skip to Main Content
Oleh Oleh Khas Bali Murah Yang Wajib Di Bawa Pulang

Oleh oleh khas Bali Murah Yang Wajib di Bawa Pulang

Bali tempat wisata yang selalu ingin dikunjungi oleh setiap Orang, bahkan banyak orang yang punya impian ingin menikah di pulau yang terkenal indah ini. Ya, Bali adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yang paling sering dan paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu lokal maupun wisatawan manca negara. Bali dikenal dengan keindahan alamnya dan juga kekentalan budayanya, inilah yang menjadi salah satu daya tarik pulau terindah di dunia ini.

Saking indahnya setelah kuliah dari Yogyakarta saya langsung mencari kerja dengan mengirim lamaran secara online dan lewat pos Indonesia. Setelah ada panggilan saya kemudian barangkat ke Bali, mulai bekerja dan tinggal di kota ini sampai sekarang.

Saya yakin tak lengkap rasanya pulang berlibur kalau tidak membawa oleh-oleh untuk kakak, adik, orang tua dan juga teman-teman kita. karena bali adalah kota wisata yang paling ramai dikunjungi oleh tamu hal ini membuat banyak orang dan penduduk di Bali untuk membuat dan berjualan beragam oleh-oleh khas Bali untuk di bawa pulang oleh wisatawan sebagai buah tangan.

Saya yakin, dari sekian banyak wisatawan yang berlibur ke Bali, banyak yang mengandalkan informasi dari internet untuk mencari tahu oleh-oleh khas Bali itu apa saja dan di mana saja mereka bisa membelinya. Karena alasan inilah saya menulis artikel ini untuk membantu kalian mendapatkan informasi tentang oleh oleh khas Bali Murah yang wajib di Bawa pulang sebagai buah tangan.

Berikut ini adalah daftar oleh-oleh khas Bali yang menurut kami wajib kalian bawa pulang setelah liburan dari Bali.

Daftar Oleh-oleh Khas Bali

Makanan dan Camilan

  • Pie Susu
  • Kacang Disko
  • Kacang Asin
  • Bakpia
  • Kerupuk Kulit Babi
  • Ceker Ayam
  • Kopi Kintamani
  • Salak Bali

Souvenir

  • Lukisan
  • Produk Spa
  • Kerajinan dari Kayu
  • Alat Musik
  • Kerajinan dari kelapa
  • Layangan Bali

Fashion

  • Kaos Joger
  • Baju Barong
  • Kain Pantai Bali
  • Perak

1# Pie Susu

Makanan yang satu ini menurut saya sudah ada sejak lama, tetapi namanya menjadi semakin terkenal sejak semakin banyak pedang yang membuat dan menjual Pie susu Bali. Pie susu ini cukup terkenal di telinga wisatawan lokal. Pie Susu tertua dan pelopor kue Pie Susu di Bali adalah Pie Susu yang merek “Asli Enaaak”. Pie susu ini sudah ada sejak tahun 1989, awalnya sih usaha ini di jalankan oleh Ibu Tantri yang berlokasi di Jl. Nuri, tokonya berada di Jl Nangka. Saya secara pribadi juga heran kenapa Pie susu ini menjadi oleh-oleh khas Bali, karena Pie sendiri bukan makanan khas Bali.

Sekarang ini kalau Anda berlibur ke Bali Anda bisa membeli Pie susu di tempat-tempat wisata yang ada di Bali, karena sekarang sudah banyak bermunculan berbagai macam merk Pie Susu dan juga rasa. Jika Anda ingin membeli Pie susu pertama di Bali maka Anda wajib membeli Pie susu merek Enaaak ke toko resmi mereka. Tetapi jika Anda mau membeli Pie susu lainnya (tiruan) juga tidak masalah, karena masing-masing pembuat mempunyai cita rasa tersendiri dan harga tersendiri.

Saya secara pribadi lebih menyarankan kalian untuk membeli Pie Susu pertama di Bali merek Enaaak. Gak asik kan kalau kalian salah membeli Pie susu tiruan di Bali, jadi mumpung ada di Bali ya sebaiknya membeli Pie susu yang asli langsung di Toko mereka.

Jika Anda ingin membeli dalam jumlah banyak sebaiknya Anda memesan secara online atau setidaknya telepon mereka terlebih dahulu, karena biasanya kalau Anda langsung ke sana takutnya bisa kehabisan.

2# Pia Legong

Selain di Jogja Bali juga mempunyai makanan yang yang satu ini. Namanya Bakpia Legong, bentuknya memang sama hanya saja ada sedikit perbedaan dengan bakpia lainnya, Pia Legong memiliki bentuk yang lebih besar dan memiliki variasi rasa yang cukup banyak, ada rasa cokelat, keju, stroberi, kacang tanah dan beberapa rasa lainnya.

Pia ini juga terbuat dari bahan-bahan yang sama seperti bakpia yang ada di kota lainnya, sama sama dibuat dengan campuran kacang hijau, gula dan juga tepung. Pematangannya juga dilakukan dengan cara yang sama yaitu dengan cara di panggang.

Pia Legong ini sangat terkenal dan hanya di jual di toko meollreka, misalnya Anda menemukan di toko lain itu juga masih produk yang sama (asli) hanya saja di jual dengan harga yang jauh lebih mahal dari toko aslinya. jika Anda ingin membeli Pia Legong Anda bisa ke toko mereka Jl. Bypass Ngurah Rai, Ruko Kuta Megah 15 Kuta Bali, sebelum airport.

Saya heran kenapa bisa sangat begitu laris sekali Pia legong ini, padahal menurut saya dari rasa sih sama saja, yang membedakan bentuknya yang besar, di kemas dengan kemasan yang baik dan pianya agak empuk tapi tidak lembek juga. Itu saja, sisanya sama dengan pia-pia lainnya. Karena laris maka setiap pembeli yang membeli di toko mereka dibatasi, setiap pembeli hanya bisa membeli dua kotak saja.

Jika kamu ingin membeli dengan jumlah banyak, maka ajaklah orang-orang lain untuk ikut mengantri dan membeli di sana. Selain cara itu Anda juga bisa memesan lewat telepon dan melakukan pembayaran, jadi nanti saat Anda ke sana Anda tinggal ambil saja. Cara yang ke dua ini menurut saya jauh lebih aman.

3# Kerupuk kulit Babi

Oleh-oleh khas Bali yang satu ini khusus untuk mereka yang bisa makan babi saja, namanya adalah kerupuk kulit babi. 100% ini mengandung babi. Kerupuk kulit babi ini berbeda dengan kerupuk kulit babi yang di jual di pasar umum atau yang ada di warung makan babi guling.

Percaya deh sama saya, kerupuk ini akan membuat Anda ketagihan…

Begitu Anda gigit rasanya sangat renyah dan ada sedikit asin yang pas. Oohh masih kebayang saat saya menulis artikel ini tentang kerenyahannya dan membuat saya tidak bisa berhenti untuk menghabiskannya satu plastik.

Merke kerupuk kulit babi yang saya rekomendasikan adalah “Kerupuk kulit Babi Rejeki” harga satu plastik kerupuk babi ini saat artikel ini saya buat adalah Rp.35.000 untuk yang 70 gram, sedangkan untuk yang 200 gram dibandrol dengan harga Rp.110.000.

Saya rasa banyak yang belum tahu oleh-leh yang satu ini, karena memang tidak populer dan carinya juga masih sangat susah, suka ada di warung makan tertentu dan juga di pusat oleh-oleh modern saja.

4# Kaos Joger

Mungkin saudah banyak yang tahu oleh-oleh khas Bali yang satu ini, “Kaos Joger Bali”. Toko kaos yang dulunya kecil sekarang sudah besar dan menjadi salah satu icon Bali, kalau ke Bali ya harus ke Joger, kira-kira seperti itu.

Sekarang selain outlet utama yang ada di dekat Airport Ngurah Rai, Jalan Raya Kuta, Kuta, Bali, joger juga membuka cabang di tempat lain, Jln Denpasar – Bedugul, Desa Luwus Baturiti, tempat ini dibangun untuk menghindari tumpahnya pembeli yang ke toko utama, maklum toko utama mereka yang di dekat Airport Ngurah Rai tidak bisa buat menampung pengunjung sebanyak stadion sepak bola, karena alasan inilah mereka akhirnya memberanikan diri untuk membongkar semua tabungan mereka dengan membuka toko cabang di tempat lain dengan kapasitas seperti lapangan sepak bola.

Menurut saya kaos Joger itu sama seperti kaos pada umumnya, berwarna putih dan ada gambarnya. Memang yang membuat sedikit beda adalah tulisan-tulisan yang ada di kaso Joger yang sedikit aneh dan bisa dikatakan nyleneh.

Buat harga, memang harganya juga tidak semurah kaos yang ada di pusat oleh-oleh khas Bali. Harga mereka paling murah sekitar Rp.90.000-an pada saat artikel ini saya buat (karena harga akan selalu berubah dari waktu ke waktu).

5# Baju Barong

Kaoas Barong Bali adalah kaos yang sangat melegenda banget, Cuma kayaknya sekarang udah jarang banget ya orang yang ke Bali beli kaso yang seperti ini. Baju barong biasanya berwarna putih dan hitam dengan menampilkan gambar tokoh Bali, Yaitu barong Bali. Harga kaos barong bali juga sangat murah sekali. Kaosnya memang tipis dan adem saat di pakai.

Cuma kayaknya kalau dipakai sampai puluhan tahun tidak bisa bertahan lama (Menurut saya, habis tipis banget). Kaos barong bisa kamu beli di toko oleh-oleh modern seperti erlangga dan krisna, selain itu kalian juga bisa di toko oleh-oleh yang banyak bertebaran di Bali.

6# Kain Pantai Bali

Kain yang satu ini juga adalah salah satu oleh-oleh yang wajib kamu beli saat berlibur di Bali. Motif kainnya sangat khas sekali biasanya bergambar bunga atau abstrak.

Kain pantai ini bisa di beli hampir di semua toko oleh-oleh yang ada di tempat-tempat wisata Bali. Harganya juga sangat beragam. Saya biasanya sering mendapat pesanan dari teman untuk dimintai tolong membelikan kain pantai yang ada di Bali.

7# Kacang Asin Rahayu

Kacang asin Rahayu ini sangat terkenal dan mungkin setiap orang yang berlibur ke Bali harus membawa pulang kacang ini sebagai oleh-oleh. Kacang Rahayu ini seperti kacang goreng pada umumnya, tetapi rasa gurihnya kacang Rahayu ini cocok banget buat cemilan saat kita sedang menonton TV atau film atau bisa juga buat cemilan saat santai.

Bisa saya katakan Bali tanpa kacang Rahyu bukan Bali. Jadi kalau kamu ke Bali pastikan beli buat oleh-oleh kelaurga dan kenalan kamu ya.

Kemasan kacang Rahyu berwarna merah ada tulisan rahayu. Harganya memang sedikit lebih mahal, tapi menurut saya ini sebanding dengan rasa dari kacang Rahayu.

8# Salak Bali

Salak Bali juga salah satu oleh-oleh khas Bali yang wajib kamu beli setelah berlibur di Bali. Salak Bali biasanya di kenal juga dengan nama salak Gula Pasir.

Kalau kita bandingkan dengan salak pondoh, salak Bali punya rasa yang khas menurut saya, salaknya manis dan bijinya sangat kecil. Untuk membeli salak Bali juga gampang banget cukup ke pasar tradisional bali terdekat maka kamu bisa membeli salak Bali, kalau kamu cari di pusat oleh-oleh Bali yang modern kayaknya sangat jarang di jual. Saya biasanya membeli salak Bali di Pasar badung Bali.

9# Kopi Kintamani

Buat yang suka kopi patut mencoba yang satu ini, Kopi Kintamani Bali. Sesuai dengan namanya kopi ini hanya dibudidayakan di daerah kintamani Bali. Ini adalah kopi arabika. Saya secara pribadi belum pernah mencoba kopi ini sewaktu menulis artikel ini. Karena saya tidak terlalu banyak minum kopi untuk menjaga kesehatan.

Tetapi kapan-kapan saya harus mencoba kopi ini, kan tidak lucu ya sudah tinggal lama di Bali tapi saya senditi belum pernah minum kopi kintamani ini. Katanya rasa dari kopi ini ada rasa jeruknya sedikit dan tidak terlalu pahit, bahkan tingkat keasamannya juga sangat rendah. (katanya asam kopi ini yang bikin perut kembung). Kopi ini juga sudah di ekspor ke Jepang, Australia, Arab dan juga sampai ke Eropa.

10# Kacang Disko

Kacang disko ini terdengar sedikit aneh ya? Buat kamu yang suka kacang Bali punya kacang disko. Kacangnya dilumuri tepung, dan komposisi tepungnya lebih tebal dari kacang lainnya. Kacang disko punya banyak rasa, mulai dari yang original, pedas, keju dan ada rasa BBQ dan juga rasa udang yang cukup banyak peminatnya.

Banyak yang suka kacang disko dengan rasa pedas, karena bisa ngebantu melek saat menonton acara TV malam hari supaya mata melek terus. Kacang disko sendiri ada banyak merek, jika Anda mau membeli kacang disko cobalah untuk membeli kacang disko dengan merek Mami dan Rajawali.

Jadi itu adalah beberapa oleh-oleh khas Bali yang wajib kamu bawa pulang setelah berlibur dari Bali. Memang masih ada oleh-oleh yang lain tetapi menurut saya yang paling utama dan yang paling banyak di Beli biasanya yang saya sebutkan itu.

Untuk oleh-oleh seperti gelang Bali, Patung Bali, Layangan Bali, Lukisan dan lainnya tidak terlalu paling utama dan menurut saya jarang sekali orang membeli oleh-oleh seperti itu, selain agak repot buat di bawa peminatnya juga tidak sebanyak oleh-oleh yang saya sebutkan di atas. Jika kalian mempunyai informasi tambahan seputar oleh-oleh khas Bali yang paling sering diminati dan yang paling banyak di beli oleh wisatawan asing maupun lokal silahkan beritahu kami melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Jika saat ini Anda ingin menitip dibelikan oleh-oleh khas Bali atau apapun yang ada di Bali, Anda bisa meminta bantuan kami.

Baca Juga Artikel Menarik Kami lainnya:

Tempat Makan Favorit di Bali Yang sering dikunjungi Wisatawan
Sate Babi Bawah pohon Kuliner khas Bali yang wajib dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *