skip to Main Content
Tips Cara Mendapatkan Hotel Murah Di Bali Dan Hotel Gratis

Tips Cara Mendapatkan Hotel Murah di Bali dan Hotel Gratis

Bagaimana Cara Mendapatkan Hotel Murah di Bali dan Hotel Gratis Saat Berlibur

Cara Mendapatkan Hotel Murah — Apa yang mungkin ada dalam pikiran Anda saat ingin pergi berlibur? Apakah Anda ingin bersantai di pinggir pantai pasir putih sambil bermandikan sinar matahari, atau di bawah rindangnya pohon-pohon yang ada di pinggir pantai? Atau mungkin ada yang ingin menikmati indah dan sejuknya pemandangan pegunungan?

Siapa diantara kalian yang tidak suka mendapatkan Hotel dengan harga yang murah saat berlibur? Saya rasa semua akan menjawab senang dan suka mendapatkan kamar hotel dengan harga yang murah saat pergi berlibur. Berlibur (traveling) kini telah menjadi salah satu GAYA HIDUP yang paling TREND dan diikuti oleh semua orang. Bahkan banyak para pemimpin Agama, yang akhirnya mengikuti gaya hidup yang satu ini. (Meskipun berlibur tidak salah)

Adalah satu kebanggaan BAGI BANYAK ORANG kalau bisa beribur ke kota manapun yang ada di Indonesia dan juga Negara lain yang ada di belahan bumi ini. Saat berlibur salah satu kegiatan yang paling harus dilakukan adalah mengambil foto dan memajangnya di akun social media pribadi agar teman, keluarga dan follower mereka bisa tahu kegiatan terkini mereka.

Pastikan Anda Mempersiapakan Semua Hal dengan Sebaik-baiknya

Tetapi di luar dari hal-hal yang saya katakan di atas itu ada beberapa hal penting yang harus Anda pikirkan dan cari tahu saat hendak berlibur, apa saja itu?

Hal-hal penting yang harus di cari tahu saat Anda hendak berlibur adalah:

  1. Transportasi
  2. Itinerary dan yang paling UTAMA adalah
  3. Tempat menginap saat berlibur
  4. Cuaca Buruk
  5. Penundaan kerangkatan pesawat terbang atau transportasi yang akan Anda gunakan
  6. Mabuk saat perjalanan
  7. Dan hal penting lainnya

Semua hal yang saya sebutkan di atas adalah beberapa hal-hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan berlibur termasuk saat berlibur ke Bali.

Mengapa hal itu sangat penting?

Bayangkan kalau Anda tidak melakukan riset dan mencari tahu tempat menginap mana yang murah biaya (budget) liburan Anda bisa menjadi sangat banyak dan parahnya lagi kalau sampai biaya liburan Anda akhirnya harus memotong uang tabungan Anda untuk kesehatan dan lain sebagainya.

Mencari kamar hotel termurah di Bali memang susah-susah gampang. Mengapa saya bilang seperti itu? Karena tidak semua pemilik hotel, rumah dan villa yang mempromosikan tempat mereka seperti hotel dan villa lainnya. Banyak yang hanya bermodalkan kenalan, supir pariwisata, dari mulut ke mulut dan modal papan nama yang di pajang di depan gang atau rumah yang mau di sewakan untuk para wisatawan.

Selain itu adalah bijaksana jika anda duduk diam dan memikirkan sekaligus membuat perencanaan sebelum benar-benar berangkat berlibur. Pastikan Anda sudah mengurus semua dokumen penting yang diperlukan selama Anda berlibur, pastikan juga untuk membuat dokumen perjalanan dan kesehatan meskipun bagi banyak orang di Negara lain menganggap hal ini bukan suatu hal yang penting dan tidak biasa, khususnya di Indonesia. Sewaktu Anda hendak melakukan perjalanan semua hal ini sudah siap dan nantinya bisa akan sangat membantu Anda. Cari tahu juga tentang penyakit yang biasanya akan di hadapi saat pergi berlibur ke daerah atau negara tertentu yang akan Anda hadapi sehingga Anda bisa membawa dan mempersiapkan beberapa obat-obatan yang diperlukan untuk pencegahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan sehubungan dengan penyakit itu.

Jika Anda pergi ke Bali tentu tidak perlu sampai mempersiapkan obat-obatan yang perlu ijin dokter atau pemerintah setempat untuk di bawa pergi berlibur. Tetapi jika Anda hendap pergi berlibur ke daerah-daerah yang perjalanannya sangat rawan akan penyakit berbahaya, contohnya malaria, Anda di sarankan untuk membawa dan meminum obat-obatan yang untuk anti malaria sebelum berangkat ke tempat itu. Biasanya untuk jaga-jaga biasanya Anda akan di sarankan untuk selalu meminum obat itu selama berlibur dan setelah pulang berlibur sedikitnya 4 minggu setelahnya.

Suka Mabuk Kendaraan? Saya yakin buat yang suka mabuk seperti saya perjalanan berlibur akan sangat tidak menyenangkan. Sebetulnya apa sih yang membuat kita bisa mabuk kendaraan, apakah ada yang pernah tahu?

Dari pengalaman saya, biasanya karena kita jarang bepergian menggunakan kendaraan mobil atau kapal laut, ini bisa membuat kepala pusing dan akhirnya mual dan muntah. Tetapi beberapa ahli ada yang melakukan penelitian mengatakan seperti ini sehubungan dengan mabuk kendaraan. Otak Anda terlalu penuh dengan sinyal-sinyal daerah baru dan berada di daerah atau lingkungan yang asing.

Bahkan jika saat Anda berada di dalam pesawat, mobil dan kapal laut, getaran-getaran dan suara gerungnya membuat Anda mabuk perjalanan, cobalah untuk memusatkan pikiran dan perhatian Anda pada sesuatu yang stabil. Memang Ini tidak mudah dan saya mengakui hal itu. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Saya biasanya suka makan permen yang memiliki rasa asam manis, ini akan membantu mengurangi rasa mual dalam waktu singkat. Kalau perjalanannya sangat jauh biasanya saya akan minum obat-obatan antihistamin yang mampu menahan rasa mual dalam waktu yang lebih panjang, hanya saja ini tidak di sarankan untuk Anda yang membawa kendaraan, karena efek sampingnya adalah mengantuk. Selain itu jika Anda berada dalam kendaraan umum ini juga bisa membahayakan keselamatan Anda dari tangan-tangan jahil.

Menggunakan Perjalanan Udara. Pergi ke negara lain selama berjam-jam di dalam sebuah pesawat terbang bisa membuat gangguan kesehatan lain salah satunya adalah dehidrasi. Biasanya kalau kita berada di dalam sebuah pesawat kita akan kurang gerak badan, karena kita hanya akan duduk selama berjam-jam di dalam pesawat terbang. Duduk lama di dalam pesawat bisa menyebabkan Anda mengalami pembekuan darah di bagian kaki Anda. Jika ini pembekuan ini semakin parah dan mencapapai paru-paru dan jantung Anda maka akibatnya bisa fatal, Kematian. Jadi pastikan untuk berjalan-jalan di lorong pesawat untuk melemaskan otot-otot badan dan kaki yang kaku. Untuk mengurangi dehidrasi tentu saja kita harus sering banyak-banyak minum air putih dan hindari meminum minuman yang beralkohol di pesawat.

Membawa Anak Kecil dalam Perjalanan. Berlibur bersama semua anggota keluarga memang sangat menyenangkan. Tetapi beda halnya jika Anda berlibur bersama anak kecil. Percaya atau tidak ini bisa menjadi satu tantangan tersendiri. Kami punya pengalaman yang tidak mengenakkan saat pergi bersama Anak kecil di dalam pesawat.

Waktu itu kami akan pergi ke Jakarta untuk berlibur selama 1 minggu. Sewaktu kami pulang dari Jakarta, anak kami selalu menangis di dalam pesawat. Tidak berhenti minta turun. Ini bukan karena dia takut dengan pesawat. Anak kami takut sama orang yang berada di dekatnya, umur anak kami baru sekitar 1 tahun 9 bulan kalau tidak salah. Selama 1 jam di pesawat dia menangis sejadi-jadinya sampai muntah-muntah. Panik? Tentu saja iya, karena anak kami tidak mau kami suruh diam. Karena capek akhirnya dia tertidur selama hampir 2 jam dalam pundak saya. kalau ingat hal itu rasanya saya juga mau ikut muntah dan ingin mengatakan “ini pertama kali saya pergi dengan anak dan ini juga yang terakhir kalinya saya pergi dengan anak naik pesawat”.

wisata bersama anak

Meskipun membawa anak memang merupakan tantangan tersendiri apalagi memerlukan waktu yang sangat panjang, pastikan untuk membuat perencanaan tentang apa saja yang akan Anda lakukan dan bawa selama perjalanan berlibur. Jangan lupa untuk membawa mainan baru sebanyak mungkin yang bisa membuat perhatian dia ke maianan itu. Jika Anda memikirkan hal ini dan melakukan itu semua ini akan membuat perjalanan Anda menjadi menarik dan menyenangkan untuk seluruh keluarga.

Cukup panjang ya hal-hal yang harus Anda persiapkan saat hendak berlibur. Sekarang kita masuk ke pembahasan intinya yaitu MY BALI STORY akan berbagi tips Cara Mendapatkan Hotel Murah di Bali dan jika Anda beruntung Anda bisa mendapatkan tempat menginap secara GRATIS saat liburan, mau tahu, mari kita simak.

1. Mencari Voucher atau Kupon Hotel

Hal yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan harga hotel murah di Bali saat berlibur adalah dengan mendapatkan voucher hotel jauh-jauh hari. Anda bisa mencari jauh-jauh hari sebelum berlibur. Biasanya kalau dari jauh-jauh hari kita mencari promo dan voucher yang diberikan oleh hotel tertentu ini akan sangat membantu Anda untuk menemukan dan mendapatkan harga hotel termurah.

Apalagi di zaman yang sudah canggih dan informasi apapun bisa di dapat dengan mudah di internet baik itu melalui website dan juga beberapa aplikasi yang di Install di android Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan kupon diskon. Ini pasti akan sangat menghemat biaya liburan Anda.

Sekali lagi saya ingatkan cari promo atau voucher hotel jangan di waktu yang dekat, karena harganya bisa jadi akan jauh lebih mahal jika Anda booking dalam waktu yang dekat. Ini sudah dibuktikan oleh banyak backpacker ketika mereka ingin mendapatkan tiket hotel murah dengan tempat menginap yang bagus dengan budget yang pas-pasan.

Hotel biasanya suka menyebar dan membagikan voucher kerjasama khusus dengan blogger, agent travel, dan influencer

2. Berlibur di Waktu Low Season

Banyak orang pergi berlibur di waktu yang menurut saya tidak begitu tepat. Meskipun memang waktu itu adalah waktunya liburan. Bagi saya pergi berlibur di hari liburan bisa membuat biaya berlibur Anda tinggi. Cara terbaik untuk pergi berlibur adalah saat orang lain bekerja Anda pergi berlibur. Biasanya saat-saat seperti ini harga tiket pesawat dan harga hotel akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan saat hari libur.

Tidak usah tanya kapan waktunya low seassion? Saya rasa banyak yang sudah tahu apalagi orang-orang zaman masa kini, pasti tahu. Jadi hindari berlibur pada saat long weekend atau pada saat hari libur nasional, seperti lebaran dan juga hari natal atau tahun baru. Kalau memang di hari-hari itu Anda bisa mendapatkan harga tiket promo ya silahkan saja. Ada juga beberapa orang yang pergi pada saat hari puasa (ramadhan) baru mulai atau baru jalan satu minggu. Biasanya pada hari-hari itu harga tiket akan jauh lebih murah.

Saya seorang pekerja kantoran. Nah buat Anda yang seorang pegawai kantor juga bisa pergi berlibur di waktu orang-orang masih bekerja. Cobalah menemui atasan Anda dan minta cuti di waktu-waktu yang lebih awal, atau Anda bisa minta cuti kerja di waktu low season. Beberapa orang ada yang berlibur pada saat Low season, Long weekend dan harpitnas.

3. Cari Hotel yang baru Buka

Mungkin banyak yang tidak memikirkan tentang satu ini. Kebanyakan hotel yang baru buka biasanya suka memberikan harga sewa kamarnya jauh lebih murah untuk mendapatkan hati dari para konsumen yang belum mengenal baik tentang hotel ini. Bukan hanya harga yang murah saja yang akan Anda dapatkan, perabotan dan segala fasilitas yang ada di hotel juga masih baru. Karyawan yang bekerja juga masih baru bekerja dan mereka pasti akan memberikan pelayanan yang sangat bagus. Bahkan hotel-hotel baru suka mengaadakan promo-promo yang sangat-sangat menarik yang sangat sayang kalau Anda lewatkan. Teman saya pernah beruntung mencoba menginap do sebuah villa mewah 100% gratis asalkan dia mau menginap di sana dan memberikan review ke villa itu.

4. Menggunakan Kartu Kredit dan Tukar Reward Pointnya

Banyak orang yang mengalami masalah saat menggunakan kartu kredit. Sebenarnya jika Anda bijaksana menggunakan kartu kredit bisa sangat membantu Anda untuk mendapatkan berbagai diskon menarik. Bisa untuk belanja dan di manfaatkan saat berlibur. Coba Anda lihat di internet ada begitu banyak tawaran yang diberikan jika Anda belanja dan memesan hotel dengan menggunakan kartu kredit Anda.

Jangan takut untuk menggunakan kartu kredit Anda untuk membayar apapun termasuk memesan kamar hotel dan tiket pesawat. Setelah Anda sampai di rumah atau selesai berlibur Anda bisa membayar langsung lunas tagihan Anda dengan menggunakan rekening bank Anda. Ini sama saja dengan membayar dan mengeluarkan uang secara tunai bedanya jika kalian membayar dengan menggunakan kartu kredit bisa mendapatkan point.

5. Last Minute Deal

Memesan tiket pesan dan kamar hotel dari jauh-jauh hari memang salah satu cara untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Tetapi tahukah Anda rupanya ada cara lain untuk mendapatkan harga tiket pesawat dan kamar hotel dengan harga murah dengan mencari dan menggunakan fitur last minute deal. Anda bisa mencari di website resmi hotelnya langsung atau i beberapa online travel agent yang bekerjasama. Malah kalau Anda suka menggunakan instagram Anda bisa mencarinya di instagram. Dari pada kamar atau kursi penumpang kosong biasanya mereka memberikan harga tiket yang jauh lebih murah. Siapa yang suka sama model Last minute deal?

6. Mengikuti Kuis dengan Hadiah Menginap

Sekarang ini semakin banyak pemilik bisnis baik itu perorangan maupun perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan follower terbanyak. Salah satu cara yang paling powerpullz sampai ngepul adalah dengan mengadakan kuis dengan hadiah menginap gratis di hotel selama beberapa hari, dengan syarat mereka harus mau follow akun instagram yang di tuju dan melakukan kegiatan yang di minta. Pemenangnya biasanya akan di pilih secara random.

Ada banyak sekali produk dan juga pemilik akomodasi yang melakukan trik ini dan bahkan sering sekali mengadakan kuis. Bukan hanya di akun instagram resmi mereka sendiri biasanya kuis di sebar ke pemilik akun instagram yang bisa memberi pengaruh besar. Buat Anda para pemilik akomodasi dan bisnis di Bali jika ingin mengadakan kuis semacam ini bisa menempatkan kuisnya di akun instagram @mybalistory secara gratis, cukup hubungi kami melalui halaman kontak.

7. Membeli Melalui Travel Agent

Sekarang banyak sekali Travel Agent yang sudah mengonlinekan bisnis mereka. Anda cukup menggunakan aplikasi booking hotel tertentu dari masing-masing travel agent. Harga yang akan Anda dapatkan biasanya jauh lebih murah dari pada langsung memesan di hotel.

 8. Menginap di Homestay

Cara lain untuk mendapatkan penginapan murah, nyaman dan tempatnya bersih adalah dengan mencari homestay, hostel atau penginapan yang sejenis. Memang menginap di tempat seperti ini sangat berbeda jauh dengan Anda menginap di villa dan villa. Ingat tujuan Anda adalah untuk berlibur dan menikmati tempat-tempat wisata yang ada di Bali.

Ini adalah salah satu solusi yang bisa Anda gunakan untuk berlibur dengan dana yang terbatas. Penginapan yang murah belum tentu tempatnya jelek dan kotor. Jika Anda bisa tidur dan beristirahat dengan nyaman dan tenang setelah seharian berkeliling ke tempat-tempat wisata yang ada di Bali.

9. Menginap di Hotel yang lokasinya Strategis

Mungkin banyak orang yang kadang menganggap sepele di mana mau menginap. Seringkali yang menjadi pilihan adalah tempatnya bagus apa nggak, ada di daerah ramai apa terpencil dan lain sebagainya.

Saya akan berikan penjelasannya dalam bentuk cerita saja ya. Katakanlah Anda mau mau menginap di Hotel My Bali Story dengan harga Rp.200.000 untuk permalamnya dan hotel B memiliki harga Rp.150.000 untuk permalamnya.

Sampai di sini banyak orang akan langsung memesan hotel yang kedua, Hotel B. Anda memilih hotel kedua karena harganya beda Rp.50.000, jauh lebih murah dari pada hotel My Bali Story. Tapi ternyata kalau Anda menginap di hotel B, kalau Anda mau ke mana-mana agak jauh dan Anda harus naik taxi online atau grab lagi dengan biaya sekitar Rp.80 – Rp.100 ribu untuk sekal jalan dan itu belum termasuk ongkos baliknya. Sedangkan kalau Anda menginap di hotel My Bali Story Anda tidak perlu ke mengeluarkan uang karena beberapa tempat wisata bisa di jangkau hanya dengan berjalan kaki saja. Jadi mulai sekarang pastikan kalian teliti sebelum memesan penginapan, cek lokasi hotelnya dengan menggunakan Google Map, apakah jauh dari tempat-tempat wisata yang akan Anda tuju atau tidak.

10. Pesan Hotel dengan paket Tour

Sering lihat harga paket tour yang diberikan oleh travel agent nggak? contohnya seperti harga tiket pesawat dengan penginapannya atau hotel dengan tournya. Coba deh sekali-kali kalian perhatikan dengan teliti, biasanya mereka memberikan harga yang khusus yang jauh lebih murah dari pada kita langsung memesan hotel sendiri dengan harga yang terpisah. Mereka punya harga yang sangat murah. Saya juga tidak tahu apakah mereka punya kerjasama khusus dengan hotel sehingga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

11 Sewa Hotel Patungan dengan Teman

Pergi berlibur bersama teman sangat menyenangkan selain seru saat di perjalanan kita juga bisa berbagi biaya akomodasi dengan teman kita. kita bisa dapat penginapan yang lebih bagus karena biaya penginapannya dibayar sama rata dengan dengan teman-teman kita.

Anda bisa menyewa hotel ketimbang hostel. Karena nanti biayanya bisa kita bagi sama rata dan jatuhnya bisa sangat murah. Jadi lebih seru liburan kalian jika biaya kamar hotelnya patungan.

12 Ikuti Loyalty Program Hotel

Sekarang ini banyak sekali orang yang membangun hotel-hotel baru daripada tempat wisata baru, pernah merhatiin nggak? Saya kebetulan tinggal di Bali jadi kerasa banget. Menurut saya lebih cepat dan banyak orang yang bangun bisnis penginapan daripada tempat wisata baru. Saking banyaknya hotel dan penginapan baru akhirnya mereka berlomba-lomba untuk bisa mempertahankan dan mendapatkan pelanggan dengan membuat berbagai macam program dan diskon. Salah satu program yang lagi ngehits adalah Loyalty program. Program ini di buat untuk menarik dan mengatasi pelanggan yang suka berpindah-pindah rempat ke hotel lain.

Coba liat apa saja yang di tawarkan dari program loyalty masing-masing hotel, jika menarik silahkan ambil, ini akan sangat membantu dan menghemat sekali.

13 Coba Negosiasi langsung dengan pihak hotel

Negosiasi harga secara langsung dengan pihak hotel mungkin sedikit terdengar aneh dan bagi beberapa orang mungkin ini terdengar akan memalukan diri. Tapi tidak ada salahnya juga di coba karena kita memang ingin menginap di sana dan kebanyakan travel agent juga melakukan negosiasi untuk dapat harga yang terbaik jika mereka membawa tamu menginap.

Sebelum melakukan negosiasi coba cari tahu harga sewa kamarnya lewat melalui internet atau travel agent online. Setelah Anda tahu berapa harga termurah di travel agent cobalah Anda menawar harga di bawah itu, bilang saja kalau saya pesan online di travel agent saya dapat harga sekian, bisa nggak saya dapat harga di bawh itu? Siapa tahu dengan mencoba seperti ini Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari promo-promo yang belum sempat dipublikasikan oleh pihak hotel. Bahkan kalau Anda menginap untuk jangka waktu yang panjang cobalah melakukan negosiasi harga dengan pihak hotel.

14 Blogger – Tukar dengan Review

Jika kamu seorang blogger atau travel blogger cobalah untuk bertanya kepada pihak hotel, apakah Anda bisa menukar review dengan menginap gratis di hotel mereka? Jika bisa maka ini adalah salah satu cara untuk menekan biaya pengeluaran untuk menyewa hotel selama liburan.

Banyak travel blogger yang memilih untuk me-review hotel berdsarkan keunikan dan kualitas hotelnya. My Bali Story tidak seperti itu, kami mereview semua penginapan yang ada, baik itu yang biasa saja sampai yang berkelas karena tujuan My Bali Story adalah untuk memasukkan sebanyak mungkin informasi hotel atau penginapan dan juga usaha yang ada di Bali.

Persiapan yang Tepat Membantu Anda dalam banyak Hal

Memilih dan mencari dari sekian banyak hotel saat berlibur memang sebuah tugas yang penting dan wajib dilakukan, memang ini bukan pekerjaan yang bisa dikatakan mudah tetapi tidak sulit juga. Banyak sekali hal – hal yang harus menjadi pertimbangan Anda saat akan menentukan hotel mana yang akan menjadi tempat menginap Anda, ini sangat penting saat Anda mengutamakan sebuah harga.

Persiapan yang Tepat Membantu Anda saat pergi berlibur

Tips Cara Mendapatkan Hotel Murah di Bali yang saya tulis ini semoga bisa Anda manfaatkan saat akan pergi berlibur ke Bali dan juga ke tempat lain agar liburan Anda menjadi menyenangkan. Selain itu ada hal lain yang ingin saya sampaikan kepada Anda yang mungkin jarang di tulis oleh blogger lainnya.

Buat daftar apa saja yang ingin Anda lihat dan apa saja yang akan Anda lakukan di tempat tujuan Anda. Setelah membuat semua daftar itu kemudian langkah selanjutnya adalah mempersiapkan semua sesuai dengan apa yang sudah Anda rencanakan. Sebagai contoh, misalnya Anda ingin ke Bali untuk melihat pantai-pantai yang ada di Bali dan sekaligus ingin ke Gunung yang ada di Bali, maka bawalah beberapa perlengkapan yang memang cocok dengan tempat yang akan Anda tuju misalnya sepatu dan juga pakian-pakian yang cocok.

Liburan adalah kesempatan mendapatkan Pendidikan

Seorang traveler (atau seseorang yang pergi berwisata) setidaknya harus memiliki dan membawa pengetahuan dalam dirinya, jika ia ingin membawa sesuatu yang berharga saat pulang dari berpergian— Pengetahuan. Setiap Anda akan pergi ke tempat yang ingin Anda tuju pastikan untuk membaca segala hal tentang tempat tujuan Anda sebelum Anda benar-benar berangkat ke tempat itu.

Wisata mengandung pendidikan

Seorang yang berwisata memang seharusnya memiliki banyak pengetahuan mengenai hal-hal yang baru. Berlibur (wisata) memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan kenalan baru dengan orang-orang dari negara lain yang kita tuju, kita bisa belajar apa yang menjadi bahasa Ibu mereka, apa yang menjadi kebiasaan mereka dan cara mereka hidup, tapi sayangnya banyak Orang yang tidak mengambil kesempatan ini, mereka hanya punya pola pikir “Saya berlibur jadi saya tidak mau di ganggu dan saya mau menikmati makanan dan pemandangan yang ada di tempat ini, buat apa mengenal orang baru di tempat lain?”. Kira-kira itulah yang ada dalam pikiran banyak Orang yang berlibur.

Bukan hanya turis yang lokal dan mancanegara saja yang berlibur ke tempat jauh HANYA mengurung diri di hotel atau di villa bersama dengan keluarga, teman atau dengan rekan-rekan turis lainnya — yang biasanya semuanya adalah rekan-rekan dari negaranya atau dari kotanya — mungkin berenang di kolam hotel atau villa atau berendam di pantai kemudian menikmati hidangan yang bisa mereka makan di negaranya atau di kota mereka tinggal. Orang-orang seperti ini akan sangat sedikit sekali mendapatkan pelajaran mengenai hal-hal yang baru

Sayang sekali bukan?

Jika kita berlibur dan mempunyai minat yang tulus dengan tempat yang akan kita kunjungi, banyak wisatawan yang bisa mengkoreksi tentang salah pengertian mereka selama ini dan juga prasangka tentang penduduk dan juga negara yang mereka kunjungi. Ini bisa menjadi kesempatan untuk saling belajar dan mengenal secara langsung, bukan dari berita atau dari bacaan-bacaan yang di dapat. Anda bisa belajar bahasa baru, bisa mencicipi hidangan yang menggugah selera di tempat itu dan Anda juga bisa berfoto dengan orang-orang yang Anda temui untuk di masukkan ke dalam album foto, slide, koleksi atau perpustakaan video Anda dengan beragam contoh dari karya cipta Indah Allah.

Selain itu berlibur ke tempat-tempat yang standar hidupnya tidak begitu baik dari kita, ini bisa membantu dan mengajarkan kita untuk lebih memiliki rasa sukur atas apa saja yang sudah kita dapatkan selama ini jika di bandingkan dengan mereka, bertemu dan bergaul dengan mereka juga bisa menumbuhkan dan membangkitkan rasa empati terhadap orang-orang yang Anda temui yang hidupnya kurang seberuntung Anda. (Aduh kenapa saya jadi sedih)

miliki minat dan bergaul dengan orang lokal saat berlibur

Selain itu, berlibur mempunyai manfaat yang baik untuk pikiran dan kesehatan, oleh karena itu jangan membuat jadwal liburan yang sangat padat sekali, sampai Anda tidak bisa memiliki cukup waktu untuk membuat hal-hal yang tidak terduga. Miliki waktu yang kosong untuk merenung dan berpikir tanpa ada kegiatan yang mengganggu, rasakan kebebasan Anda yang benar-benar bebas saat berlibur dari kegiatan Anda yang di rumah dan di kantor.

Cobalah menerapkan tips-tips yang saya sebutkan di atas agar liburan Anda menyenangkan sekaligus mampu mengurangi biaya hotel yang bisa sangat mencekik dan belajar untuk menghargai apa yang sudah Anda dapatkan selama ini. Jangan lupa untuk membaca Panduan Liburan ke Bali untuk Anda yang baru pertama kali berlibur ke Bali. Ini akan membantu menambah pengetahuan Anda segala hal tentang Bali. Selamat membaca dan Berlibur.

Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share artikel ini kepada kenalan kalian dan follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *