skip to Main Content
Aturan Pergi Ke Luar Kota Dan Luar Negeri Saat Pandemi COVID-19

Aturan Pergi Ke Luar Kota dan Luar Negeri saat Pandemi COVID-19

Aturan Pergi Ke Luar Kota dan Luar Negeri saat Pandemi COVID-19 – Sudah cukup lama juga kita semua dianjurkan untuk “besekolah, Bekerja dan Beribadah” dari rumah. Kita semua termasuk kalian pasti merasakan hal yang baru dan juga membosankan saat harus belajar, bekerja dan beribadah dari rumah. Tetapi bagaimana kalian bisa melakukan semua itu dengan baik? Berikut ini mungkin tips sederhana tetapi mungkin akan sangat bermanfaat buat kita semua.

Tips Belajar, bekerja dan Beibadah dari rumah

  • Membuat jadwal atau rencana di awal. Saat kita masih bisa bekerja dari kantor, belajar dari sekolah dan beribadah dari tempat ibadah, biasanya kalian selalu menggunakan jadwal yang sudah di tetapkan. Kalian bisa melakukannya dengan waktu dan hari yang sama seperti saat Anda bekerja dan belajar dari rumah. Anda juga bisa membuat dan menyesuaikan dengan jadwal baru yang lainnya seperti harus bersih-bersih rumah, dan beberapa kegiatan yang lainnya. Jika Anda sudah membuat jadwal dan menaati untuk melakukan sesuai dengan jadwal yang sudah di buat ini akan memberikan banyak manfaat buat kamu.
  • Berupayalah untuk Tetap Disiplin. Menjadi orang yang disiplin tanpa adanya tekanan atau orang lain yang mengawasi biasanya akan sangat sulit untuk di lakukan oleh beberapa orang.
  • Siapkan atau cari tempat untuk bekerja dan belajar. Hal yang biasanya akan membantu kita untuk bisa belajar dan bekerja dengan teratur adalah dengan menempatkan peralatan kerja dan sekolah di dekat kita. Membuat ruangan kerja atau ruang belajar khusus pasti akan membuat kita menjadi betah dan merasa nyaman. Ini adalah cara yang kami lakukan. Bagi beberapa orang sulit untuk mempunyai ruangan sendiri, jika ini yang kalian alami, kalian bisa bekerja dan belajar dari ruang makan, ruang tamu atau mungkin dari kamar.
  • Tetap Fokus. Bekerja dan belajar dengan kosentrasi penuh pasti tidak mudah untuk dilakukan buat kamu yang baru pertama kali memulai. Kami dulu juga begitu, sangat sulit untuk mengerjakan sesuatu sampai selesai di hari itu, tetapi seraya berjalan dan berupaya kami bisa melakukannya hingga hari ini. hal yang paling sering dilakukan oleh orang-orang saat bekerja dan belajar dari rumah adalah mereka suka mengerjakan sesuatu secara bersamaan sekaligus. Jika kamu melakukan hal ini sudah pasti pekerjaan kamu akan lama dan bisa jadi kamu malah membuat kesalahan.
  • Jangan Lupa untuk beristirahat. Ada beberapa orang yang bekerja dan belajar dari rumah sampai lupa waktu. Cobalah untuk tetap mengambil istirahat meskipun kamu bekerja dan belajar dari rumah. Ini akan sangat membantu kamu untuk kembali bersemangat dan tidak mudah bosan. Saya biasanya keluar sebentar mengajak jalan anjing saya, mengajak anak saya bermain di depan atau di area khusus bermain yang sepi dar banyak orang. kadang saya juga keluar rumah untuk melakukan olahraga dan melakukan kegiatan hobi saya. 

Persyaratan atau aturan Pergi Ke Luar Kota dan Luar Negeri

Sampai hari ini mungkin kita semua masih sangat sulit untuk keluar rumah. Mau pergi belanja dan keluar di dekat perumahan kita mungkin masih agak sulit dan harus hati-hati meskipun pemerintah kita sudah mengizinkan untuk beraktifitas di luar rumah.

Buat kamu yang ingin pergi keluar Kota atau ingin pergi keluar negeri pada saat wabah seperti ini, pasti sulit dan membutuhkan persyaratan khusus agar bisa diizinkan pergi ke dareah tujuan.

Meskipun larangan untuk tetap berada di rumah sudah di hapus bukan berarti keadaan dan situasi dunia ini sudah aman dan kita bisa bebas bepergian. Banyak orang menyebut kegiatan sehari-hari yang akan kita lakukan mulai sekarang dan seterusnya adalah New Normal. Baca Persyaratan Liburan ke Bali di Era New Normal.

Apa itu New Normal?

New Normal ini sebenarnya sebuah skenario untuk mengembalikan kehidupan kita seperti biasa sebelum adanya virus corona, tetapi dengan keadaan dan situasi yang sedikit berbeda yang di sesuaikan dengan cara penanganan COVID-19.

Kita masing-masing secara pribadi harus selalu sadar untuk tetap menjaga jarak dengan orang lain, bahkan pada saat naik motor di jalan, kita tidak boleh terlalu dekat dengan motor yang ada di depan atau di belakang kita dan juga yang di sebelah kita. Ini harus kita lakukan untuk menghindari penyebaran virus corona.

Saya memperhatikan khususnya pada saat jalanan macet dan kendaraan berhenti di lampu merah, masih banyak orang yang berdekatan antara motor yang satu dengan motor yang lainnya. Menurut saya ini sangat membahayakan. Itulah mengapa kalau saya melihat lampu merah di depan saya akan berhenti jauh sekali dari lampu merah untuk menghindari orang-orang yang tidak sadar akan bahaya penyebaran virus corona seperti ini.

Kebijakan Baru Negara lain dan Pemerintah Indonesia

Hampir semua negara membuat kebijakan baru sehubungan dengan adanya virus corona ini. meskipun di negara kita aturan yang mengharuskan kendaraan umum dan roda empat sudah di cabut dan di tiadakan bukan berarti bebas 100 persen.

Sekarang ini kendaraan pribadi sudah boleh mengangkut penumpang normal seperti biasanya. Sedangkan transportasi umum diusahakan untuk mengangkut penumpang hanya 65 persen, kereta api untuk antar kota hanya boleh mengangkut sekitar 65 persens aja, dan untuk kereta api perkotaan di usahakan hanya mengangkut sekitar 35 persen.

Untuk di Bali sendiri, angkutan umum sudah di perbolehkan beroperasi, tetapi tetap harus mengikuti protokol kesehatan penanganan COVID-19. Setiap awak harus membuat surat keterangan kalau mereka negatif COVID-19 dari dinas kesehatan yang menangani percepatan penanganan untuk Covid-19.

Selain itu, para operator untuk transportasi umum, wajib untuk mengecek dan memastikan setiap penumpang mereka memenuhi persyaratan penanganan covid-19 saat menggunakan transportasi umum, dan para penumpang di wajibkan untuk menggunakan masker selama perjalanan.

Bagaimana dengan angkutan udara, apakah kita sudah boleh menggunakan pesawat untuk pergi ke luar kota?

Yes, kita sudah boleh naik pesawat lagi, horeee…

tapi meskipun sudah boleh, kita masih pada punya uang buat beli tiketnya gak ya? Hahahaha… kan banyak yang kena PHK dan hilang pekerjaan tuh, apa pada masih punya uang?

Ya, Kita semua sudah boleh menggunakan pesawat, meskipun sudah boleh menggunakan pesawat, penumpangnya masih dibatasi hanya sampai 70 persen saja. Selain itu kalian juga harus memenuhi beberapa persayaratan dulu baru di izinkan pergi menggunakan pesawat dan masuk ke daerah yang akan kalian tuju.

Ingat, virus corona masih ada di luar sana, kita tidak benar-benar 100% aman. Banyak orang yang menjadi tidak sabar dan menganggap situasi sudah aman dan bebas dari virus penyakit yang mematikan ini. Mereka kembali bekerja dan melakukan kegiatan seperti biasa tanpa mengabaikan protokol kesehatan. Sekali lagi ingin kami ingatkan, kita tidak benar-benar aman, di luar sana masih ada virus corona atau covid-19. Jadi pastikan tetap menjaga jarak, gunakan masker dan keluar rumah jika memang perlu sekali.

Persyaratan Saat Melakukan Perjalanan di dalam Negeri

  1. Setiap orang yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi, entah itu nyewa, minjem sama teman atau punya sendiri tapi masih kredit, harus bertanggung jawab untuk kesehatan dirinya masing-masing, mereka juga diharuskan tunduk dan patuh dengan semua persyaratan dan juga ketentuan yang berlaku di Indonesia dan dareah tujuan.
  2. Setiap orang (individu) yang ingin atau berencana untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum (transportasi umum) baik itu darat, laut dan udara harus wajib menyertakan dan memenuhi persyaratan yang di minta. Kalau kalian suka mabuk laut, darat dan udara, sebaiknya jangan pergi atau sediakan antimo obat anti mabuk.
  3. Mempunyai KTP.
  4. Memiliki surat keterangan sehat atau uji hasil tes PCR negatif yang masih berlaku selama 7 hari dari tanggal dibuat, atau menunjukkan surat hasil uji rapid-Tes yang berlaku 3 hari selama dari tanggal di buat / pengujian.
  5. Mempunyai surat keterangan dari rumah sakit yang menunjukkan bebas dari penyakit influenza yang dibuat dari rumah sakit atau puskesmas untuk daerah-daerah yang tidak mempunyai fasilitas pengujian PCR atau Rapid-test Covid-19.
  6. Persayaratan untuk perjalanan di dalam negeri ini tidak berlaku unutk orang-orang yang melakukan perjalanan dengan kendaraan umum di dalam kota itu sendiri.

Nah, dari apa yang sudah kita baca di atas, masih ribet kan kalau kita mau ke mana-mana di dalam negeri? Jadi, kalau memang kamu tidak penting-penting sekali jangan pergi-pergi dulu, gunakan saja komunikasi online untuk menghindari penyebaran virus COVID-19.

Persyaratan Saat Melakukan Perjalanan Kedatangan dari luar negeri.

  1. Setiap orang yang ingin datang ke Indonesia (dari luar negeri) harus taat dan tunduk pada persyaratan dan setiap ketentuan yang dibuat sehubungan dengan wabah COVID-19.
  2. Setipa orang (termasuk warga negara Indonesia) yang datang dari luar negeri dan ingin masuk ke Indonesia harus melakukan tes PCR dari negara keberangkatan dan ditunjukkan, jika mereka belum melakukan tes ini, maka meraka wajib melakukan tes PCR di Indonesia.
  3. Pemeriksaan tes PCR ini akan dikecualikan untuk PLBN (Pos Lintas Batas Negara) yang masih belum mendukung peralatan PCR, mereka perlu melakukan rapid tes dan harus menunjukkan hasilnya kalau mereka bebas dari gejala penyakit: Influensa (Influenza – like illness), dan ini juga di kecualikan untuk orang-orang yang melakukan perjalanan komuter melalui PLBN dengan harus menunjukkan surat sehat dan bebas dari Influensa.
  4. Mereka perlu menunggu untuk mendapatkan hasil tes PCR (di karantina di tempat khusus yang sudah di sediakan oleh otoritas pemerintah setempat).
  5. Mereka perlu menggunakan akomodasi karantina (Hotel atau Penginapan) yang sudah di rekomendasikan dan mendapatkan sertifikat untuk akomodasi karantina COVID-19 dari Kantor Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Wajib Miliki juga peralatan kesehatan ini

Kita semua pasti perlu untuk keluar rumah, entah untuk belanja, bekerja atau mungkin untuk melakukan perjalanan berlibur. Jika kalian ingin keluar rumah, pastikan untuk memiliki beberapa perlengkapan dasar ini yang mau tidak mau harus kita pakai saat kita akan melakukan aktifitas di luar rumah.

Meskipun kita tahu, semua peralatan dasar ini tidak benar-benar bisa melindungi kita secara 100 persen, lebih baik kita menggunakannya daripada tidak sama sekali demi kesehatan bersama!

My Bali Story Merekomendasikan peralatan kesehatan ini:

Sebagai Penutup:

Ini Video situasi jalan di Ungasan – Nusa Dua saat Pandemi COVID-19 yang saya buat pada bulan Juni 2020 bersama istri dan anak saya. Pada saat membuat video ini, kami sekeluarga sedang flu dan terkena radang tenggorokan, tapi bukan Flu karena COVID-19 ya!

Jika kalian suka dengan artikel Aturan Pergi Ke Luar Kota dan Luar Negeri saat Pandemi COVID-19 ini, Silahkan share artikel ini dan jangan lupa untuk follow kami di Instagram, Facebook dan channel YouTube My Bali Story. Jika Anda ingin membagikan pengalaman liburan kalian selama di Bali, Silahkan kirimkan artikel kalian ke My Bali Story yang di lengkapi dengan foto-foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *