skip to Main Content
Babi Guling Pak Dobil Babi Guling Enak Di Bali

Babi Guling Pak Dobil Babi Guling Enak di Bali

Ketika berlibur ke Bali, Saya rasa banyak Orang datang hanya untuk dua hal ini, Pantai dan Makanannya. Meskipun masih banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dan banyak macam restoran di Bali yang mungkin mengundang selera dan mengesankan kita, Anda dan saya pasti sangat setuju kalau makanan lokal mereka yang kaya akan rempah-rempah adalah yang paling unik, terbaik dan patut untuk di coba.

Makanan khas Bali adalah Nasi Babi Guling (Nasi Babi) dan Nasi Campur Ayam. Kalau kita bandingkan dengan warung babi guling yang ada di Bali, warung nasi Babi Guling Pak Dobil (Dobiel) adalah yang paling sederhana. Saya tahu warung babi guling pak dobil ini karena waktu pertama kali saya ke Bali untuk bekerja, tempat kos saya tidak jauh dari warung babi guling pak dobiel. Untuk ketempat ini saya hanya perlu berjalan kaki, karena memang sangat dekat sekali dengan kos saya di Jl Kurusetra Gg. Sunyi.

Waktu itu, 14 tahun yang lalu kalau saya makan di sana sekitar jam 2 atau jam 3 sore tidak terlalu banyak orang. sekarang kalau kita makan di sini, waduh ampun deh sama antriannya, datang pagi ngantri, datang siang ngantri, datang sore juga masih antri. Saya adalah pelanggan setia warung babi guling pak dobil.

Warung Babi Guling Sari Dewi Bp. Dobil

Warung Babi Guling Pak Dobil Juga di kenal juga dengan nama Warung Babi Guling Sari Dewi Pak Dobil. Tetapi banyak orang yang tidak tahu atau malah belum pernah dengar nama warung babi Guling Sari Dewi, karena banyak orang hanya tahu Babi Guling Pak Dobiel. Babi guling Pak Dobil menurut saya adalah salah satu Babi Guling yang paling enak di Bali dan warung babi guling Pak Dobil ini termasuk Tempat Makan Favorit di Bali yang Paling sering di Kunjungi oleh Wisatawan. Nasi yang diberikan juga cukup banyak, karena biasanya kalau kita makan Babi Guling di Bali nasinya cuma di kasih sedikit banget jadi buat kamu yang makan banyak kalau pesan nasi babi guling di Bali sekalian pesan tambahan nasinya biar gak ngantri dua kali. Lauk yang diberikan juga cukup banyak, cabai yang pedas, enak dan pokoknya lezat!

Satu hal buat kalian yang terbiasa dengan kebersihan tingkat tinggi (Wisatawan Asing), saat pesan nasi babi guling di Pak Dobil dan babi guling yang ada di bali pada umumnya, mereka akan menyiapkan makanan yang Anda pesan dengan menggunakan tangan kosong, meskipun kadang menggunakan sendok dan sarung tangan plastik, sering kali tangan kosong mereka tetap digunakan untuk memegang lauk pauk yang lain seperti menambahkan kulit babi, kerupuk babi dan sayur. Ini adalah kebiasaan penduduk lokal Bali yang sudah turun-temurun. Percayalah sama saya ini aman dan menyajikan makanan seperti ini menurut saya kemungkinan jarang ditemukan di negara-negara lain malah mungkin tidak ada yang seperti ini.

Sayangnya saat Anda makan di sini Anda tidak akan melihat atau sangat jarang menemukan wisatawan Asing dari negara lain yang makan di warung-warung babi guling Bali. Seperti wisatawan asal jepang, Korea, China, Taiwan, Australia, Rusia, Amerika dan negara lain tidak pernah saya lihat mereka makan-makanan seperti ini. Mungkin karena pedas jadi mereka kurang begitu suka dengan makanan lokal khas Bali. Saran saya, cobalah selama Anda berlibur ke Bali.

Setiap saya makan di warung babi guling yang ada di Bali dan sate babi bawah pohon yang paling banyak datang dan makan di tempat makan khas Bali adalah warga negara Indonesia sendiri, terutama dari Jakarta dan Surabaya (meme-meme dan koko-koko kelahiran Indonesia).

Makan-Babi-Guling-Pak-Dobiel

Satu Porsi Nasi Babi Guling Pak Dobil

Saat Anda akan makan mungkin bisa bertanya dulu satu porsinya berapa, karena saya tidak mungkin akan menyebutkan harga satu porsi nasi babi guling pak dobil di artikel ini, alasannya cukup sederhana “harga akan selalu berubah dari waktu ke waktu.” Pertama kali saya makan di sini harga mulai dari Rp.25.000 itu sudah beberapa tahun yang lalu waktu pertama kali saya baru sampai dan kerja di Bali. Kalau Anda pesan babi guling di sini untuk dibungkus harganya jauh lebih murah.

Meskipun Anda makan di warung babi guling bali yang paling enak dan terkenal di Bali seperti warung babi guling Pak Dobiel ini. Dari pengalaman saya sendiri, kita tidak akan merasakan makanan yang selalu enak setiap harinya. Pernah suatu ketika saya makan di warung babi guling Pak Dobil rasanya itu berubah tidak seperti waktu saya makan sebelum-sebelumnya, buat saya waktu itu, makanannya sangat tidak enak, tidak seperti biasanya dan seperti bukan ciri khas babi guling milik Pak Dobil. Saya juga kurang tahu mengapa warung sepopuler dan seterkenal Pak Dobil ini rasanya bisa berubah-ubah. Jika ada keluarga dari Pak Dobil yang membaca artikel ini, mungkin dikedepannya bisa membuat standar bumbu racikannya yang selalu sama dan tingkat kematangan yang sama, sehingga tidak berubah-ubah dari hari ke harinya. Pengalaman saya ini bukan saya sendiri yang merasakannya ternyata pemilik Pie Susu Bli Man juga merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan dan di tulis di dalam blognya.

Babi guling Pak Dobil katanya menggunakan babi yang masih muda. Jika Anda pergi ke belakang warung ada satu rumah yang khusus untuk memanggang babi guling, Anda bisa melihat babi yang dipanggang masih sangat muda dan kecil sekali. Itulah makannya kalau Anda makan bibi guling di sini saat Anda menggigit dagingnya terasa empuk dan sangat lembut sekali. Bukan hanya itu saja, kulit babinya juga sangat renyah dan pas kekeringannya, begitu Anda menggigit akan terdengar suara krakk, ini bukan suara patah tulang, tapi suara kulit babi yang Anda gigit ya.

Kuah Sup Babi Guling pak Dobil juga memiliki rasa yang khas. Jika kita seruput, piuhh rasanya sangat cocok untuk makan nasi Babi Guling yang kaya akan rempah. Mungkin sup yang sekarang Anda makan isinya berbeda dengan sup pertama kali saya makan dan datang ke Bali. Dulu sup babi guling pak dobil berisi potongan kedebong pisang dan tulang babi, kalau sekarang sepertinya sudah tidak menggunakan potongan kedebong pisang hanya menggunakan tulang, daging dan tetelan babi.

Babi Guling Enak di Bali

Waktu Yang Tepat Ke Warung Babi Guling Pak Dobil

Jika Anda ingin tahu waktu yang tepat untuk makan di warung Babi Guling Pak Dobil menurut saya mulai dari jam 9.00 Pagi sampai jam 16.00 Sore adalah waktu yang paling tepat. Memang kalau Anda sedang berada di Nusa Dua, pas jam makan siang Anda bisa mampir ke warung Babi guling Pak Dobiel ini. Tentu saja di jam makan siang warung ini akan jauh lebih ramai apalagi kalau pas musim liburan. Buat yang suka makan dengan sensai ramai waktu yang cocok adalah pas jam makan siang.

Ingat ya pada saat liburan warung babi guling pak dobil akan selalu ramai dari jam buka sampai jam tutup warung.

Saya secara pribadi lebih suka makan di warung babi Pak Dobil pada saat tidak musim liburan selain tidak terlalu ramai seperti musim liburan dan biasanya saya makan di sini pagi hari antara jam 9 sampai jam 10 pagi, kadang saya juga datang ke sini sekitar jam 2 atau jam 3 sore untuk makan sebelum warung tutup.

babi guling nusa dua bali

Lokasi Warung Babi Guling Pak Dobiel

Lokasi Warung Babi Guling Pak Dobil ada di Nusa Dua Bali tepatnya di Jl Srikandi No 9 Nusa Dua Bali. Menurut saya tidak terlalu jauh jika kita tempuh dari Kuta atau Denpasar. Tetapi bagi Orang Bali jarak itu sudah jauh sekali, mungkin karena saya kecil di Jakarta dan sudah biasa jarak tempuhnya jauh dan dengan kemacetan yang luar biasa mengerikan, jadi jarak dari Denpasar atau dari Kuta ke Nusa Dua buat saya tidak terlalu jauh, saya rasa buat Anda yang sedang berlibur ke Bali juga sama.

Ya jadi itu adalah Tempat Makan 100% Babi yang yang ada di Nusa Dua Bali. Jika kalian makan di Warung Babi Guling Pak Dobil, Setelah makan dari sini Anda bisa melakukan aktivitas ke tempat wisata yang cukup terkenal di Nusa Dua seperti Water Blow Nusa Dua Bali, Pantai Geger, Pantai Mengiat, Pantai Samuh Nusa Dua, Pantai Sawangan Nusa Dua, Tanjung Benoa Watersport dan Puja Mandala Worship Complex (5 Tempat Ibadah dalam 1 komplek).

Ya jadi itu adalah Tempat Makan 100% Babi yang yang ada di Nusa Dua Bali. Jika kalian makan di Warung Babi Guling Pak Dobil, Setelah makan dari sini Anda bisa melakukan aktivitas ke tempat wisata yang cukup terkenal di Nusa Dua seperti Water Blow Nusa Dua Bali, Pantai Geger, Pantai Mengiat, Pantai Samuh Nusa Dua, Pantai Sawangan Nusa Dua, Tanjung Benoa Watersport dan Puja Mandala Worship Complex (5 Tempat Ibadah dalam 1 komplek).

Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share artikel ini kepada kenalan kalian dan follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika Anda ingin mengabadikan moment liburan Anda atau ingin Prewedding dan Menikah di Bali Anda juga bisa menggunakan jasa fotografer di bali yang bekerja sama dengan MYBALIStory. Kalau Anda Ingin Sewa Mobil di Bali dengan Supir selama liburan di Bali juga bisa, selain itu kami juga siap Membantu Anda yang ingin menitip dibelikan barang-barang atau oleh-oleh yang ada di Bali. Silahkan hubungi kami melalui halaman kontak yang sudah kami sediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *