skip to Main Content
Mengunjungi Tempat Wisata Terasiring Tegalalang Ubud Bali

Mengunjungi Tempat Wisata Terasiring Tegalalang Ubud Bali

Terasiring Tegalalang Ubud Bali. Tegallalang Rice Terrace atau yang juga di sebut dengan Terasiring Tegalalang yang berlokasi di Ubud adalah salah satu ikon sekaligus destinasi paling terkenal di Bali dan Indonesia. Sawahnya yang hijau masih menggunakan subak atau sebuah sistem pengairan tradisional Bali yang sudah ada sejak dulu. Kalau berdasarkan cerita rakyat (dongeng) tempat ini dulu pernah dilewati oleh orang yang dianggap suci bagi penduduk Bali. Orang suci ini bernama Rsi Markandeya sekitar abad ke-8 masehi. Terasiring di Tegalalang ini ada tiga terasiring yang masing-masing berada di tiga desa yang lokasinya tidak berjauhan, pertama desa Ubud, kedua Desa Campuhan dan ketiga Desa Pejeng.

Bali sendiri sebenarnya mempunyai banyak areal persawahan yang di kelola oleh penduduk Bali sendiri. Meskipun Bali masih banyak memiliki sawah hingga hari ini, tetapi tidak semua sawah yang ada di Bali di bentuk terasiring seperti yang ada di tiga di desa ini.

Pemandangan Terasiring sawah Tegalalang mempunyai pemandangan yang sangat indah dan menarik. Dari tempat yang tinggi Anda bisa merasakan angin yang sejuk dan ini adalah tempat yang paling pouler bagi para wisatawan yang datang ke tempat ini untuk mengambil foto. Banyak pelukis Bali yang mengabadikan Terasiring Tegalalang ke dalam lukisan mereka. Di sekitar tegalalang juga bisa Anda temui banyak toko-toko yang menjual oleh-oleh atau kerajinana tangan untuk di bawa pulang setelah mereka dari Bali.

Terasiring Tegalalang

Hal menarik selain pemandangannya dan hamparan sawah yang berwarna hijau, hal utama yang menjadi daya tarik dan menjadi hal wajib yang dilakukan para wisatawan adalah berfoto dengan pemandanga sawahnya. Sawah yang berundak-undak sepanjang lereng, orang tua Bali yang tinggal di sekitar sawah membuat para pengunjung senang ke tempat ini. Di sini Anda juga bisa minum air kelapa segar yang masih hijau. Anda juga bisa membeli topi anyaman dari daun kelapa yang dibuat oleh penduduk setempat

Di dekat sini ada desa kecil yang bernama Pakudui, ini merupakan sebuah pusat pengrajin Bali yang ada di Tegalalang, ini adalah desa yang menjadi saksi sejarah tentang perjalanan pengrajin lokal terbaik di Tegalalang. Anda juga bisa menemukan beberapa hiasan atau ornamen yang terbuat dari kayu dengan ukiran yang sangat indah dari tangan-tangan terampil. Memang sebagian besar penduduk desa di ini rata-rata merupakan pengrajin terkenal dan terbaik yang ada di Bali. Mereka menjadi pengrajin sudah tuturn temurun. Sudah banyak hasil karya tangan mereka dalam bentuk ukiran dan patung. Hasil karya mereka memang banyak dipengaruhi dari karya seni mereka merupakan warisan dari nenek moyang mereka, makannya bentuk ukiran dan patung mereka sangat unik dan cara membuatnya juga masih menggunakan teknik yang sama yang diajarkan oleh para leluhur mereka.

Terasiring Tegalalang Bali 1

Selain menggunakan cara-cara yang sudah turun temurun mereka juga menggunakan dan mengembangkan cara-cara baru yang mereka pelajari sendiri melalui internet dan kreatif yang terus berkembang. Jangan heran kalau Anda berjalan di sepanjang jalan desa Pakudi Anda akan melihat begitu banyak sekali patung Garuda yang di pajang di sepananjang jalan. Jika Anda suka silahkan mampir dan membelinya.

Selain patung Garuda Anda juga bisa menemukan beberapa patung bentuk dan ukiran patung lain seperti Ukiran singa, kuda, manusia, anjing, naga, kodok, kanguru, kucing, panel pintu, simbol-simbol, jendela dan bentuk lainnya. Tetapi kalau Anda perhatikan dari semua patung dan ukiran yang ada sepertinya patung Garuda adalah patung yang paling diagungkan dari karya – karya yang lainnya.

Sekedar informasi untuk Anda, Ubud sebenarnya memiliki tiga lokasi untuk melihat pemandangan sawah terasering:

  1. Rice Terrace Pejeng viilages
  2. Tegalalang Rice Terrace Ubud
  3. Rice Terrace Campuhan Village Ubud

Tempat Wisata yang berdekatan dengan tempat wisata Terasiring Tegalalang Ubud Bali adalah:

  1. Pasar Seni Ubud Bali
  2. Ubud Monkey Forest Bali

Hal-hal yang perlu Anda Perhatikan

Saat Anda mengunjungi tempat wisata Terasiring Tegalalang Ubud Bali, jangan heran, jangan takut dan merasa kasihan saat Anda melihat ada beberapa penjual cinderamata atau mungkin juga para petani yang ada di sana yang akan menawarkan dagangan mereka dengan cara yang mungkin terkesan sedikit memaksa, bilang saja Terima kasih atau ucapan sopan lainnya. Ingat tidak ada patokan harga yang pasti untuk semua barang yang di jual di tempat wisata ini, jadi kalau Anda berniat untuk membeli pastikan Anda menawar harga yang mereka tawarkan kepada Anda. Anda juga bisa menolaknya jika memang harga yang Anda inginkan tidak cocok dengan apa yang Anda mau. Ingat tujuan Anda ke sini adalah hanya untuk berfoto.

Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *