skip to Main Content
Tips Memulai Bisnis Travel Wisata Yang Sukses

Tips Memulai Bisnis Travel Wisata yang Sukses

Tips Memulai Bisnis Travel Wisata yang Sukses – Memulai bisnis travel wisata memang sebuah bisnis yang bisa saya katakan sangat menjanjikan apalagi kalau Anda tinggal di kota wisata yang menjadi tujuan wisata favorit seperti di Bali. Selain itu travelling saat ini sudah menjadi sebuah gaya hidup dan status seseorang.

Memang semua bisnis membutuhkan modal, tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan modal. Tetapi siapa yang bisa mengira, kalau bisnis travel sebenarnya bisa di mulai oleh siapa saja dengan modal yang sangat minim, Anda hanya membutuhkan ketekunan, keberanian, keramahan, kejujuran dan cara lobby yang sangat baik.

Meskipun persaingan bisnis travel saat ini sangat tinggi apalagi di tambah dengan adanya paltform online travel seperti Traveloka, Tiket.com, Agoda dan masih banyak lainnya. Anda masih bisa bersaing karena masih banyak orang yang menggunakan internet dan membutuhkan jasa dari bidang usaha travel ini. asalkan Anda bisa membuat paket-paket yang menarik dan unik Anda pasti bisa bersaing dengan orang-orang lain.

Bahkan banyak orang yang baru memulai bisnis travel mereka mampu bersaing dan beberapa dari antara mereka sudah ada yang mendapatkan citra yang cukup baik dengan para peminat yang sangat besar.

Mengapa Harus Bisnis Travel?

1. Bisnis Travel Menguntungkan, Stabil dan Terus Berkembang

Di seluruh dunia orang yang bergerak dalam bisnis travel banyak mendapatkan keuntungan. Jika Anda baru ingin memulainya, jangan khawatir, karena negara kita Indonesia, bisnis travelnya sudah sangat berkembang dan besar.

Bahkan kota-kota yang menjadi tujuan wisata yang ada di Indonesia hampir tidak pernah sepi dari kunjungan orang-orang yang ingin berlibur. Saya memperhatikan, bisnis travel benar-benar sepi dan mati suri hanya pada saat terjadi pandemi virus corona akhir tahun 2019 – 2020. Contohnya seperti di Bali, di mana sumber penghasilan orang-orang Bali mayoritas hanya mengandalkan dari dunia pariwisata, pada saat pandemi datang, banyak toko-toko di Bali tutup dan hampir seperti kota mati.

Tetapi di luar masalah pandemi yang kita hadapi, sebenarnya jumlah orang-orang yang melakukan perjalanan wisata khususnya orang-orang Indonesia selalu mengalami kenaikan dari tahun ke tahunnya.

Kalau wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sudah pasti rutin banyak yang datang k dan mengalami kenaikan untuk setiap tahunnya.

Dari dua hal di atas itu saja bisa membantu kita untuk diyakinkan kalau manusa tidak pernah lepas dari yang namanya pergi berwisata. Bahkan tren untuk pamer apa saja yang sedang kita lakukan dan di mana kita saat ini di media sosial, pasti akan menambah orang-orang untuk pergi berlibur setiap ada kesempatan bukan?

2. Liburan atau Musim tidak Liburan Oang tetap Melakukan Traveling

Meskipun memang ada hari dan waktu – waktu tertentu di mana orang mempunyai waktu untuk berlibur tetapi sebenarnya bisnis ini bisa di jalankan sepanjang tahun, karena sebagian orang sebenarnya tidak terlalu berpengaruh ini bulan apa dan sedang musim liburan atau tidak, bebeapa dari mereka masih ada yang tetap traveling. Ini membuktikan bisnis ini adalah sebenarnya sangat menjanjikan.

Bahkan pada saat pandemi seperti ini saja, percaya atau tidak masih ada orang-orang yang nekat untuk pergi ke kota atau negara lain entah itu untuk melakukan pekerjaan, berlibur atau untuk mengunjungi pacar mereka. Bahkan teman saya hanya karena CINTA rela dan nekat pergi ke luar negeri (Australia) hanya untuk menemui pacarnya. Memang itu sangat tidak bijaksana karena bisa membahayakan dirinya dan juga orang-orang lain.

Tetapi di sini kita tidak sedang membahas hal itu. Dari sini kita bisa melihat dan membuktikan kalau bisnis Travel Wisata itu tidak mengenal sedang musim liburan atau tidak, ada pandemi atau tidak orang-orang masih ada yang melakukan Traveling.

3. Di Bayar di Muka

Mungkin di bisnis tertentu kita akan di bayar belakangan oleh klien kita. Model bisnis seperti ini seringkali membuat orang takut kalau-kalau mereka tidak akan di bayar. Tetapi beda dengan model bisnis travel, Anda akan langusng di bayar di muka, saat mereka memesan, setelah itu mereka harus membayar apa yang menjadi pesanan mereka terlebih dahulu.

Ini harus mereka lakukan karena Anda juga di haruskan membayar tiket untuk transportasi dan juga akomodasi atau keperluan lainnya untuk pelanggan Anda.

Jadi bisnis ini sangat aman bagi Anda yang masih baru merintis, karena pembayaran penuh akan langsung Anda dapatkan saat mereka melakukan pesanan yang di konfirmasi.

4. Bisa di Mulai Kapan saja dan dari mana saja

Bisnis ini sebenarnya bisa di mulai tanpa harus mempunyai kantor yang cukup luas atau kantor resmi. Anda bisa memulainya dari rumah Anda langsung dengan menggunakan strategi pemasaran secara online.

Sekarang ini, hampir semua orang sudah menggunakan internet dan terhubung dengan internet di manapun mereka berada dengan menggunakan smartphone mereka. Meskipun memang tidak semua orang yang berada di daerah tertentu bisa terhubung ke internet tetapi kebanyakan yang tinggal di negeri-negeri maju sudah bisa terhubung dengan internet, hal ini pasti akan sangat bermanfaat untuk semua bisnis termasuk bisnis travel yang akan Anda jalankan ini.

Dengan adanya kemajuan teknologi seperti ini, kita semakin di permudah dalam memberitahu atau menyebarkan sebuah informasi tentang produk atau jasa kita kepada sebanyak mungkin orang tanpa ada batasan waktu, daerah dan negara.

5. Pasarnya sangat luas

Ini juga yang menjadi bagian yang paling menarik dalam bisnis travel adalah orang-orang yang ingin berlibur atau jalan-jalan tidak melihat siapa mereka. Apakah Anda lelaki, perempuan, orang tua, anak muda, kaya atau orang yang sederhana atau siapapun Anda, dalam dunia bisnis travel wisata tidak ada kata atau melihat hal itu sebagai perbedaan atau sebuah masalah, semuanya bisa mendatangkan uang untuk bisnis Anda.

Inilah yang harus menjadi pembeda bisnis Anda dengan model bisnis lainnya atau pesaing Anda. Hal ini sangat penting sekali dalam menjalankan bisnis travel untuk bisa mendapatkan citra yang baik dan terbuka, karena ada beberapa agen travel yang lebih senang melayani untuk kaum tertentu atau kaum elite saja.

Tips Memulai Bisnis Travel Wisata

Memang untuk memulai bisnis travel tidak hanya sekedar punya kesenangan di bidang ini dan juga keberanian. Untuk bisa sukses dan bertahan di bisnis travel Anda cara dan Tips yang harus Anda ketahui dan lakukan agar apa yang Anda harapkan dari bisnis travel ini bisa berjalan dan sukses.

1. Pilih Model Usaha Travel yang ingin Anda jalankan

Sebelum benar-benar menjalankan bisnis travel wisata, cobalah Anda tentukan jenis usaha tavel apa yang akan Anda jalankan. Apakah Anda hanya ingin menjual tiket pesawat saja, tiket bus, tiket kereta api, menyewakan kendaraan seperti mobil atau motor, Jasa untuk pengurusan visa dan paspor, Pemesanan kamar hotel, Homestay, villa, atau paket wisata perjalanan atau mungkin semua itu akan Anda jalankan?

Memilih dan menentukan semua ini akan membantu Anda fokus pada satu macam model bisnis dan mulai menghasilkan dari sana.

2. Pilihlah Nama Travel Bisnis yang mudah di Ingat

Bagian lain yang tidak kalah penting adalah mencari dan memilih nama travel bisnis Anda. Jangan asal memilih atau membuat nama bisnis sembarangan. Usahakan menggunakan nama bisnis yang simpel dan mudah di ingat.

Kenapa ini sangat penting? Karena ini akan membantu bisnis Anda mudah di ingat dan dihafal oleh orang hanya dalam beberapa detik penglihatan saja. ini juga akan membantu Anda ke depannya saat akan menjalankan strategi pemasaran yang akan Anda lakukan untuk bisnis travel Anda itu.

3. Buat Destinasi Wisata untuk bisnis Travel Anda

Berbisnis di bidang travel wisata tentu mempunyai tujuan wisata yang akan Anda jual. Coba Anda buat tujuan wisata mana saja yang akan coba tawarkan kepada orang? mungkin tujuan wisata yang akan Anda tawarkan dan jual sama dengan tujuan wisata pesaing Anda.

Pastikan Anda menentukan mulai dari titik mana saja yang akan menjadi tujuan wisata itu, beritahu juga kepada calon pelanggan Anda apa saja sih keunggulan dari tempat-tempat wisata yang akan mereka kunjungi itu.

Perhatikan juga jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lainnya tidak terlalu jauh atau beda jalur. Usahakan mempunyai arah tujuan yang sama juga karena ini akan memberikan keuntungan kepada Anda dalam masalah waktu, biaya dan juga paket yang akan Anda jual.

4. Buat Target yang Masuk Akal

Sebuah bisnis didirkan dengan tujuan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan di awal. Pastikan Anda membuat target dengan melakukan riset terlebih dahulu. Banyak orang yang membuat target tetapi tanpa melakukan riset terlebih dahulu. Saat bisnis sudah berjalan dan hasil yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan apa yang menjadi harapan, banyak yang akhirnya menjadi frustasi.

Jadi pastikan Anda melakukan riset pesaing, riset pasar, bahkan riset tentang keungan juga. Tentukan target yang kecil dulu dan masuk akal, atau mungkin itu hanya sebuah target kunjungan ke website travel Anda dahulu.

Saya pernah di suruh membuatkan sebuah website sama beberapa orang yang mengenal saya, baik itu secara online maupun teman yang saya kenal saat di sekolah dan di perkumpulan. Banyak dari antara mereka yang tidak membuat target di awal, saya tahu tujuan mereka membuat website hanya sekedar ingin mempunyai website dan bisa menghasilkan dari sana. Mereka tidak pernah tahu dan mencari tahu, apa yang harus mereka lakukan setelah mempunyai website? Akhirnya banyak yang menjadi frustasi karena menganggap website yang mereka buat tidak banyak membantu mereka.

5. Membuat Paket Travel Wisata

Buatlah paket-paket travel wisata yang menarik para calon pelanggan Anda mengingat bisnis travel mempunyai banyak pesaing. Semakin banyak paket yang Anda buat akan semakin bagus bagi calon pelanggan Anda untuk membuat pilihan berlibur sesuai dengan dana yang mereka punya.

Paket-paket yang di buat biasanya berupa berapa lama jumlah hari mereka berlibur di Bali, sebagai contoh berlibur di Bali 3 hari 2 malam atau 4 hari 3 malam dan seterusnya. Biasanya paket-paket seperti ini akan membantu mereka untuk tidak pusing menentukan kapan dan harus ke mana saat mereka berlibur di Bali.

6. Mendaftarkan Bisnis Anda

Jika memang memungkinkan dan mempunyai biaya, pastikan Anda mendaftarkan merek bisnis Anda kepada pihak yang berwenang, agar apa yang Anda jalankan dan rintis ini bisa berjalan dengan tenang dan jika Anda suatu saat mendapatkan masalah, Anda bisa menyelesaikannya dengan baik dan cepat karena bisnis Anda terdaftar.

Memang masih banyak juga, pemilik bisnis yang belum mendaftarkan bisnis mereka karena satu dan lain hal. Ini semua bergantung dari kita masing-masing. Jika memang saat ini Anda belum siap untuk mendaftarkan bisnis Anda, silahkan jalankan dulu, tetapi setelah di rasa semua baik dan berjalan dengan lancar alangkah bagusnya jika itu terdaftar dan mempunyai ijin yang resmi dari pemerintah Indonesia.

7. Onlinkan Bisnis Anda dengan Membuat Website

Di zaman yang serba online seperti sekarang ini, wajib sekali bagi Anda untuk mengonlinekan bisnis Anda. Buatlah website untuk bisnis travel wisata Anda agar calon pelanggan Anda bisa menemukan informasi tentang produk yang Anda tawarkan kapan saja secara online.

Menurut saya dan dari pengalaman saya selama bekerja secara online. Membuat dan mepunyai website adalah hal yang wajib bagi setiap pemilik bisnis. Kebiasaan orang saat ini sudah berubah, tidak seperti dulu. Jika mereka ingin mencari sesuatu, mereka akan mencoba mencarinya di Internet sebelum benar-benar membeli atau mengunjungi tempatnya. Bayangkan kalau bisnis yang Anda bangun tidak ada di internet, bagaimana orang-orang yang ada di kota lain bisa mengetahui tentang bisnis dan produk yang Anda tawarkan?

Tidak hanya itu saja, masih ada beberapa alasan mengapa membuat website untuk bisnis itu sangat penting apalagi bisnis travel wisata di tahun seperti sekarang ini:

  • Menghemat Pengeluaran. Untuk mempunyai sebuah website bisnis tidaklah mahal dan sulit. Anda hanya perlu membeli sebuah hosting, Domain, Template Website dan beberapa plugin berbayar jika memeng diperlukan dan di inginkan. Biaya ini tidaklah mahal menurut saya dari pandangan bisnis. Apalagi biaya ini nantinya bisa tertutupi dari pemasukan yang akan Anda dapatkan. Ini adalah sebuah investasi dalam waktu panjang.
  • Membuat Brosur Online. Meskipun brosur yang di cetak masih kita perlukan di zaman seperti sekarang ini untuk orang – orang yang datang ke kantor atau pada saat kita sedang bepergian, adalah baik jika Anda membuat brosur online yaitu melalui website bisnis Anda. website juga berperan sebagai brosur online yang bisa di baca kapan saja dan dari mana saja.
  • Pesaing Anda sudah lebih dulu mempunyai website. Saya yakin Anda pasti sangat ingin mempunyai website yang bisa di temukan di mesin pencari bukan? bayangkan kalau Anda tidak mempunyai website ketika ada calon pelanggan yang mencari di internet yang mereka temukan adalah bisnis pesaing Anda? sayang bukan, oleh karena pastikan Anda membuat website dan mengoptimalkan website.
  • Dengan mempunyai Website Bisnis Travel Anda bisa buka 24 jam. Mempunyai kantor offline memang bagus, tetapi mempunyai kantor online lebih bagus karena Anda bisa membuka toko Anda selama 24 jam tanpa harus membayar karyawan dan menggajinya untuk menunggu selama 24 jam. Ini pasti sangat penting sekali.

8. Perkenalkan dan promosikan Bisnis Anda

Setelah Anda membuat website dan menjalankan bisnis travel Anda, langkah selanjutnya yang paling penting adalah memperkenalkan bisnis baru Anda itu kepada sebanyak mungkin orang, baik itu orang yang Anda kenal atau dengan menggunakan strategi digital marketing. Pemasaran seperti ini jauh lebih murah jika kita bandingkan dengan pemasaran secara konvensional.

Untuk bisnis tour and travel yang akan anda jalankan, strategi digital marketing yang akan Anda jalankan bisa menggunakan beberapa cara ini:

  • Content Marketing – ini adalah strategi pemasaran dengan cara melibatkan pembuatan dan juga pendistribusian konten-konten yang masih berhubungan dengan bidang bisnis yang Anda jalankan untuk menarik dan membuat orang-orang tertarik membaca atau menonton konten yang Anda buat itu, dan dari situ mereka akan kita coba rubah untuk menjadi konsumen Anda. contoh konten yang bisa Anda buat adalah yang berhubungan dengan traveling, tentang kuliner di tempat wisata tertentu atau review tentang destinasi wisata dan juga tips-tipsnya.
  • Search Engine Optimization – ini biasanya di kenal juga dengan SEO. SEO adalah sebuah cara untuk membuat sebuah website travel Anda bisa muncul atau mudah ditemukan di mesin pencari dengan kata kunci tertentu. Dari pengalaman saya, memang biayanya tidak murah juga untuk bisa membuat sebuah website berada di halaman depan sebuah mesin pencari.
  • Email Marketing – Sesuai dari namanya email marketing adalah adalah sebuah strategi mengirimkan berbagai macam informasi atau promosi dengan menggunakan email.
  • Social Media Marketing – Strategi ini akan menggunakan dan memanfaatkan media sosial yang ada dan banyak digunakan oleh orang-orang saat ini seperti Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter dan lain sebagainya.

Semua strategi yang saya sebutkan di atas menurut saya wajib Anda terapkan untuk mempromosikan bisnis yang sedang Anda jalankan. Ingat ya, itu hanya sebagian kecil saja dari strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan, karena masih ada cara-cara lain yang juga harus Anda terapkan untuk lebih memaksimalkan strategi pemasaran Anda.

Memang ini bukan hal yang mudah bagi banyak orang, yang terpenting di sini adalah belajar dan mempraktekkannya.

9. Mempersiapkan Peralatan Untuk Bisnis dan Pemasaran

Saat akan menjalankan bisnis travel secara serius ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan, Anda perlu mempersiapkan alat untuk menunjang bisnis dan pemasaran. Salah satu hal yang paling penting dan wajib Anda miliki adalah kartu nama (business card). Meskipun kartu nama terlihat kecil dan sepele, sebenarnya jika Anda membuat kartu nama, ini akan membantu sekali saat bertemu dengan orang-orang lain.

Alat lain yang juga tidak kalah pentingnya di era internet seperti sekarang ini adalah membuat akun media sosial untuk bisnis Anda. Anda juga bisa menggunakan akun media sosial pribadi Anda, asalkan postingan Anda itu selalu konsisten berhubungan dengan bisnis yang Anda sedang jalankan. Jangan memposting tentang keluarga atau hal lainnya karena ini akan membuat beberapa orang tidak begitu suka. Anda bisa membuat akun Facebook, Instagram, Twitter dan juga blog yang berbayar supaya terlihat lebih profesional.

10. Memperluas Kerjasama Bisnis

Langkah selanjutnya yang juga sangat penting dalam mempercepat bisnis bisa bertumbuh adalah mempunyai kenalan dengan agen travel lainnya misalnya saja jasa transportasi, pengelola tempat-tempat wisata, rumah makan, pemerintah daerah, komunitas traveling dan juga blogger. Mereka bisa Anda ajak kerjasama untuk mendapatkan komisi atau mungkin kerjasasama lainnya yang bisa saling menguntungkan ke dua belah pihak.

Bahkan Anda juga bisa bekerjasama dengan agen travel lain yang ada di kota-kota lain untuk bekerjasama.

11. Memberikan Pelayanan yang Terbaik

Sebagai pemilik bisnis Anda harus memperhatikan semua pelanggan Anda, mau itu orang kaya, orang miskin ataupun orang Pemerintahan, karena semuanya memberikan Anda pendapatan. Jadi jangan membeda-bedakan mereka.

Dalam hal pelayanan, berusahalah untuk selalu memberikan pelayanan yang paling baik dari para pesaing Anda. Pelanggan akan merasa senang jika Anda melayani mereka dengan ramah, jujur dan cekatan.

Jika pelanggan Anda senang, mereka bisa saja memberitahukan dan mengenalkan Anda kepada orang-orang lain yang di kenalnya ketika akan berlibur. Jadi berupayalah untuk selalu ramah, sabar dan tersenyum kepada setiap pelanggan Anda.

12. Memanfaatkan Media Sosial

Pengaruh sebuah media sosial memang sangat besar sekali di era internet seperti ini. Berita yang dulunya sangat lambat di dapat di daerah lain sekarang hanya membutuhkan beberapa detik saja sudah bisa di rasakan dan di baca oleh orang-orang dari tempat lain.

Kita pasti sering melihat teman atau mungkin keluarga kita yang memposting foto saat mereka sedang liburan atau bepergian ke suatu daerah tertentu. Kita yang melihat postingan mereka kadang punya pikiran, kapan saya bisa berlibur ke sana juga?

Nah yang sedang saya bicarakan saat ini bukan tentang soal pamer di media sosial, tetapi kita akan memanfaatkan tren seperti itu untuk mengembangkan dan mengenalkan bisnis kita. Dengan memanfaatkan media sosial, karena media sosial salah satu bagian dari strategi Digital Marketing.

Tetapi kalau bisa untuk bisnis jasa, selain memposting konten-konten buatan kita sendiri sebaiknya Anda memposting konten UGC (User General Content). Bingung ya dengan istilah itu? Jadi UGC ini adalah sebuah gambar atau video yang dibuat atau yang berasal dari konsumen yang sudah menggunakan jasa Anda. Dengan memposting ulang konten-konten mereka ini jauh lebih baik dan ampuh kalau kita bandingkan dengan konten lain yang kita buat. Memang untuk yang baru memulai bisnis pasti belum bisa memanfaatkan hal ini sepenuhnya.

Dari yang saya baca di website Stackla, konten UGC jauh lebih mempengaruhi banyak orang untuk mempunyai keinginan bepergian sekitar 68%, jika ingin kita bandingkan dengan konten-konten yang kita buat atau yang di buat oleh para influencer.

Ini di sebabkan orang-orang lebih senang dan percaya melihat konten-konten UGC yang tidak di buat-buat seperti sebuah iklan. Konten-konten seperti itu juga bisa memberitahu orang lain apa saja yang bisa mereka dapatkan saat berlibur di tempat itu.

Saat Anda memposting ulang Anda bisa masukkan ke dalam stories atau bisa juga ke dalam feed media sosial Anda. jangan lupa untuk mencantumkan nama akun asli yang memposting gambar itu sebelumnya, tujuannya agar orang itu dan juga follower mereka bisa mengetahuinya.

Ya, jadi itu saja yang bisa saya bagikan kepada Anda hari ini tentang Tips Memulai Bisnis Travel Wisata sekarang juga. Meskipun saat ini persaingan sudah sangat tinggi, di tambah juga dengan adanya online Travel Agent Anda masih bisa bersaing dengan mereka dan mendapatkan tamu, karena setiap orang masih ingin mencari dan mendapatkan pengalaman dan ju aktivitas berlibur yang menyenangkan dan unik. Cobalah untuk membuat paket yang unik kepada pelanggan Anda.

Jika kalian suka dengan artikel Tips Memulai Bisnis Travel Wisata yang Sukses ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika Anda ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, Silahkan kirimkan artikel kalian ke My Bali Story yang di lengkapi dengan foto-foto.

Baca Artikel lain

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *