skip to Main Content
Pasar Ikan Kedonganan Jimbaran Tempat Makan Seafood Di Bali

Pasar Ikan Kedonganan Jimbaran Tempat Makan Seafood di Bali

Pasar Ikan Kedonganan Jimbaran Pusat Tempat Makan Seafood di Bali

Salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi saat ke Bali adalah Pasar ikan Kedonganan Jimbaran. Pasar ikan Kedonganan, adalah pasar ikan penduduk lokal Bali. Pasar ikan tradisional Kedonganan juga sering disebut dengan โ€œPasar ikan Jimbaranโ€ di sebut seperti itu karena lokasinya yang memang sangat berdekatan sekali dengan tempat makan malam seafood pinggir pantai Jimbaran yang sangat terkenal itu.

Kalau mau makan seafood di Bali ya harus ke Jimbaran. Ini adalah tempat makan seafood yang sangat terkenal dan populer di Bali. Selain ikannya yang segar, suasana tempat makannya juga sangat romantis. Anda akan makan langsung di tepi pantai sambil melihat pemandangan pantai yang indah dan mendengar suara deburan ombak yang ditemani dengan paduan lampu-lampu lilin yang menambah suasana lebih romantis. Jika Anda tidak tahan dengan angin Anda bisa makan di dalam ruangan, tinggal pilih mau di luar atau di dalam.

kedonganan beach letter

Di pasar ikan Kedonganan ini, Anda bisa melihat kapal-kapal nelayan langsung di depan pasar. Di sini banyak kapal nelayan yang mendarat dan ikan hasil tangkapan mereka langsung di bawa ke pasar ikan Kedongananan ini. Jadi kalau Anda membeli ikan di pasar ini, biasanya ikannya masih segar-segar, kalau bisa Anda membeli langsung dari nelayan, cuma datangnya harus pagi sekali.

Buat kalian yang ingin makan ikan segar murah, saran saya silahkan ke pasar ikan tradisional Kedonganan. Di sini kalian bisa membeli ikan dan memilih sendiri ikan yang baru ditangkap. Meskipun langsung di depan pantai lokasi pasar ikannya, menurut saya secara pribadi tidak semua ikan yang di jual baru di tangkap tadi pagi. Banyak juga ikan-ikan hasil tangkapan kemarin yang di eskan dan di jual kembali. Jadi saran saya saat Anda membeli ikan di sini juga harus pinter-pinter menawar dan memilih ikan.

Tidak jauh dari pasar ikan dan dari tempat para nelayan menaruh perahu mereka untuk melaut, jika Anda berjalan ke selatan pasar Anda akan melihat sederetan restoran seafood milik warga desa Kedonganan yang membuka restoran.  

Pantai Jimbaran sangat terkenal dan mampu membuat para wisatawan domestik sampai mancanegara ingin datang ke sini. Oleh karena alasan itulah banyak hotel dan Tour guide yang yang mengajak tamu mereka ke pasar ikan Kedonganan untuk membeli ikan dan ke Pantai Jimbaran untuk makan seafood sebagai bagian dari paket Tour mereka.

Nelayan yang ada di Pantai Kedongananan ini hampir semuanya berasal dari pulau jawa seperti dari daerah Jember, Banyuwangi, Madura dan ada juga yang dari Lombok. Saya belum pernah melihat banyak orang Bali yang menjadi nelayan di pantai ini. Meskipun ada sepertinya yang paling banyak adalah nelayan-nelayan dari pulau jawa. Para nelayan ini sengaja datang ke Bali untuk mencoba mencari rejeki dari hasil melaut di pantai Bali dan menjual hasil tangkapan ikan di pelelangan Kedongananan. Biasanya banyak dari mereka yang akhirnya tinggal dan menetap di Bali. Jika ada hari raya baru mereka akan pulang ke kampung halaman mereka untuk silahturahmi dan setelah itu mereka kembali lagi ke Bali, kebiasaan ini biasanya terjadi satu tahun sekali.

Melihat Nelayan Kedonganan Beraktifitas

Memang banyak orang lebih suka ke pasar ikan Kedonganan pada pagi hari karena ingin mendapatkan ikan yang masih segar-segar. Menurut saya tidak semua ikan masih segar sih, karena banyak juga ikan hasil tangkapan kemarin yang banyak di jual di pasar ini. Saya secara pribadi senang untuk belanja dan membeli ikan di sini pada pagi hari sekitar jam 9 atau jam 10 pagi. Karena selain masih sepi belum terlalu banyak orang ikan yang kita beli bisa di masak buat makan siang, selain itu pagi hari masih enak buat beraktifitas kerja dan pergi ke mana-mana setelah belanja ikan atau hanya untuk melihat suasan pantai Kedonganan bersama keluarga.

Nah ada tips nih dari saya buat kalian yang ingin ke pasar ikan ini dan ingin sekalian melihat aktifitas nelayan yang akan berangkat melaut sebaiknya kalian datang pada jam 15.00 WITA. Pada jam itu biasanya sudah ada nelayan yang siap-siap akan berangkat untuk pergi melaut. Nanti pada dini hari biasanya para nelayan ini baru pulang dari melaut dan kemudian mulai menjual hasil tangkapan mereka di pelelangan Kedongananan. Menurut saya, inilah waktu yang baik untuk melihat dan membeli ikan langsung dari nelayan yang baru pulang melaut. Jangan langsung beli ya, kalian amati dulu nelayan mana yang bisa langsung di beli ikannya dipinggir pantai setelah pulang melaut.

Nelayan kedonganan jimbaran

Warna-warni kapal nelayan yang di sandarkan dipinggir pantai Kedongananan menambah suasana yang berbeda dengan Pantai pariwisata seperti di Kuta. Berjalan di atas pasir putihnya pantai Kedongananan dan melihat kegiatan para nelayan yang menarik perahu, merajut jala atau mungkin menimbang hasil tangkapan semalam menambah liburan kita lebih menarik dan berbeda dari liburan-liburan pada umumnya. Sepanjang jalan Anda akan melihat penjual dan pembeli ikan dan bau asin dari ikan-ikan hasil tangkapan akan tercium di sepanjang jalan ini, baunya yang khas akan membuat kangen untuk kembali ke tempat ini.

Makan Seafood di Pantai Jimbaran atau di Pantai Kedongananan

Makan Seafood di Pantai Jimbaran

Makan Seafood di daerah Jimbaran ada dua tempat menurut saya, yang sudah dalam bentuk restoran dan yang dalam bentuk warung kecil yang berada di dekat pantai Kedongananan. Semunya adalah tempat makan favorit di Bali yang wajib kalian Kunjungi dan coba. Mari kita lihat Restoran yang ada di sepanjang Pantai Jimbaran terlebih dahulu. Ingat ya, ini daftar Restoran yang ada di Pantai Jimbaran saja, tidak termasuk restoran yang di depan Pantai Muaya Jimbaran ya. Mungkin belum semuanya kami masukkan ke dalam daftar ini, jika masih ada yang kurang atau ada yang belum saya masukkan dan kebetulan Anda adalah pemilik restoran yang ada di Pantai Jimbaran silahkan menghubungi kami melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan.

1# New Furama Bumbu Bali Cafe Jimbaran. Ini adalah restoran yang terletak di Pantai Jimbaran sebelum pantai Kedongananan atau sebelum masuk ke kawasan pasar ikan Kedongananan. Restoran ini adalah salah satu restoran yang terkenal di Bali dengan sajian menu ikan laut yang segar (fresh food). Furama sudah buka sejak tahun 2002 sampai hari ini.

New Furama Bumbu Bali Cafe Jimbaran

2# Bintang Laut Jimbaran Cafe. Salah satu pilihan lain untuk menikmati makanan seafood di Jimbaran adalah Bintang Laut Cafe Jimbaran. Mereka memiliki menu-menu seafood yang beraneka macam dan kabar bagusnya adalah mereka memiliki harga yang sangat cocok dengan kantong para Back Packer. Pilihan menunya sangat lengkap dan sangat mengundang selera makan Anda. Makan sambil melihat pemandangan matahari terbenam tentu akan sangat menyenangkan.

Bintang Laut Jimbaran Cafe

3# Legong Bumbu Bali Segara Cafe. Pilihan lain untuk makan seafood di kawasan Pantai Jimbaran adalah Legong Bumbu Bali Segara Cafe. Menu yang di sajikan di sini sama dengan restoran yang ada di sepanjang pantai Jimbaran, soal rasa tentu masing-masing restoran memiliki rasa dan cita rasa tersendiri. Penyajian makanan dari saat Anda pesan dan sampai di meja makan terbilang sangat cepat. Soal harga banyak yang bilang sangat murah dan layak untuk di coba.

Legong Bumbu Bali Segara Cafe

4# Bali Cafe 21 Jimbaran. Makan malam Romantis di Bali Cafe 21 Jimbaran pasti tidak akan pernah terlupakan. Soal kelezatan rasa jangan di tanya lagi, semua cafe yang ada di sini sudah sangat terkenal akan kelezatan seafoodnya. Tentu sangat menyenangkan makan seafood dipinggir pantai sambil mendengarkan suara deburan ombak dan suara angin pantai bersama keluarag, teman atau kekasih tercinta. Harga yang di tawarkan di sini juga masih sangat masuk akal.

Bali Cafe 21 Jimbaran

5# Ocean Hai Jimbaran, Grilled dan Chinese Restaurant. Restoran yang satu ini memang sedikit unik tampilannya. Jika Anda baru mau masuk ke sini Anda akan melihat kepiting yang sangat besar sekali di depan restoran mereka (Bagian atas). Di dalam restoran juga ada sebuah lukisan bali dengan ikan-ikan dan isi laut. Kamu bisa berfoto di sini. Meskipun terlihat megah dan mahal, sebetulnya harga yang di tawarkan di sini hampir sama dengan harga di restoran yang ada di sekitar sini.

Ocean Hai Jimbaran, Grilled dan Chinese Restaurant

6# JBS Jimbaran Bay Seafood. JBS adalah salah satu restoran yang ada di Pantai Jimbaran. Anda bisa mencoba makan di sini juga. Mereka memiliki pemandangan yang sama dengan restoran yang ada di sekitar sini dan JBS Jimbaran Bay juga memiliki menu yang sama. Sebelum makan pastikan juga kalian membaca review dari pengalaman orang-orang lain ya yang ada di Tripadvisor, karena beberapa orang ada yang mereview kurang baik tentang restoran ini. Meskipun begitu alangkah baiknya jika kita mencoba sendiri juga di sana.

JBS Jimbaran Bay Seafood

7# Kampoeng Seafood Jimbaran Bay Cafe. Satu lagi pilihan restoran seafood yang ada di pantai Jimbaran adalah kampoeng Seafood Jimbaran Bay. Kalian tentu akan kebingungan untuk memilih restoran mana yang harus di coba. Menurut saya semua harus di coba secara bergantian dari waktu ke waktu. Sekali lagi silahkan juga membaca review yang ada di Tripadvisor saat Anda ingin makan Seafood di Pantai Jimbaran. Jangan lupa untuk bilang sama pelayan, saya minta yang masih panas dan baru di masak.

Kampoeng Seafood Jimbaran Bay Cafe

8# BOS Blue Ocean Seafood Jimbaran Bay. Ini salah satu restoran yang juga banyak diminati oleh wisatawan yang berlibur ke Bali. Kamu wajib coba restoran yang satu ini. Makan bersama keluarga dan teman-teman tentu sangat menyenangkan sambil melihat matahari terbenam.

BOS Blue Ocean Seafood Jimbaran Bay

9# Ganesha Pudak Cafe Jimbaran. Pilhan selanjutnya adalah Ganesha Pudak Cafe. Makin tambah banyak pilihan dan bingung mau makan di mana ya. Tenang saja, kalian harus mencoba semuanya satu-satu di next trip kalian.

Ganesha Pudak Cafe Jimbaran

10# Bali Sea Cafe Jimbaran. Pelayanan dan menu makanan yang ada di resto Bali Sea Cafe Jimbaran sama dengan restoran ada di sepanjang pantai ini. Masalah harga juga tidak terlalu beda jauh dengan yang lainnya. Mungkin masalah yang membedakan setiap restoran yang ada di sini adalah makanan yang di sajikan dan keramahan pelayanan saja.

Bali Sea Cafe Jimbaran

11# Bali Sea Side Cafe Jimbaran. Ini pilhan selanjutnya Bali Sea Side Cafe Jimbaran. Masih sama dengan restoran depan pantai lainnya yang ada di sini. Menawarkan menu seafood kha jimbaran dan pemandangan depan pantai yang romantis.

Bali Sea Side Cafe Jimbaran

12# Sri Gangga Cafe. Pilihan selanjutnya untuk makan dengan suasana depan pantai adalah Sri Gangga Cafe. Mungkin sangat jarang nama resto yang satu ini terdengar di telinga para wisatawan yang berlibur ke Bali. Jika kalian belum tahu dan ingin makan di Pantai Jimbaran kalian patut mencoba restoran yang satu ini.

Sri Gangga Cafe

13# New Dewata Cafe Jimbaran. Mungkin banyak pilihan tempat di Jimbaran untuk menikmati hidangan seafood. Tidak ada salahnya mencoba makan dan memilih salah satu restoran yang ada di sini. Meskipun memang kadang pelayanan dari masing-masing restoran kurang memuaskan setidaknya Anda bisa mencoba dan memberikan review untuk mereka dan juga pengunjung lainnya. New Dewata Cafe salah satu restoran yang patut Anda coba.

New Dewata Cafe Jimbaran
Saya Di Gonggong Anjing itu waktu ambil gambar ini ๐Ÿ™‚

14# Baliku Bumbu Bali Cafe. Sudah pernah mencoba makan di Baliku Bumbu Bali Cafe, ini juga menjadi satu dari sekian resto yang ada di pantai jimbaran. Seperti yang sudah saya katakan semua restoran yang ada di pantai jimbaran ini menyajikan menu dan view yang sama. Tetpai masing-masing resto memiliki resep khusus yang membedakan masakan mereka.

Baliku Bumbu Bali Cafe

15# The Cuisine Cafe Jimbaran. Dinner di Pantai Jimbaran tentu sangat mengasikkan dan tak akan terlupakan apalagi kalau makannya bersama pasangan kita, mmm… dunia serasa milik berdua. Salah satu restoran yang ada di pusat kuliner seafood jimbaran adalah The Cuisine Cafe Jimbaran. Percaya deh hidangan yang Anda makan akan terasa lebih nikmat karena sambil melihat pemandangan indah matahari yang terbenam.

The Cuisine Cafe Jimbaran

16# Langsam Cafe. Pilihan selanjutnya jatuh di Langsang Cafe Jimbaran. Jika kalian mau makan di pantai jimbaran usahakan untuk datang sore sebelum matahari terbenam. Karena bisa duduk-duduk santai sambil melihat matahari terbenam.                       

Langsam Cafe Jimbaran

17# Ayu Bali Resto Jimbaran. Makan ikan bakar dan udang bakar di Pantai Jimbaran pasti sangat menyenangkan. Salah satu tempat makan di di depan pantai Jimbaran adalah Ayu Bali resto Jimbaran. Ayu Bali resto juga sering digunakan acara pesta pernikahan.

Ayu Bali Resto Jimbaran

18# Beach Bali Cafe BBC. Masih ada pilihan lain tempat makan seafood di Jimbaran, Beach Bali Cafe BBC. Apakah masakan di sini enak? Saya tidak bisa menjawabnya, bisa saja buat saya itu enak tetapi buat orang lain tidak enak, karena masakan adalah soal selera. Jika Anda ingin makan seafood di pantai Jimbaran cobalah untuk mengunjungi dan mencoba masakan di resto ini.

Beach Bali Cafe BBC

19# Caviar Cafe Jimbaran. Memilih restoran yang ada di Jimbaran untuk makan Seafood memang susah susah gampang. Caviar Cafe salah satu restoran yang ada di komplek pantai Jimbaran. Banyak review terutama dari tamu asing yang mengatakan tempat ini sangat menjebak soal harga, Anda bisa mengecek review di Internet tentang baik dan buruknya restoran yang ada di Jimbaran.

Caviar Cafe Jimbaran

Ya jadi itu adalah beberapa restoran yang bisa saya masukkan ke dalam daftar panduan wisata kali ini. Ingat. Saya akan memberikan sedikit tips untuk Anda yang ingin makan Seafood di Jimbaran:

  • Pastikan untuk membaca review yang ada di Internet tentang setiap restoran yang hendak Anda kunjungi.
  • Jangan selalu percaya kepada supir Anda, karena biasanya mereka mendapat komisi untuk membawa tamu ke restoran yang ada di Bali, memang komisi adalah hak mereka, tetapi jika mereka bekerjasama untuk mencari keuntungan semata ini yang ingin kita hindari. Memang tidak semua supir akan bertingkah laku buruk, ada juga supir yang bertingkah laku baik dan sangat jujur, Anda bisa mengenalinya dari cara dia berbicara.
  • Pastikan untuk bertanya berapa harga satu porsinya untuk satu orang, meskipun Anda mempunyai uang banyak.
  • Para wisatawan selalu menjadi sasaran empuk untuk menjual dengan harga yang lebih tinggi, apalagi jika Anda warga negara asing. Karena harga warga wisatawan lokal dengan harga wisatawan asing BIASANYA dibedakan.
  • Cari tempat lain yang ada di sebelahnya jika harga yang di tawarkan tidak masuk akal.
  • Jika Anda ingin makan murah gunakan cara yang ada di bawah ini.

Makan Seafood di Pantai Kedongananan Mengggunakan Jasa Bakar Ikan

Makan Seafoof di Pantai Kedonganan jauh lebih murah jika kita bandingkan dengan makan Seafood di restoran yang ada di Pantai Jimbaran atau di Pantai Muaya Jimbaran. Lokasi warungnya ada dibagian sebelah kiri setelah pintu masuk parkir motor Pantai Kedongananan dan sebelah kanan jalan. Memang warung seafoodnya tidak terlalu banyak jika kita bandingkan dengan warung seafood yang ada di Pantai Jimbaran, jika saya tidak salah hitung mungkin hanya ada sekitar 7 warung Jasa Pembakaran saja.

Jadi ketika Anda selesai memilih dan membeli ikan di pasar ini, Anda bisa langsung membakarnya di warung-warung yang ada di luar pasar kemudian di bawa pulang atau kalau mau makan di warung pembakarannya juga bisa, nanti kalian tinggal beli nasi, sambal dan plecing kangkungnya dari warung pembakaran itu. Menurut saya ini lebih seru dan lebih murah. Biasanya kalau orang tua saya datang bersama keluarga untuk berlibur ke Bali saya sering mengajak mereka makan di Kedongananan dengan cara seperti ini, beli ikan lalu bakar di sini. Beberapa tempat Jasa pembakaran ikan yang pernah saya gunakan adalah:

# Warung Ulam Sari Grilled Seafood. Ini adalah warung Jasa Pembakaran langganan saya, setiap ada tamu atau keluarga yang datang ke Bali kalau kepingin makan ikan bakar di Kedongananan, saya pasti akan mengajak mereka beli ikan di pasar ikan, lalu membakarnya di sini. Memang tempatnya tidak berada di pinggir jalan persis, tempatnya agak menjorok ke dalam. Buat saya tempat ini sangat nyaman dibandingkan warung-warung jasa pembakaran yang mudah terlihat dari pinggir jalan di depan pasar ikan Kedongananan. Tempat duduk untuk makan luas, silahkan pilih mau pakai kursi atau mau lesehan. Banyak orang memilih menggunakan Jasa pembakaran yang ada dipinggir jalan karena mudah terlihat. Menurut saya jika Anda dan mereka tahu ada tempat ini saya yakin banyak orang akan memilih tempat ini. Warung Ulam sari berada tepat di antara dan di sebelah Warung Kuda Laut dan Penjual Es Batu untuk pasar ikan Kedongananan.

# Warung Kuda Laut Grilled Seafood. Warung ini adalah warung ke dua yang menjadi langganan saya, tetapi saya lebih sering menggunakan jasa pembakaran di warung Ulam Sari. Kalau warung Ulam sari tutup maka saya ke sini. Tetapi saya secara pribadi belum pernah makan di tempat ini, bukan karena apa, karena warung ini warung yang paling favorit dan banyak digunakan oleh orang (wisatawan lokal dan asing) untuk jasa pembakaran dan selalu ramai. Saya lebih sering menggunakan Jasa pembakaran mereka saja (tanpa makan di tempat) jika warung ulam sari tutup dan untuk membeli sambal dan plecing kangkung untuk di makan di rumah, karena Saya sering membeli ikan, cumi dan udang untuk dibakar sendiri di rumah dan biasanya setelah saya membeli ikan saya ke warung Kuda Laut ini untuk membeli sambal dan plecing kangkung saja. Jadi di rumah saya tinggal bakar ikan saja dengan anak atau dengan teman yang berkunjung ke rumah supaya bisa bergaul dan lebih akrab.

Warung Kuda Laut Grilled Seafood

# Warung Nila Ikan Bakar. Warung Nila Ikan Bakar juga warung Jasa Pembakaran ikan yang ada di pasar ikan Kedongananan. Mereka buka lebih pagi dari pada warung Jasa Pembakaran yang lainnya. Dulu mereka hanya melayani jasa pembakaran ikan saja, sekarang jika Anda menggunakan Jasa pembakaran mereka Anda juga bisa makan di tempat, memesan nasi dan plecing kangkung. Kalau saya perhatikan di sini orang sepertinya paling banyak menggunakan Jasa Pembakaran mereka. Jujur saya sangat jarang menggunakan Jasa Pembakaran mereka, kalau tidak salah hitung saya baru dua kali menggunakan Jasa Pembakaran mereka, itu karena saya datang kepagian ke pasar dan sewaktu mau bakar ikan jasa pembakaran yang lain belum buka, satu-satunya yang sudah buka adalah mereka, jadi waktu itu itu saya menggunakan Jasa Pembakaran Warung Nila Ikan Bakar.

Warung Nila Ikan Bakar

# Warung Baruna Bakar Ikan. Nah warung yang satu ini saya belum pernah menggunakannya sampai hari ini. Bukan karena apa tapi karena saya baru tahu mereka dan baru melihat mereka tidak lama ini. Saya juga bingung apakah saya yang salah lihat atau bagaimana, karena setiap saya ke pasar ikan Kedongananan saya tidak tahu kalau ada tempat pembakaran ini. Kalau dilihat dari papan namanya sepertinya mereka sudah cukup lama ada di sana karena papan namanya sudah pudar dan hampir berwarna putih dan tulisannya juga hampir tidak terlihat lagi, tetapi kalau di lihat dari cat temboknya terlihat mereka masih baru, jadi saya bingung. Warung ini terletak persis di sebalah Warung Kuda Laut. Di sini saya tidak ingin membahas hal itu yang ingin saya katakan warung Baruna Bakar ikan ini juga bisa Anda gunakan untuk membakar ikan yang Anda beli di pasar ikan Kedongananan, Anda juga bisa memesan nasi, sambal, plecing kangkung dan bir untuk makan di tempat. *kayaknya saya sendiri kapan-kapan harus mencoba membakar ikan dan makan di sini langsung.

Warung Baruna Bakar Ikan

# Bakar Ikan Made Ripuk. Jasa Pembakaran ikan Made Ripuk ini mungkin bagi beberapa Orang yang baru pertama kali datang mungkin akan agak membingungkan, apakah mereka menerima Jasa Pembakaran ikan atau tidak, karena papan namanya kecil sekali Cuma di tulis Bakar Ikan. Saya saja yang sudah lama di Bali sempat bingung apakah bisa makan bakar di sini dan makan di sini, mengingat tempatnya yang sedikit berbeda dengan warung Jasa Pembakaran ikan lainnya. Meja makan mereka cukup unik terbuat seperti bentuk perahu. Tempatnya memang sangat sederhana sekali, warung Jasa pembakaran Made Ripuk ini cukup ramai dibanding warung pembakaran lainnya.

Bakar Ikan Made Ripuk

# Warung Bu Wiwin. Jasa Bakar ikan yang satu ini pasti akan langsung terlihat karena ada dibagian depan tempatnya terbilang lebih raih, lebih bersih dan lebih nyaman dari yang lain. Di sini Anda bisa melihat pantai secara langsung. awalnya saya pikir ini adalah warung makan seafood yang langsung menyediakan ikannya, ternyata warung-warung yang ada dibagian depan ini juga menerima Jasa Pembakaran ikan.

# Warung Jegeg. Ini juga warung yang menerima Jasa Pembakaran ikan. Meskipun terletak dibagian depan jika Anda tidak membaca papan warung mereka Anda akan berpikir mereka bukan Jasa Pembakaran Ikan. Jujur semua warung yang ada dibagian depan ini saya pikir semuanya hanya menjual makanan seafood, setelah sekian lama saya lihat dan baca-baca lagi ternyata mereka juga menerima Jasa Pembakaran ikan.

Warung bu wiwin dan warung jegeg jimbaran

Memilih Ikan Yang Segar di Pasar ikan Kedongananan (Wajib Tahu)

Buat kalian yang ingin membeli ikan di Pasar ikan Kedongananan jangan asal beli ya. Karena kita tidak tahu apakah itu ikan masih baru atau sudah lama, karena banyak ikan yang di eskan kemudian di jual lagi. Nah tips sederhana dari saya ini wajib kalian tahu saat akan membeli ikan di pasar ikan manapun.

Ikan Tidak Berbau Menyengat

Ikan yang segar biasanya bisa terlihat langsung baik itu secara bentuk dan terutama dari bau laut atau air. Biasanya ikan yang masih segar itu malah tidak menimbulkan bau amis yang sangat menyengat, kalau menimbulkan bau amis yang sangat menyengat Anda patut curigesion ya.

Kulit Ikan terlihat Mengkilap dan Cerah

Ini adalah hal yang wajib Anda perhatikan saat akan membeli ikan. Ikan-ikan yang masih baru akan terlihat lebih cerah tapi tak secerah wajah Anda ya hehehe… Selain itu kulit ikan biasanya juga akan terlihat lebih mengkilap dan berwarna lebih terang, tidak pucat. Kalau pucat berarti ikannya habis jatuh kali ya?

Mata Ikan Hitam Pekat dan Jernih

Saat Anda membeli ikan perhatikan juga mata ikannya, mudah-mudahan ikannya tidak berkedip. Ikan yang segar biasanya matanya tidak buram, lihat lingkaran mata ikannya, ikan yang segar bagian mata yang hitam akan terlihat hitam pekat tidak buram, lebih menonjol dan masih terlihat jernih.

Daging Ikan Padat dan Elastis

Ikan yang sudah lama biasanya dagingnya akan lembek, karena mulai mengalami pembengkakan. Kalau kalian tidak percaya lakukan tes sendiri, beli ikan yang masih hidup dan biarkan dia mati seraya hari-hari berlalu daging ikan akan mulai lembek. Ikan yang segar dan baru biasanya daingnya masih keras atau padat dan elastis dan tidak akan berubah bentuk sewaktu kita tekan-tekan.

Insang Ikan Masih Berwarna Merah Pekat

Cara lain untuk mengetahui ikan masih segar adalah dengan melihat insang ikan. Jika Anda melihat insang ikan masih berwarna merah dan cerah ini menandakan ikan itu masih sangat segar. Ingat jangan membeli ikan yang sudah berwarna pucat dan berlendir ya, karena itu sudah ikan lama dan busuk.

Ya jadi itu adalah panduan wisata yang bisa saya bagikan hari ini tentang Pasar Ikan Kedonganan Jimbaran Tempat Makan Seafood di Bali dan beberapa informasi penting yang mungkin Anda butuhkan seperti restoran-restoran yang ada di sekitar sini, bagaimana Anda bisa makan murah di Jimbaran dengan beli ikan sendiri dan membakar ikan di warung pembakaran setempat.

Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share artikel ini kepada kenalan kalian dan follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika Anda ingin mengabadikan moment liburan Anda atau ingin Prewedding dan Menikah di Bali Anda juga bisa menggunakan jasa fotografer di Bali yang bekerja sama dengan MYBALIStory. Kalau Anda Ingin Sewa Mobil di Bali dengan Supir selama liburan di Bali juga bisa, selain itu kami juga siap Membantu Anda yang ingin menitip dibelikan barang-barang atau oleh-oleh yang ada di Bali. Silahkan hubungi kami melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan. Jangan lupa dukung kami dengan memberikan Donasi di halaman ini. Donasi Anda akan membantu kami untuk terus bisa memberikan informasi bermanfaat seperti membuat artikel, review, membuat video, blog dan beberapa hal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *