skip to Main Content
Sate Lilit Bali

Sate Lilit Bali – Sate Yang Unik Cara Pembuatannya

MYBALISTORY.COM – Sate Lilit adalah salah satu makanan khas Bali yang cukup terkenal dan populer. Sate lilit adalah varian makanan sate dari kota Bali dan menjadi salah satu kuliner khas bali yang unik. Sate ini bentuknya sedikit berbeda dari sate-sate yang sering kita makan. Sate lilit Bali biasanya dibuat menggunakan daging ikan, ayam, sapi dan daging babi. Beberapa orang ada yang menggunakan daging penyu yang di cincang halus. Setelah itu daging akan di campur dengan kelapa parut, santan, jeruk nipis, bawang merah dan juga merica.

Sate-sate pada umumnya biasanya dagingnya ditusukkan ke dalam tusukan sate. Sedangkan sate lilit Bali dagingnya tidak di tusuk, tapi di lilitkan ke tusuk sate atau batang serai. Inilah yang membuat kuliner khas Bali yang satu ini unik dan menarik.

Tusuk sate sate lilit biasanya lebar, pipih atau datar. Dengan permukaan tusuk sate yang lebih lebar ini akan memudahkan daging sate lilit lebih mudah menempel saat di lilitkan ke tusuk sate. Kata lilit dalam bahasa Bali mempunyai arti “membungkus” permukaan tusuk sate dengan daging.

Sate Lilit Bali Dibuat Dari Apa?

Bahan dan tusuk sate lilit bali

Cita rasa sate Bali memang punya rasa yang berbeda, dan selalu menggugah selera makan. Rasa sate yang gurih, pedas dan daging yang membalut merata di tusuk satenya. Kebanyakan sate lilit bali dibuat dari daging ikan. Selain menggunakan daging ikan sate Bali dibuat menggunakan daging sapi, babi dan beberapa ada yang menggunakan daging penyu atau kura-kura.

Tenang saja, buat teman-teman yang sering makan sate lilit di warung-warung atau hotel yang ada di Bali, pemilik warung biasanya membuat sate lilit menggunakan daging ikan supaya bisa di makan oleh semua orang.

Selain menggunakan bahan-bahan itu, sate bali yang satu ini juga menggunakan bumbu genep Bali untuk menambah kelezatan sate. Itulah mengapa sate ini kalau di makan mempunyai rasa gurih, pedas dan aroma rempah yang menyengat.

Kalau saya secara pribadi kurang begitu suka dengan sate lilit Bali meskipun saya tinggal di Bali. Beberapa dari antara Anda mungkin ada yang sama seperti saya, tapi istri saya, sangat suka makan sate yang satu ini.

Apa Yang Menjadi Keunikan Sate Lilit?

Banyak sekali orang yang sangat penasaran dengan kuliner Bali yang satu ini. Selain mempunyai bentuk yang khas dan unik, sate ini dibuat menggunakan bahan dari daging yang di cincang atau digiling terlebih dahulu.

Hal unik lain dari sate khas bali adalah tradisi pembuatannya! Biasanya para pria Bali yang akan mengadon, mengolah dan memasaknya bersama-sama dengan pria-pria lain di banjar desa atau di acara-acara adat Bali.

Makannya bagi warga Bali sendiri, sate Bali ini bukan sekedar bentuknya saja yang beda, dan juga bukan sebuah makanan yang bisa kita makan setipa harinya. Keberadaan sate lilit khas Bali ini ternyata mempunyai makna lebih dari itu!

Apa itu makna lebih dan yang menjadikan sate lilit unik?

Sate lilit Bali adalah lambang atau simbol kejantanan Pria-pria Bali.

Bukan jantan dalam arti yang ada dalam pikiran kalian saat loh ya. Jadi, sate ini sejak dulu mewakili simbol kejantanan, kebersamaan kaum pria. Alasannya adalah karena sejak zaman dulu proses pembuatan sate lilit Bali, semuanya akan dilakukan oleh pria.

Mulai dari memotong hewan, mengolah bumbu, melilitkan sate sampai ke pemanggangan sate semuanya dilakukan oleh para pria.

Jika ada upacara besar di Bali, pembuatan sate khas Bali ini bisa melibatkan banyak orang bahkan bisa mencapai 100 orang laki-laki Bali – Bikin sate doang loh.

Sate lilit ayam khas Bali

Hal unik lain yang mau saya kasih tahu ke kalian tentang sate Bali ini adalah cara penyajian sate untuk upacara keagamaan umat Hindu Bali, sate lilit biasanya akan di sajikan dengan jumlah yang ganjil tidak genap.

Mengapa harus begitu? Ini bertujuan untuk memberi penghormatan kepada para dewa mereka. Sate lilit khas Bali biasanya juga disajikan dengan ditemani sambal matah, nasi, dan sup ikan tuna yang panas atau hangat – Manteb dah nikmat dan segarnya!

Sate Lilit Bali Yang Ada Di Warung Pasti Halal

Meski ada sate lilit khas Bali yang terbuat menggunakan daging non halal, tapi kebanyakan sate lilit Bali yang di jual di warung-warung makan untuk tujuan wisata kuliner biasanya selalu terbuat dari daging yang halal seperti ikan.

Apakah ada yang menggunakan daging non halal seperti Babi?

Jawaban saya ada! Biasanya, sate lilit non halal di jual di warung-warung yang menjual makanan non halal juga.

Jadi, saat kalian berlibur ke Bali dan ingin makan sate bali yang satu ini jangan khawatir karena hampir semua sate Bali yang di tujukan untuk wisata kuliner menggunakan daging ikan yang halal.

Berapa Harga Sate Lilit Bali

Penasaran sama harga sate lilit khas Bali? Biasanya sate Bali di jual sepaket dengan makanannya. Meski biasa dijual sepaket kalian juga bisa membeli sate lilit Bali satuan. Harga Satu biji sate lilit biasanya di jual mulai dari Rp. 2000 – Rp.2500 (Tapi saya yakin harga ini akan terus berubah dari waktu ke waktu, palagi kalau kalian baca artikel pada tahun 9000, sudah pasti harganya tidak segini lagi).

Jika kalian ingin memesan sate lilit khas Bali langsung dari Bali, kalian bisa hubungi saya dan istri. Saya bisa membuatkannya untuk Anda sesuai dengan pesanan. Bisa pesan sate lilit untuk arisan, pesta atau acara pernikahan.

Jadi itu adalah pembahasan dari saya tentang sate unik asal Bali. Sate lilit memang beda dan sangat populer. Jika kalian ingin menikmati sate bali saat ini juga, kalian tidak perlu menunggu liburan tiba. Kalian bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan melihat resepnya di MY BALI FOOD.

Kalau kalian suka dengan artikel Warung Nasi Sate Lilit Bali ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika kalian ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, atau kalian suka menulis kami senang untuk mengundang Anda bergabung dengan kami menjadi penulis MYBALISTORY.COM, dan dapatkan IMBALAN UANG HINGGA JUTAAN RUPIAH setiap bulannya. Baca lengkap keterangannya di sini!

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.