skip to Main Content
Pantai Kuta Bali | Pantai Pertama Yang Terkenal Di Bali

Pantai Kuta Bali | Pantai Pertama yang Terkenal di Bali

Pantai Kuta Bali, Siapa yang tidak kenal dengan pantai yang satu ini? Setiap Wisatawan yang baru pertama kali tiba di pulau Bali pasti pertama kali yang akan di kunjungi adalah pantai Kuta Bali. Pantai kuta adalah sebuah kawasan wisata yang memiliki pantai dengan warna pasir putih, pantai ini adalah pantai yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang berlibur ke Bali.

Pantai kuta berada di kecamatan kuta dan telah menjadi objek wisata andalan Bali sejak tahun 1970-an menurut wikipedia. Pantai kuta dikenal juga dengan sebutan pantai matahari terbenam.

Sejarah Pantai Kuta

Sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang ini, pantai kuta awalnya adalah sebuah pelabuhan perdagangan. Pasti banyak di antara kalian yang baru tahukan kalau pantai ini dulunya tempat bertemunya pedang lokal dengan pembeli dari luar Bali. Sekitar abad ke-19 seorang pedang asal Denmark, Mads Lange datang ke Bali kemudian mendirikan sebuah basis perdagangan di daerah kuta. Ia terkenal ahli dalam bernegosiasi sehingga Mads Lange dikenal oleh raja-raja Bali dan juga pemerintah Belanda.

Kemudian, Hugh Mahbelt mencetak dan menerbitkan sebuah buku ‘Prise to Kuta’ yang isinya mengajak kepada semua masyarakat Bali untuk membuat fasilitas akomodasi wisata Bali. Tujuannya sudah pasti untuk berjaga-jaga jika terjadi ledakan wisatawan yang datang ke Bali. Buku inilah yang kemudian menginspirasi orang-orang untuk segera membangun fasilitas untuk wisata di Bali mulai dari tempat menginap, restoran dan juga tempat hiburan.

Pantai kuta adalah pantai pertama yang terkenal di Bali setelah pantai sanur Bali. Pantai Kuta Bali terhampar seluas 2,5 kilometer membentang sepanjang legian dab tuban (letak bandara internasional Ngurah Rai) sampai ke selatan. Pantai kuta memang pantai yang paling terkenal di Bali di antara pantai lainnya dan pantai kuta adalah pantai pertama yang dikenal oleh wisatawan yang berlibur ke Bali. Anda tidak percaya?

Banyak orang asing (Wisatawan dari negara lain) lebih mengenal nama pantai Juta daripada nama Pulau Bali. Pantai ini memang memiliki daya tarik yang sangat luar biasa, memiliki pasir putih yang cantik, surfing dan matahari. Bahakan industri surfing yang ada di merupakan kontributor utama untuk dunia pariwista Bali dan industri ini awalnya dari terkenalnya Pantai Kuta.

Selain dulunya sebagai tempat bertemunya para pedagang lokal dan pedagang luar Bali, pantai Kuta dulu adalah sebuah desa nelayan yang kehidupannya sangat sederhana sekali (sepi dan tidak berkembang) hanya dipenuhi dengan sapi-sapi dan juga kebun kelapa. Tetapi seiring waktu tempat ini sekarang telah berubah dan berkembang menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang paling populer dan terkenal di dunia. Tidak kita sangka ya, Bali yang dulunya sangat sepi kini telah berubah menjadi satu pulau yang paling terbaik di Dunia unutk tempat berlibur. Sekarang Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan akomodasi, mulai dari guesthouse yang murah, sampai resort bintang lima bisa Anda temui dengan mudah di Bali. Mau bar seperti apapun ada di Bali, klub malam dan beberapa pusat perbelanjaan selalu muncul di Kuta. Pantai Kuta masih menjadi daya tarik utama pulau Bali, momen saat matahari terbenam di pantai ini masih menjadi aspek yang selalu di tunggu-tungu para wisatawan.

Kapanpun Anda bisa mengunjungi pantai Kuta, kalau pagi hari Anda ke pantai ini Anda akan melihat para peselancar yang bermain di laut. Dan saat siang hari, Anda akan mulai melihat penjual berbagai macam cinderamata, makanan, minuman dan tukang pijat. Beberapa pedang ini kemungkinan akan mendekati dan menawarkan dagangannya kepada Anda meskipun tidak semua pedang akan keliling menawarkan dagangan mereka. Anda juga bisa merasakan pijatan seperti di SPA tentunya harga di sini jauh lebih murah, jika Anda diberi harga yang jauh lebih mahal cobalah untuk menawar.

Jika Anda ke sini sebelum matahari terbenam sampai setelah matahari terbenam, Anda akan melihat perubahan pemandangan, orang-orang mulai ada yang datang ke sini, ada yang bermain bola di pinggir pantai, membawa anjing, beach bar muali dibuka (biasanya menjual bir lokal dan makanan lokal), cobalah Anda berbicara dengan salah satu warga lokal, saya lebih suka berbicara kepada orang yang jauh lebih tua karena ada pengetahuan baru saat bertanya hal-hal tentang Bali di zaman dulu.

suasana pantai kuta

Daya tarik lain dari pantai Kuta adalah ada di bagian tengah atau seberang pantai Kuta biasanya di sebut dengan “Halway”. Dari pantai Kuta Anda hanya perlu menyeberang untuk menuju Beachwalk Kuta, ini adalah komplek perbelanjaan terbesar dan terkenal lengkap yang ada di Kuta. Selain itu hal yang menarik saat kita berada di Kuta adalah berjalan kaki di kiri dan kanan troatoar, kita akan melihat ada berbagai macam toko-toko, hotel dan lain lain contohnya seperti HQ Beach Club, Hard Rock Cafe, Pasar Seni Kuta dan Balawista lifeguard tower yang berada tepat di sebelah situs konservasi kura-kura. Jika Anda melihat ke sana Anda bisa menemukan banyak sekali telur kura-kura yang akan menetas dan yang baru menetas untuk segera di lepas ke laut dengan cara bertahap. Saya dan istri paling suka berjalan kaki sampai ke arah Kuta Square Bali.

Hal Lain Tentang Pantai Kuta Yang Perlu Anda Tahu

Saat Anda datang ke Bali di waktu dan bulan tertentu kemungkinan Anda akan akan merasa kecewa saat melihat pantai Kuta yang tidak seindah namanya. Sama seperti pantai-pantai lain yang menghadap ke Barat, Anda bisa melihat dan mendapatkan ombak yang bagus di sini, biasanya ini terjadi pada musim kemarau di bulan April dan Agustus. Sedangkan pada bulan oktober dan Maret biasanya keadaan laut akan sedikit mengecewakan Anda. Benda-benda laut (sampah laut) biasanya akan terdampar ke pantai Kuta dan karena pengaruh angin barat serta sungai-sungai yang berasal dari Pulau Jawa akan membuat warna air laut pantai Kuta berwarna keruh dan kotor. Ingat ini bukan datang dari Bali ini datang dari Pulau Jawa karena angin. (biasa banyak penduduk Indonesia masih belum disiplin soal membuang sampah pada tempatnya, mereka suka membuang sampah sembarangan ke sungai dan jalan)

Meskipun terlihat kotor pada musim itu, perlu Anda tahu pantai Kuta selalu di jaga kebersihannya setiap hari dengan menggunakan mesin pengangkut sampah berwarna merah. Mesin ini sumbangan dari Coca – Cola dan sekarang sudah mulai secara rutin jika pantai kotor, para tukang pijat yang berada di sekitar pantai Kuta, para pedagang kaki lima dan juga relawan sering membantu untuk membersihkan pantai. Dengan cara ini maka pantai yang kotor bisa secepat mungkin di bersihkan agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung dan tidak merusak pemandangan pantai.

Jika Anda yang membaca artikel ini adalah orang-orang Indonesia yang masih suka membuang sampah sembarangan dan tidak perduli dengan lingkungan, marilah mulai dari sekarang kita belajar membuang sampah di tempatnya. Kantongi dulu sampah atau masukkan ke dalam tas Anda sampai menemukan tempat sampah untuk membuang sampah, Ini mungkin hal yang baru dan sulit tetapi jika Anda mulai sedikit demi sedikit, kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan Anda akan hilang.

tempat wisata pantai kuta

Setiap pertengah tahun sekitar bulan oktober biasanya ombak di pantai datang dari dasar laut (bawah laut) dengan kekuatan yang besar dan bersifat menarik ke tengah laut, tentu ini berbahaya sekali buat mereka yang berenang. Saran kami sebaiknya tidak usah berenang di bulan itu saat Anda berlibur di pantai Kuta. Jika Anda pandai berenang dan bisa mengendarai perahu secara rutin, saat Anda berenang di pantai Kuta sebaiknya memperhatikan tanda-tanda peringatan yang di berikan dan yang ada di sekitar pantai, ini akan menjaga kehidupan Anda. Anggota Balawisata (penjaga pantai) biasanya akan selalu memberikan tanda peringatan dengan menggunakan bendera berwarna merah dan kuning di setiap sudut pantai. Jika Anda berenang dan melihat ada bendera berwarna kuning dan merah itu artinya Anda bisa berenang di sekitar bendera tetapi jangan melewati tanda peringatan.

Makan, Minum dan Belanja di Pantai Kuta Bali

Saat bersantai di pantai Kuta, Anda bisa makan dan memesan minuman di pantai. Tetapi di sepanjang pantai Anda tidak mungkin akan menemukan bar permanen yang didirikan di atas pasir di sepanjang pantai Kuta. Anda hanya akan menemukan para pedagang biasanya mereka membuka warung dengan meja dan payung kecil di bawah pohon yang ada di sepanjang pantai Kuta.

Ada penjual bir dingin dan soft drink. Ada penjual buah keliling dengan menggunakan keranjang. Ada penjual kacamata hitam, kain pantai, aksesoris Bali dan benda-benda hasil kerajinan tangan Bali. Beberapa dari para pedagang ini biasanya menjajakan dagangannya keliling pantai dengan cara menawarkan barang dari satu orang ke orang lainnya. Jadi jangan heran jika Anda di hampiri oleh seorang pedagang yang menawarkan dagangannya, jika Anda suka Anda bisa membelinya, jika tidak suka beritahu mereka, Tidak, Terima kasih.

Lapar?

Tidak usah khawatir, Anda hanya perlu berjalan ke luar pantai dan menyeberang jalan. Di seberang jalan Anda akan menemukan berbagai macam restoran mulai dari Mc Donald’s dan restoran lainnya yang bertema eclectic di Beachwalk Kuta. Jika Anda berjalan terus mengikuti trotoar jalan Anda bisa menemukan HQ Beach Club di sini berbagai makanan internasional di sajikan dengan suasana dan tempat yang nyaman. Menu makanan lokal dan juga internasional di jual dengan harga lokal, di sini juga tersedia bir dingin, air kelapa muda yang masih segar dan nikmat. Saya lebih suka mencari warung-warung kecil, warung sederhana yang berada di sepanjang trotoar atau yang masuk ke dalam gang di sepanjang pantai Kuta untuk mendapatkan harga makanan yang jauh lebih murah lagi.

Selesai makan Anda bisa berjalan-jalan menuju Pasar Seni Kuta. Di pasar ini Anda bisa menemukan barang-barang yang bisa di bawa pulang sebagai oleh-oleh dari berlibur di Bali seperti gantungan kunci, kaos singlet bertuliskan “Bintang”. Memang sih harga yang di tawarkan di pasar ini AGAK sedikit lebih mahal jika di bandingkan dengan pasar seni lainnya. Semua kembali kepada keahlian Anda dalam menawar barang, jika Anda jago dalam menawar barang maka bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Fasilitas Wisata di Pantai Kuta

Kuta sudah menyediakan dan melengkapi berbagai macam fasilitas umum untuk menunjang wisata di Bali. Anda bisa dengan mudah menemukan toilet umum di Halfway dan juga yang berada di sekitar pasar seni kuta. Memang kalau menurut saya secara pribadi untuk masalah kebersihan toilet dan juga personal spacenya sangat-sangatlah kurang sekali, bisa saya katakan sangat rendah. Saya kalau mau ke toilet lebih suka untuk memilih menuju ke Beachwalk Kuta, kebersihannya sangat terjaga, modern dan bisa digunakan untuk umum.

Memang untuk Anda yang ke pantai Kuta dengan menggunakan kendaraan roda empat (mobil) untuk tempat parkirnya sedikit lebih susah jika di bandingkan dengan kendaraan bermotor. Saya biasanya parkir di lahan parkir yang agak jauh dari pantai kemudian berjalan kaki ke sini jika menggunakan mobil. Buat Anda yang datang menggunakan kendaraan bermotor untuk masalah parkir tidak menjadi masalah, karena sepanjang jalan pantai Kuta Anda bisa parkir.

Di sepanjang bibir pantai Kuta Anda bisa menyewa papan surfing, parasol, kursi pantai dan lainya. Jika Anda tidak bisa bermain surfing Anda bisa belajar sekalian, harga yang akan dikenakan biasanya sekitar Rp.200.000 untuk papan dan belajar surfing, Jika Anda sudah bisa tentu Anda bisa menyewa papan surfingnya saja yang di bandrol dengan harga Rp.50.000 untuk perjamnya. Jika buat Anda harganya terlalu mahal silahkan berjalan ke arah lain dan tanya di sana, siapa tahu Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Jangan pernah takut untuk menawar dan bertahan dengan harga Anda.

Aktifitas yang bisa di lakukan di Pantai Kuta

Di pantai Kuta kamu bisa berselancar, berenang, bermain pasir dan berjemur di pantai. Selain itu Anda juga bisa melakukan hal lainnya, misalnya bermain bola pantai, bermain bola voli di pagi hari dan sore harinya Anda bisa melihat matahari terbenam. Di pantai Kuta Anda juga bisa mengikuti sekolah surfing yang ada di pantai Kuta. Kelasnya mulai dari untuk anak-anak dan juga untuk orang dewasa. Meskipun Anda belum pernah bermain surfing sekolah ini menjamin Anda pasti akan bisa berdiri dengan baik di papan selancar setelah mengikuti sekolah surfing ini.

surfing dan Massage Bali

Buat yang suka santai dan tidak suka melakukan kegiatan yang menguras tenaga bisa duduk-duduk santai di pinggir pantai Kuta, pastikan untuk membawa kain pantai ya. Suka pijat, silahkan nikmati pijatan tangan-tangan dari penduduk lokal yang akan membuat Anda mengantuk dan segar setelah di pijat.

Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *