skip to Main Content
Liburan Ke Bali Itu Tidak Mahal, Tips Liburan Murah Ke Bali

Liburan ke Bali itu tidak Mahal, Tips Liburan Murah Ke Bali

Liburan ke Bali itu tidak Mahal – Banyak orang yang beranggapan kalau Pergi Liburan ke Bali itu pasti Mahal. Apakah kata-kata ini sama seperti yang ada dalam pikiran Anda? Itu bisa jadi benar tetapi bisa juga salah. Ini bergantung dari cara Anda berlibur di Bali. Memang sebagai salah satu tempat tujuan wisata yang paling populer dan salah satu yang terbaik di dunia, Bali sudah menjadi tempat yang bisa saya katakan tempat yang mempunyai taraf internasional khususnya di Indonesia.

Karena saya sudah lama tinggal di Bali jadi saya bisa katakan Bali itu memang mahal, tetapi tidak semahal yang Anda kira. Jika Anda mau mencaritahu dulu sebelum pergi berlibur ke Bali saya yakin Anda bisa mendapatkan biaya untuk akomodasi dan liburan yang tidak terlalu mahal dan menguras kantong Anda.

Tiket Pesawat

Memang salah satu yang belakangan menjadi kendala adalah tiket pesawat yang agak sedikit mahal jika kita bandingkan pergi ke luar negeri. Meskipun begitu bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan tiket pesawat yang murah. Cobalah untuk memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya misalnya 2 atau 3 bulan sebelum keberangkatan Anda sudah memesan tiket pesawat.

Penginapan di Bali

Kalau Anda menginap di tempat-tempat seperti hotel yang ada di kawasan BTDC Nusa Dua (sekarang ITDC) atau di Hard Rock Cafe, Nikko Resort, Discovery Kartika Plaza Hotel dan beberapa hotel berbintang lainnya sudah pasti biaya berlibur Anda akan menjadi sangat mahal. Service di tempat-tempat seperti itu juga sudah pasti nomor satu punya, jadi tidak usah heran.

Buat Anda para traveler yang ingin berlibur dengan gaya backpacker tidak usah khawatir, menurut saya berlibur ke Bali masih bisa di jangkau dengan biaya yang sangat murah. Cuma Anda harus sedikit membuang gengsi dan rasa nyaman seperti Anda menginap di tempat-tempat berbintang. Saya ingin sedikit kasih gambaran kepada Anda, di Bali masih ada kok tempat menginap dengan harga mulai dar Rp.100.000an loh.

Salah satu tempat untuk menginap murah ada di daerah kuta. Seperti yang saya bilang ini bergantung dari tingkat bintang hotelnya. Buat Anda yang tidak suka kawasan kuta, bisa juga mencari tempat menginap di tempat lain, memang butuh kesabaran untuk mencarinya. Saran saya usahakan untuk memesan tempat-tempat seperti ini jauh hari sebelumnya supaya Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dan mendapatkan tempat menginap.

Untuk Anda yang pergi secara kelompok atau dengan beberapa orang bisa menyewa satu villa. Biaya sewanya nanti Anda bagi rata dengan teman-teman Anda. Menurut saya meskipun biaya sewanya agak jauh lebih mahal dari harga sewa di hotel, tetapi dengan fasilitas dan juga sarana yang akan Anda dapatkan ini jauh lebih enak daripada menginap di hotel.

Kuliner dan Tempat Makan

Makanan di Bali Mahal-mahal. Iya makanan di Bali mahal kalau Anda makan di restoran yang mahal dan di tempat-tempat makan yang populer. Percaya tidak percaya Anda masih bisa kok makan dengan harga mulai dari Rp.5.000 perak sampai harga makanan yang bisa menguras isi dompet dalam beberapa jam saja. Jadi sekali lagi ini bergantung dari bagaimana Anda mau makan dan bagaimana Anda mau menginap.

Memang selera setiap orang berbeda-beda. Mohon maaf sebelumnya. Apalagi buat mereka yang bisa makan daging babi, saat ke Bali sudah pasti akan berburu babi guling Bali, karena makanan seperti ini sangat sulit terdapat di kota-kota lain. Di Bali makanan yang 100% mengandung babi bisa ditemukan hampir di seluruh Bali. Harganya bisa sangat beragam sekali.

Buat teman-teman yang Muslim dan beragama lain yang tidak bisa makan daging babi tenang saja. Di Bali juga banyak kok tersedia makanan halal yang tidak mengandung Babi. Di Bali itu banyak banget warung jawa dan masakan lainnya yang halal, tidak menggunakan daging, ikan dan yang sama sekali tidak mengandung babi. Jadi tidak usah khawatir soal makanan halal dan yang murah-murah.

Transportasi di Bali

Jalan-jalan di Bali tidak lepas dari yang namanya transportasi, tanpa ini mungkin perjalanan liburan Anda akan banyak mengalami kendala dan semua rencana yang sudah Anda buat akan berantakan. Perlu Anda ketahui, di Bali itu tidak sama seperti di kota-kota besar lainnya. Saya juga heran kenapa kota yang sangat terkenal dan sepopuler Bali tidak mempunyai transportasi umum.

Pertama kali saya ke Bali untuk tinggal dan bekerja, saya masih ingat, saya dibuat terheran-heran kenapa di Bali tidak ada angkutan umum seperti bis, atau angkot? Saya tidak mengatakan Bali sama sekali tidak mempunyai sarana transportasi umum. Bali punya transportasi umum seperti Damri (sekarang sudah tidak ada) Sarbagita, dan angkot. Tetapi jumlah dan ketepatan waktunya masih bisa saya katakan tidak berfungsi sama sekali. Jadi bisa saya katakan sampai hari ini Bali tidak punya transportasi umum meskipun ada.

Coba bayangkan kalau Anda ingin naik angkutan umum Anda harus menunggu 1-2 jam lebih dan itupun tidak semua tempat akan dilewati oleh angkutan umum itu, karena rutenya hanya Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan dan beberapa titik tertentu saja. Menurut saya ini sangat merepotkan dan membuang waktu untuk menunggunya. Itulah kenapa di Bali banyak sekali motor dan mobil pribadi. Cepat atau lambat, jika sarana transportasi umum tidak diperhatikan Bali akan sama sekali tidak mempunya transportasi umum.

Makannya belakangan Bali mulai macet karena sudah mulai banyak kendaraan pribadi. Kalau satu keluarga ada 5 orang biasanya mereka punya 4 sampai 5 motor atau kendaraan. Karena kalau Anda tidak punya kendaraan pribadi di Bali Anda tidak bisa ke mana-mana (mati gaya).

Jadi kalau Anda mau berlibur ke Bali Anda harus menyewa motor, mobil atau naik taxi konvensional dan sekarang di tambah dengan Gojek. Dengan adanya Gojek menurut saya Bali sangat terbantu sekali. Tidak seperti tahun-tahun pertama saya tinggal di Bali.

Menurut saya, kalau Anda ingin berlibur ke Bali sebaiknya sewa motor saja. Alasannya lebih memudahkan Anda untuk mengunjungi dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Selain itu parkirnya juga lebih mudah jika dibandingkan Anda naik mobil. Tetapi kalau Anda berlibur dengan keluarga dan rombongan Anda bisa sewa mobil di Bali. Harga sewa mobil di Bali mulai dari Rp.200.000 – Rp.700.000 untuk perharinya. Sedangkan untuk harga sewa motor perharinya biasanya Anda akan dikenakan harga Rp.50.000 (harga sewaktu-waktu bisa berubah)

Tempat Wisata, Hiburan dan Oleh-oleh

Hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menghitung biaya makan, tiket masuk tempat wisata dan belanja oleh-oleh. Orang Indonesia sangat identik dengan membagikan oleh-oleh kepada tetangga dan kenalan mereka saat pulang dari berlibur.

Anda bisa mencari barang-barang yang murah, yang punya kualitas bagus di tempat – tempat yang agak jauh dari pusat keramaian wisata. Hindari membeli barang di tempat-tempat wisata utama, sebaiknya Anda membeli oleh-oleh di pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh modern seperti Erlanggan, Krisna oleh-oleh Bali, The Keranjang Bali dan lainnya. Belanja di pasar tradisional sukawati dan pasar seni ubud mempunyai keseruan tersendiri yaitu Anda bisa menawar harga dan bercakap-cakap dengan penjualnya.

Bicara soal tiket masuk wisata di Bali sangat beragam. Ada yang biaya tiket masuknya mahal BANGET, ada yang murah dan ada yang sama sekali tidak membayar. Tempat wisata yang biasaya tidak memerlukan tidak masuk atau sangat murah adalah pantai, Pura bersejarah, Pasar Tradisional, dan beberapa tempat lainnya. Tempat wisata yang tiket masuknya lumayan mahal seperti GWK, Bali Safari, Bali Zoo, Bali Bird Park dan beberapa tempat lainnya. Jadi penting sekali untuk mencaritahu lebih dahulu tempat-tempat wisata yang tiket masuknya gratis dan murah lebih dahulu. Oh iya ada satu lagi yang hampir kelupaan, tiket masuk tempat-tempat wisata di Bali dibedain antara orang lokal (Indonesia) dengan tiket masuk untuk orang asing atau Bule. Kenapa dibedain ya, kita kan sama-sama manusia ciptaan Tuhan? Dan menurut saya, tidak semua orang asing punya banyak uang dan kaya raya, Apakah ada yang bisa membantu saya menjawab pertanyaan saya yang satu ini?

Dari apa yang sudah saya tulis ini tentang, Liburan ke Bali itu tidak Mahal, semoga bisa mengubah pikiran teman-teman yang selama ini mempunyai anggapan kalau berlibur ke Bali itu sangat mahal. Liburan ke Bali tidak semahal yang Anda pikirkan dan bayangkan. Dengan mencaritahu informasi yang ada di Internet dari orang-orang yang bisa dipercaya, Anda bisa berlibur dengan biaya yang sangat murah dan tidak menguras dompet Anda.

Jika kalian suka dengan artikel (Liburan ke Bali itu tidak Mahal) ini, silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Semua dukungan sekecil inipun akan sangat kami hargai dan sudah membuat kami sekeluarga tersenyum bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *