan pergi travelling, kami sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan kamera mirrorless.

Jika kalian suka dengan artikel Daftar Kamera Mirrorless terbaik untuk Travelling ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika Anda ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, silahkan kirim artikel kalian ke My Bali Story yang di lengkapi dengan foto-foto.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *