skip to Main Content
Babi Guling Candra

Babi Guling Candra: Kuliner Bali Yang Populer Di Denpasar

MYBALISTORY.COM – Babi guling sudah cukup terkenal sebagai salah satu makanan khas Bali yang paling populer. Ya, babi guling bali tidak hanya disajikan pada saat ada perayaan-perayaan umat Hindu di Bali, tapi babi guling sudah menjadi salah satu kuliner wajib bagi para wisatawan yang hendak berlibur ke Bali, khususnya bagi rekan-rekan kita yang non muslim wajib mengunjungi babi guling Candra.

Kunci dari babi guling yang enak menurut saya bukan selalu terletak pada daging babinya. Dari pengamatan saya, babi guling yang enak itu harus ada sayuran yang segar, seperti kacang panjang yang dibumbui dengan bumbu rempah Bali, nasi yang disajikan adalah nasi yang pulen bukan nasi yang benyek, daging yang cukup empuk dan juga potongan kulit babi yang garing.

Tidak berhenti sampai di situ saja. Penggunaan bumbu rempah atau yang dikenal juga dengan base gede juga harus pas dan bisa meledak pada saat daging di masukkan ke dalam mulut kita. Ohh… saya jadi ingin sesuap babi guling candra masuk ke dalam mulut saya.

Rasa Enaknya Babi Guling Candra Terbukti Di lidah Penikmatnya

Salah satu kuliner babi guling enak di Bali adalah warung babi guling Candra yang terletak di daerah Denpasar Bali. Babi guling Candra adalah satu dari sekian banyak babi guling populer di Bali yang rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi – kami jamin bakalan balik lagi.

Kalau menurut pendapat kami. Enak atau tidaknya sebuah makanan itu bergantung selera lidah kita masing-masing. Tapi kalau rasanya di nilai secara umum, babi guling Candra masuk dalam daftar babi guling enak di Bali.

Babi guling candra Bali

Alamat Babi Guling Candra Bali

Babi guling Candra terletak di pusat kota Denpasar. Tepatnya di Jl. Teuku Umar, Denpasar Bali. Jika kalian menggunakan Pemandu Wisata atau Sewa mobil di Bali dengan supir, mereka akan dengan senang hati mengantar Anda ke tempat ini.

Untuk menemukan lokasi babi guling Candra tanpa bantuan supir juga sangat mudah. Cukup gunakan Google maps aja, kami jamin sampai di tempat tujuan.

Sejarah Awal Mula Babi Guling Candra

Babi guling Candra didirikan sekitar tahun 1984, awal mulanya hanya sebuah warung kecil saja, sekitar 6 meja dan babi guling yang digunakan juga yang kecil saja pada waktu itu. Jadi tidak seperti saat ini. Setelah berkembang dan menjadi ramai mereka pindah ke sisi selatan agar bisa mempunyai tempat parkir dan tidak mengganggu jalan.

Ini cukup kami apresiasi ya karena biasanya kebanyakan pedagang di Bali kurang begitu memperhatikan masalah parkir. Kebanyakan parkirnya menggunakan sisi jalan dan menurut saya secara pribadi ini kurang begitu baik. Tapi semua itu kembali lagi ke lahan yang tersedia juga.

Alasan kenapa lokasi yang di pilih adalah di Jalan Teuku Umar karena lokasi ini tidak jauh dari simpang 6 pusat kota Denpasar. Strategis dan memang jalur yang akan selalu dilalui oleh semua orang.

Lokasi ini juga bisa dilalui untuk menuju Ubud, Sanur, Kuta, Denpasar dan Bandara. Tapi kalau dari pengamatan pribadi saya, ini pendapat pribadi ya. Awalnya, target mereka adalah orang yang tinggal di Bali.

Tapi, karena sering dilalui oleh orang-orang, akhirnya tempat ini kemudian terkenal dari mulut ke mulut dan dari website ke website seperti ini. Jika makanannya enak, pelayanannya ramah dan mantap, pasti orang yang pernah makan mau dengan sendirinya menceritakan kelezatan sebuah makanan.

Babi guling Candra yang awalnya warung biasa kini sudah menjadi salah satu bagian dari kuliner Bali yang populer dan paling di buru oleh wisatawan yang berlibur ke Bali. Untuk kalian yang lagi berlibur ke Bali, traktir saya makan sepiring Babi guling Candra dong dengan mengklik link ini!

Jam Buka Babi Guling Candra

Babi guling candra khas Bali

Sampai jam berapa warung babi guling Candra buka? Mereka mulai melayani dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam Bali. Jadi, mulai dari sarapan, makan siang, sore dan malam mereka siap melayani mulut-mulut yang rindu hidangan babi guling Bali.

Babi guling yang mereka sediakan adalah babi guling yang masih segar dan baru di potong dan di masak pada hari itu.

Pada saat jam makan siang atau makan malam tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh orang. Jadi, kalau kalian ingin makan di tempat ini dengan membawa mobil sendiri pastikan parkirnya di tempat yang agak jauh. Ya, jalan kaki sedikit tidak masalah sih buat saya, tapi buat kebanyakan orang jalan kaki itu mahal dan melelahkan.

Babi Guling Candra Bisa Di Beli Secara Online

Mengikuti perkembangan zaman adalah keharusan bagi para pemilik bisnis. Kini, babi guling Candra sudah bisa di beli secara online langsung dari rumah Anda kalau kalian punya rumah! Selain menjual babi guling online, mereka juga menjual varian menu favorit lainnya seperti Ayam betutu Candra dan juga Sate Lilit Babi Candra.

Kemasannya dalam bentuk kotak dan froozen. Kalau kalian tinggal di pulau jawa saran kami pilih yang dalam bentuk frozen dan pilih pengiriman yang paling cepat.

Buat penggemar babi guling Candra yang tinggal di Bali, mereka bisa membeli melalui tokopedia, shopee atau melalui abang-abang gojek pejuang keluarga dan warung makan!

Babi Guling Candra Kebakaran 2021

foto babi guling candra kebakaran 2021
Ilustrasi babi guling candra kebakaran 2021. (dok. Tribun Bali)

Warung babi guling Candra yang terletak di Jalan Teuku Umar No.140 pernah mengalami kebakaran pada hari minggu 21 November 2021. Setelah kebakaran terjadi, semuanya ludes habis tanpa sisa. Ada sih sisanya seperti atap, tembok dan kanopi.

Pada saat kebakaran terjadi untungnya tidak ada korban jiwa karena pada waktu itu warung dalam keadaan tutup karena hari raya kuningan dan Galuangan.

Tenang saja, setelah kebakaran mereka masih tetap buka kok di Jalan Pulau Yapen No.14. jadi kalau kalian kangen makan babi guling Candra untuk sementara bisa datang ke tempat ini.

Berapa Harga Sepiring Babi Guling Candra Bali

Makan di warung makan babi guling Candra memang tidak murah-murah amat. Untuk satu porsi babi gulingnya sekitar Rp.60.000 (harga akan terus cenderung naik dari waktu ke waktu). Satu paket babi guling biasanya berisi nasi, potongan babi guling, dua tusuk sate babi, kuah balung atau daging babi dan sayur bumbu Bali yang menggoyang lidah.

Lebih murah kalau dibungkus dan di bawa pulang. Mungkin sekitar Rp.25.000. tapi kalau kalian minta di kotakin harga nasinya sekitar Rp.50.000an. Saran saya bungkus aja pakai bungkus nasi biasa, biar murah dan kayak orang lokal setempat.

Kebanyakan bumbu yang selalu digunakan dalam masakan-masakan Bali tidak pernah berubah. Bumbu yang mereka gunakan adalah bumbu genep atau bumbu lengkap bali (base genep). Semua bumbu ini kemudian akan di masukkan ke dalam perut babi dan di jahit. Ini rahasianya kenapa masakan Bali selalu enak dan sedap.

Nah, sekarang kalian sudah tahu lokasinya, sejaran dan juga harga sepiring babi guling candra Bali. Ceritain dong pengalaman kalian ketika makan dan mencoba babi guling yang satu ini di kolom komentar ya.

Kalau kalian suka dengan artikel Babi Guling Candra: Kuliner Bali Yang Populer Di Denpasar ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika kalian ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, atau kalian suka menulis kami senang untuk mengundang Anda bergabung dengan kami menjadi penulis MYBALISTORY.COM, dan dapatkan IMBALAN UANG HINGGA JUTAAN RUPIAH setiap bulannya. Baca lengkap keterangannya di sini!

Referensi Babi Guling Candra:
Wikipedia. Diakses 2022.
Trubun Bali. Diakses 2022. KISAH Owner Warung Babi Guling Candra Terjun di Kuliner
BBC. Diakses 2022. Mengenal hidangan klasik Bali, babi guling

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *