skip to Main Content
Ubud Monkey Forest – Tempat Wisata Cagar Alam Dan Candi Bali

Ubud Monkey Forest – Tempat Wisata Cagar Alam dan Candi Bali

Ubud Monkey Forest – Jangan Takut ke Tempat Ini.

Saat berlibur di Bali ada banyak pilihan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di bali. Kali ini My Bali Story akan memberikan panduan ke obyek wisata Ubud Monkey Forest Bali atau yang juga di sebut dengan Sacred Monkey Forest of Padang tegal. Ini merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata populer yang ada di Ubud, Bali. Tempat ini juga menjadi suaka untuk para monyet berwarna abu-abu yang memiliki ekor yang panjang. Ubud Monkey Forest wajib menjadi destinasi liburan yang tidak boleh Anda lewatkan saat Anda pergi berlibur ke pulau Bali.

Buat beberapa orang mungkin berpikir seperti ini, ngapain saya ke hutan hanya untuk melihat monyet, lagian serem banget kalau ke tempat ini sampai kena cakar atau gigit sama monyet yang ada di sini. Tidak usah khawatir, tempat wisata ini sangat terjaga dengan baik dan indah berkat kerja keras dari komunitas setempat yang menerapkan program untuk pengelolaan hutan di tempat ini.

Lokasi Ubud Monkey Forest ini tidak jauh dari Ubud Town Center dan akses untuk ke sini juga sangat cepat dan mudah. Anda bisa mencari penginapan atau resort yang tersebar di sekitar hutan dan di Jalan Hanoman, saya lebih suka jalan kaki di daerah ini sambil melihat – lihat situasi di sini. Saat berjalan kaki kita bisa merasakan suasana yang berbeda dan bisa menghirup udara segara di Ubud.

Di sini Anda bisa menyaksikan monyet-monyet yang sedang bermain dan bersenang-senang, bergelayutan di antara pepohonan di habitat aslinya. Anda juga bisa memberi pisang untuk mereka makan, pisangnya bisa Anda beli saat akan memasuki kawasan wisata ini. Berjalan sambil menikmati pemandangan dan hawa yang sejuk tentu sangat menyenangkan, Anda juga bisa berfoto dengan keluarga atau dengan para monyet yang ada di sini.

Hawa Ubud cukup sejuk karena masih banyak sekali pohon dengan dedaudan yang lebat. Anda juga bisa melihat beberapa Pura yang sudah lama (kuno) dan patung-patung penjaga yang sudah ditumbuhi dengan lumut yang berwarna hijau di sepanjang hutan ini. Buat Anda yang menginap di luar kota ubud saat hendak keluar pergi untuk tour ke tempat-tempat wisata yang ada di Bali, saat Anda ke Ubud Monkey Forest Anda bisa sekalian melihat hal menarik lainnya di Ubud Royal Palace (Puri Ubud – Puri Saren Ubud) dan sekaligus berbelanja oleh-oleh di pasar seni Ubud. Semua tempat wisata ini lokasinya berdekatan dan bisa di jangkau hanya dengan 10 menit perjalanan saja dengan menggunakan kendaraan mobil atau motor.

Apa Saja yang Bisa di Lihat di Ubud.

Hal utama yang akan kita lihat lokasi wisata ini adalah monyet Ubud, Pura Dalem Agung Padang Tegal yang sudah ada sejak abad ke 14M. selain tempat itu ada tempat menarik yang lain yang bisa kita lihat adalah Pura Prajapati, Pura ini dibangun untuk pemakaman warga desa. Hal lain yang bisa kita lihat adalah patung-patung yang sudah ada sejak tempat ini dibangun, karena sudah lama patung-patung ini saat ini sudah ditumbuhi dengan lumut-lumut yang berwarna hijau dan ditutupi oleh pepohonan yang sangat lebat sehingga sulit terkena sinar matahari secara langsung. Anda juga bisa melihat akar-akar pohon banyan yang menggelantung di sepanjang jembatan berbentuk naga, jika Anda berfoto di sini hasil fotonya akan sangat indah dan eksotik. Tidak jauh dari sini tepatnya di bagian barat daya dari Ubud Monkey Forest Anda akan melihat ada sebuah pemandian kuno. Tempat pemandian ini disebut Pura Beji, Anda bisa menuju ke tempat ini dengan melewati tangga yang ada di dekat aliran sungai.

Tentang Monyet

Karena menjadi tujuan wisata yang sangat terkenal, Ubud Monkey Forest juga terkenal dengan usaha konservasinya. Ada komunitas yang melakukan penelitian dan juga menjaga kesehatan serta pola makan dari monyet-monyet yang ada di hutan ini. Monyet di sini ada lebih dari 1000 dan mereka semua tinggal di hutan ini dan sudah terbiasa juga bertemu dan melihat manusia. Monyet yang ada di sini terbagi menjadi empat kelompok monyet yang berbeda. Beberapa dari antara kita mungkin ada yang berani dan ingin menyentuh mereka atau ingin memberi makan, ini adalah sesuatu yang sangat jarang dan pasti akan sangat menyenangkan. Meskipun ini boleh dilakukan sebaiknya jangan dilakukan. Mengingat monyet adalah binatang liar dan kita tidak bisa menduga apa yang akan mereka lakukan setiap harinya jika berinteraksi dengan manusia. Jika memang ingin berfoto dan menyentuhnya pastikan di dampingi oleh orang yang menjaga hutan atau yang bekerja di sana atau pawang monyet yang ada di sana.

Hal Yang Penting dan Harus Diperhatikan

Mungkin banyak diantara Anda yang mengurungkan niat karena takut untuk masuk ke dalam kawasan wisata yang satu ini. Perasaan itu itu wajar sekali, apalagi Anda akan memasuki sebuah hutan di mana di dalam hutan itu banyak monyet liarnya.

Tidak usah TAKUT!

Karena Monkey Forest ini memiliki pegawai dan juga guide lokal yang selalu siap dan siaga untuk membantu semua pengunjung kawasan wisata ini. Para staf dari Mandala Suci Wenara Wana juga siap membantu setiap pengunjung yang barangnya di curi atau diambil oleh monyet. Sedangkan guide yang ada di sini bisa membantu Anda tentang sumber informasi tentang sejarah dan juga budaya yang ada di sekitar tempat ini

Tips Saat Anda akan Masuk Ubud Monkey Forest

  • Sebaiknya barang-barang yang Anda anggap berharga di copot dan dimasukkan ke dalam tas, contohnya seperti kacamata, handphone dan kamera.
  • Jika ingin mengambil foto, awasi sekitar Anda dan jaga jarak dengan monyet. Sebainya jangan terlalu dekat dengan monyet saat Anda hendak mengambil foto.
  • Berjalan di jalan yang sudah dibuat oleh pengelola wisata dan jangan keluar dari jalan atau batas area yang diijinkan apalagi masuk ke area makan monyet, karena monyet mungkin akan mengira Anda memasuki are kekuasaan mereka.
  • Jangan berlarian di sepanjang jalan, karena akan menarik perhatian kera (monyet)
  • Jangan menatap mata kera jantan terlalu lama.
  • Pegang dan jaga anak Anda selama berada di sini.
  • Jangan memberi makan monyet.

Harga Tiket Masuk Ubud Monkey Forest

Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini tentu kita Anda harus membeli tiket masuk. Harga tiket ini akan selalu berubah. My Bali Story akan selalu mengupdate jika memang ada perubahan harga. Kami juga mohon maaf jika kami sedikit lebih lama dalam mengupdate harga tiket masuk ke Kawasan Wisata Ubud Monkey Forest.

KATEGORIHARGA TIKET
Orang DewasaRp.80.000
Anak-anak (3-12thn)Rp.60.000

TIKET PARKIR KENDARAAN

JENIS KENDARAAN1 JAM PERTAMA1 JAM BERIKUTNYA
Sepeda MotorRp.2.000Rp.1.000
MobilRp.5.000Rp.2.000
Bus KecilRp.10.000Rp.5.000
Bus SedangRp.15.000Rp.7.500

Di Update pada tanggal 11 June 2019

Lokasi dan Jam Buka

Jika Anda menginap di daerah kuta, untuk menuju ke obyek wisata monkey Forest yang di Ubud Anda akan memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit.

Alamat Ubud Monkey Forest ada di Jalan Monkey Forest – Padangtegal – Ubud – Gianyar- Bali (80571).

Transportasi Yang Bisa Digunakan

Untuk Anda yang ingin bepergian ke tempat wisata yang ada di Bali, khususnya ke obyek wisata Ubud Monkey Forest bisa memilih beberapa cara ini:

  1. Menggunakan Jasa Rental Mobil beserta supirnya
  2. Menyewa motor di Bali
  3. Menyewa mobil dengan setir sendiri
  4. Menggunakan Gojek atau Grab.
  5. Menggunakan Taxi

Jika Anda ingin sewa mobil di Bali plus supirnya silahkan menghubungi kami, kami siap membantu Anda memberikan informasi daftar sewa mobil. Buat Anda yang ingin menitip dibelikan barang-barang yang ada di Bali juga bisa meminta bantuan kami melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan.

Ya jadi itulah sekilas yang bisa kami tulis hari ini. Kami akan terus mengupdate halaman ini dari waktu ke waktu jika memang ada perubahan terbaru. Semoga Panduan Wisata ini bisa berguna untuk Anda yang sedang berlibur dan berwisata ke Pulau Bali, khususnya ke Monkey Forest ubud Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *