skip to Main Content
Tempat Wisata Museum Pasifika Nusa Dua Bali

Tempat Wisata Museum Pasifika Nusa Dua Bali – Wisata Museum

Kami sangat yakin banyak diantara kalian pada saat berlibur ke Bali, banyak yang belum pernah mengunjungi tempat wisata yang satu ini, Museum Pasifika Bali yang terletak di Nusa Dua Bali. Tempat seperti ini memang kurang begitu di minati oleh kebanyakan orang, bahkan bisa saya katakan bukan menjadi tujuan wisata utama saat datang ke Bali.

Saat Anda berada di ubud, mungkin akan lebih banyak melihat musem karena ubud adalah salah satu kota yang paling banyak memiliki museum, khususnya museum lukisan.

Museum Pasifika ini adalah salah satu Museum yang menampung beragam karya seni terkenal dan ini adalah salah satu museum terbesar.

Jika Anda adalah seorang yang mencintai seni, maka museum Pasifika ini wajib Anda kunjungi. Letaknya tidak jauh dari pantai yang ada di Kawasan Wisata Nusa Dua Bali. Saya sarankan sebelum Anda ke pantai sebaiknya mampir dulu ke tempat museum Pasifika ini. Setelah dari sini, Anda bisa berjalan kaki menuju pantai. Dari pintu keluar tinggal belok ke arah kiri. Mungin 3 sampai 5 menit Anda sudah sampai di pantai Nusa Dua Bali.

Baca juga: Biaya Wisata ke Bali dan Liburan di Bali

Meskipun Musum Pasifika ini terbilang Museum yang baru jika kita bandingkan dengan museum yang ada di Ubud. meskipun terbilang baru museum pasifika ini mempunyai tempat yang cukup luas dan koleksi lukisan yang sangat banyak. Bahkan museum ini juga pernah meraih penghargaan Wonderful Indonesia Award pada tahun 2011 yang diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di kategori museum Indonesia dan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berada di Nusa Dua Bali.

Sejarah Singkat Museum Pasifika Bali

Museum Pasifika mempunyai koleksi lukisan, patung, ukiran dan hasil karya seni lain dari seniman yang ada di Asia Pasifik. Sekitar tahun 2004 museum pasifika ini mempunya nama Museum Pacific Art Centre, dan waktu itu belum termasuk dalam kategori museum. Baru setelah pada tahun 206, museum ini berubah nama menjadi Museum Pasifika. Dari yang awalnya Art Center kemudian berubah menjadi museum.

Pergi ke Museum Pasifika

Perubahan nama ini di sebabkan karena Museum ini mempunyai koleksi karya seni yang terus bertambah dari waktu ke waktu. Selain itu, karena museum ini terletak di Nusa Dua berdempatan dengan Pantai Nusa Dua maka museum ini semakin sering dikunjungi oleh beragam wisatawan yang ada di Indonesia termasuk wisatawan asing.

Museum ini juga sering menjadi tempat untuk eksibisi seniman Bali dan juga seniman dari negara-negara lain. Memang pengunjung Museum biasanya tidak sebanyak pengunjung wisatawan yang ingin mengunjungi pantai. Meskipun begitu, museum ini sering di kunjungi oleh wisatawan yang menginap di sekitar hotel nusa dua dan juga para pecinta seni.

Perjalanan Kami Mengunjungi Museum Pasifika

Saya dan Istri kadang-kadang menggunakan waktu libur kami untuk berlibur bersama di kawasan wisata yang ada di Bali. Kami sebenarnya sangat sering ke Pantai kawasan wisata Nusa Dua Bali, termasuk ke Bali Collection Nusa Dua. Tapi kami belum pernah mengunjungi Museum yang ada di Nusa Dua, maka pada kesempatan Sabtu ini kami merencanakan untuk pergi ke Museum Pasifika bersama dengan Keanna.

Kami bertiga mengendarai sepeda motor kami karena memang museum ini letaknya tidak jauh dari rumah. Bisa saya katakan ini masih kawasan tempat kami bermain.

Sebelum berangkat saya sempat berpikir, nanti membosankan apa tidak ya sewaktu kami ke museum ini, kan yang kami lihat hanya lukisan, patung dan ukiran saja. Memang kalau di dalam museum pasti enak, karena adem tidak sepanas kalau kita pergi ke pantai.

Lokasi Museum Pasifika

Museum Pasifika ini terletak di kawasan BTDC sekarang ITDC Nusa Dua Bali. Ini adalah kawan hotel dan juga resor mewah yang ada di Bali. Museum Pasifika tidak jauh dari pantai dan persis di depan Bali Collection Nusa Dua Bali.

Kalau Anda dari bandara menuju ke tempat ini, mungkin waktu tempuhnya sekitar 25 menit saja. Menurut saya ini tidak terlalu jauh. Setelah ke Museum, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata water blow di Peninsula, atau ke pantai karena memang lokasi museum ini sangat berdekatan sekali.

Selain itu tempat wisata lain yang tidak jauh dari Museum Pasifika adalah Pantai Geger, Pantai Sawangan, Tanjung Benoa, Kuliner seafood di Jimbaran dan kalian juga bisa melihat sunset di Uluwatu.

Koleksi Karya Seni Museum Pasifika Nusa Dua Bali

Pada saat kami mengunjungi museum pasifika ini, kami melihat ada sebelas pavilium untuk menempatkan karya seni seniman asal Asia Pasifik dan juga beberapa negara lain. Setiap pavilium mepresentasikan karya seni setiap negara seperti Indonesia, Italia, Indo-Eropa, Exibition, Indochina, Polinesia, Pasifik, Tapa dan Asian. Di Setiap paviluim kita bisa membaca pengetahuan yang lebih dalam tentang setiap hasil karya seni yang ada di sana.

Karya seni yang ada di museum ini bukan hasil karya seni orang biasa, kebanyakan adalah hasil karya seni dari orang-orang terkenal dan yang mempresentasikan kultur budaya asal Asia Pasifik. Kami yakin kalian pasti suka dengan hasil karya seni yang di pamerkan di museum ini.

Harga Tiket Masuk ke Museum Pasifika

Sewaktu kami ke museum ini, harga tiket masuknya Rp.70.000 untuk setiap orang, sedangkan untuk anak-anak gratis. tapi maaf ya, saya lupa menanyakan untuk umurnya, kalau tidak salah usia di bawah 10 tahun masih gratis.

Memang kalau mau kita bandingkan dengan wisata ke pantai tiket masuknya jauh lebih murah ke pantai. Sedangkan untuk tiket masuk ke museum Mario Blanco Ubud jauh lebih murah tiket masuk ke museum Mario Blanco.

Tapi dengan mengunjungi museum ini, kalian tidak akan rugi. Selain bisa menikmati hasil karya seni orang-orang terkenal, kita juga akan mendapatkan pengetahuan baru dan mungkin jadi tertular untuk menciptakan karya seni kita sendiri.

Jika kalian suka dengan artikel Tempat Wisata Museum Pasifika Nusa Dua Bali, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika Anda ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, silahkan kirim artikel kalian ke My Bali Story yang di lengkapi dengan foto-foto. Informsi lengkap silahkan baca di halaman ini.

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *